10 Olahraga Mengecilkan Perut yang Paling Efektif

0
9205
Sumber: pixabay.com

Pada sebagian orang, memiliki perut buncit dapat menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu produktivitas mereka. Khususnya bagi kaum hawa yang kerap mengidamkan tubuh langsing ideal untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka. Perut buncit tidak hanya mengganggu tampilan fisik, tetapi juga dapat berbahaya bagi kesehatan dan berisiko terkena penyakit kronis. Oleh karena itu, salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah mulai olahraga untuk mengecilkan perut buncit secara permanen.

10 Olahraga Mengecilkan Perut yang Paling Efektif

Tak hanya sekedar mengatur pola makan, menerapkan olahraga juga sangat penting dalam membantu proses pembakaran lemak dan menegaskan otot tubuh. Salah satunya adalah olahraga yang berfokus untuk mengurangi kalori dan lingkar pinggang pada perut. Penasaran seperti apa? Ini dia 10 olahraga mengecilkan perut yang paling efektif dan dapat Anda lakukan di rumah.

Ruparupa Banner

Plank

Sumber: unsplash.com/@oliviabauso

Plank merupakan olahraga yang paling sering digunakan untuk melatih otot perut. Gerakan yang terlihat simpel ini, rupanya cukup memakan tenaga dan dapat membantu membentuk postur tubuh yang ramping. Caranya pun cukup mudah, Anda dapat memulai memposisikan tubuh seperti gerakan push up, kemudian secara perlahan tekuk tangan Anda secara menyiku di lantai. Untuk posisi yang lebih stabil, Anda dapat melebarkan kaki seluas area bahu.

Cobalah melakukan latihan pemanasan ringan ini dengan durasi 30 detik pada set pertama. Kemudian secara perlahan, Anda dapat meningkatkan lama durasi dua kali lipat dari durasi sebelumnya. Agar Anda dapat berolahraga dengan nyaman, pastikan Anda memilih matras yoga atau permukaan yang empuk lainnya.

Side Plank

Sumber: flickr.com

Berbeda dengan teknik plank biasanya, olahraga side plank berfokuskan pada variasi gerakan yang ampuh untuk mengusir perut yang buncit. Teknik ini dilakukan dengan menyamping, bertumpu pada otot inti perut dan juga punggung untuk menopang berat badan hanya pada dua titik saja, yaitu kaki dan siku. Dengan teknik ini, otot tumpuan akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan postur tubuh yang stabil.

Dalam prakteknya, Anda dapat mencoba mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Berbaringlah di lantai secara menyamping pada salah satu sisi tubuh Anda.
  • Angkat separuh tubuh dengan memposisikan siku tangan kiri tepat berada di bawah bahu untuk membantu menopang tubuh.
  • Sedangkan tangan kanan diangkat ke arah atas kepala untuk memperoleh keseimbangan.
  • Dari posisi tersebut, perlahan Anda bisa mengangkat pinggul dan kaki Anda melurus ke arah samping.
  • Tahan posisi ini selama 60 detik. Kemudian, Anda bisa lakukan gerakan serupa pada sisi sebaliknya. Ulangi selama beberapa kali dan lakukan peningkatan secara bertahap.

Anda dapat berinvestasi dengan yoga mat berkualitas tebal dan tidak licin agar tumpuan tangan tidak licin ataupun terluka saat bertumpu pada permukaan lantai.

Sit-up

Sumber: publicdomainpictures.net

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu inii. Sit-up merupakan salah satu latihan dasar yang baik untuk memperkuat dan mengencangkan bagian otot perut. Untuk membantu mengurangi lemak perut, gerakan ini akan memusatkan titik kontraksi pada otot perut.

Sit-up sendiri dapat dengan mudah dilakukan dimana saja meski berada pada ruangan yang kecil. Namun, bila Anda masih pemula, tak jarang Anda akan merasa kesulitan dalam menjaga stabilitas tubuh. Oleh karena itu, Anda dapat meminta seseorang untuk menahan tumpuan kaki, ataupun mencoba menggunakan alat tambahan seperti sit-up bar.

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu berbaring dengan posisi terlentang dengan lutut ditekuk. Lalu, secara perlahan angkat badan Anda hingga mendekati tumpuan lutut sembari mengatur pernapasan pada setiap gerakan. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali (1 set) dan ulangi selama beberapa kali.

High knees

Sumber: squareboxfitness.com

Gerakan high knees sepintas hampir serupa dengan lari di tempat. Namun, gerakan ini memiliki tantangan yang cukup sulit karena Anda harus mengangkat gerakan kaki setinggi mungkin hingga menekuk dengan secepat mungkin.

