Norwegian Forest Cat, Pernah Hampir Punah loh!

1
584
norwegian forest cat

Norwegian Forest Cat yang lembut dan ramah atau lebih singkatnya Wegie, menyukai anggota keluarga tetapi tidak menuntut perhatian dan belaian terus-menerus. Dia memiliki bulu yang panjang dan indah, telinga berumbai dan ekor yang berbulu. Ini adalah kucing yang lembut dan ramah yang suka berada di sekitar orang. 

Bagi kalian yang ingin memelihara kucing, kalian bisa pertimbangkan ras kucing ini sebagai peliharaan kalian. Sebelum itu, yuk simak fakta-fakta menarik tentang Norwegian Forest Cat di bawah ini!

Norwegian Forest Cat Sudah Ada Sejak Ribuan Tahun Lalu

Kucing Hutan Norwegia, yang disebut skogkatt (kucing hutan) di Norwegia, adalah jenis alami dan meskipun penampilannya liar, tetapi kucing itu bukanlah keturunan atau hibrida dari spesies kucing liar mana pun.

Terdapat spekulasi bahwa Kucing Hutan Norwegia telah ada sejak lama, sejak beberapa penyebutan tentang kucing besar dan berbulu panjang ada dalam mitologi Norse. Sebagian besar mitos Norse diturunkan oleh tradisi lisan dan akhirnya dicatat dalam puisi Edda, yang ditulis sekitar tahun 800 M. dan 1200 c.e.

Mitos-mitos ini menunjukkan bahwa kucing rumahan telah ada di Norwegia selama ratusan, mungkin ribuan, tahun. Apakah kucing yang ada dalam mitos adalah Kucing Hutan masih menjadi perdebatkan.

Norwegian Forest Cat hampir punah pada Perang Dunia II

Pada tahun 1938, sebuah pertunjukkan di Oslo memamerkan kucing-kucing itu, tetapi Perang Dunia II muncul dan rencana-rencana untuk mengembangkan mereka batal. Untungnya, mereka selamat dari perang, namun hampir punah. Namun, mereka