Cross crunch

Sumber: piqsels.com

Tak hanya membantu membakar lemak perut, gerakan cross crunch juga sangat efektif dalam memperkuat otot kaki dan tangan. Bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini:

  • Berbaringlah  secara terlentang di atas lantai.
  • Angkat kedua tangan untuk menopang bagian belakang kepala Anda.
  • Langkah selanjutnya, tekuk kaki hingga membentuk sudut 90 derajat.
  • Lalu, Anda dapat mulai menggerakkan badan hingga menyentuh sudut tekukan kaki. Pastikan Anda tidak menekuk leher dan kepala supaya otot perut dan punggung dapat secara maksimal mendorong tubuh.

Bicycle crunch

Gerakan ini mirip dengan aktivitas mengayuh sepeda. Bedanya, gerakan bicycle crunch akan dilakukan dengan posisi berbaring terlentang dan posisi kaki layaknya mengayuh sepeda di udara. Olahraga mengecilkan perut yang satu ini juga efektif membantu memperkuat otot kaki.

Untuk caranya, pertama Anda perlu berbaring terlentang dengan meletakkan kedua tangan pada sisi paha. Kemudian, naikkan posisikan kepala setinggi 45 derajat dari jarak lantai. Setelah itu, angkat kaki ke atas hingga membentuk sudut sekitar 45 derajat dan mulai menggerakkan kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak  10 kali dengan pengulangan 3-4 set untuk hasil yang lebih maksimal.

Corkscrew

olahraga mengecilkan perut corkscrew
Sumber: verywellfit.com

Gerakan corkscrew merupakan salah satu teknik untuk mengencangkan otot perut yang kendur. Maka dari itu, corkscrew sendiri menjadi salah satu gerakan pemanasan wajib pasca melahirkan. Untuk prakteknya, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  • Posisikan tubuh secara terlentang dengan menekuk lutut.
  • Letakkan kedua tangan pada samping badan.
  • Secara perlahan angkat badan dan pinggul Anda sambil memutarnya ke sisi kiri. Tahan selama 5 detiik, kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali pada kedua sisi.

Downward facing dog

olahraga mengecilkan perut downward facing dog
Sumber: pixahive.com

Gerakan yang satu ini sudah menjadi salah satu gerakan wajib pada sesi olahraga yoga. Efektivitasnya dalam membantu merampingkan perut buncit sudah tidak perlu diragukan lagi. Caranya adalah dengan memposisikan tangan mirip saat push up. Lalu, perlahan dorong tubuh Anda ke belakang hingga tumit nyaris menapak lantai. Pertahankan posisi ini selama 10 detik dan ulangi selama satu menit.

Vertical leg crunch

olahraga mengecilkan perut vertical leg crunch
Sumber: hippopx.com

Hampir mirip dengan crunch biasanya. Namun, gerakan ini membantu mendorong otot perut dengan meluruskan kaki di udara dan memposisikan tangan seperti ingin menyentuh kaki. Tingkatkan intensitas gerakan ini secara berkala dengan mendorong posisi tangan lebih keras hingga akhirnya bisa menyentuh ujung kaki.

Mountain climber exercise

olahraga mengecilkan perut mountain climber
Sumber: pixabay.com

Sesuai dengan namanya, posisi ini mirip dengan gerakan mendaki gunung. Pertama, posisikan tubuh Anda dengan postur full plank. Kemudian, tekuk kaki ke arah dada dan putar ke arah dalam. Lakukan gerakan ini secara perlahan sembari mengencangkan otot perut. Selain itu, pastikan posisi punggung dan pinggul Anda tetap sejajar seperti postur plank biasanya.

***

Itu dia 10 gerakan olahraga yang paling efektif untuk membantu mengecilkan perut buncit.  Gerakannya cukup sederhana, bukan? Anda dapat melakukan gerakan ini dengan mudah  di rumah setiap hari.

Untuk mendukung efektivitas olahraga Anda, berikut kami lampirkan sejumlah rekomendasi alat olahraga yang wajib Anda miliki di rumah.

Berwyn Matras Yoga – Matras yoga berkualitas tinggi dengan lapisan double layer agar tumpuan tidak terasa sakit. Terbuat dengan material Polyurethane yang anti slip agar menghindari risiko tergelincir ketika berolahraga.
Alat fitness wonder core 2 yang terbuat dengan material yang kokoh untuk membantu membentuk perut Six Pack seperti yang Anda inginkan. Dengan ini fungsi All-in-One, Anda dapat menghemat waktu dan biaya dengan melakukan olahraga di rumah. Selain membentuk bagian perut, alat ini juga dapat membentuk bagian tubuh lain seperti paha, lengan, dan kaki agar terlihat lebih indah dan ideal.

Anda dapat menemukan produk olahraga berkualitas baik hanya di Ruparupa.com. Selain menjual alat kesehatan, Ruparupa.com juga menyediakan beragam kebutuhan rumah tangga, mulai dari sofa hingga keperluan dapur. Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com.

Baca juga 11 Makanan Diet yang Efektif Turunkan Berat Badan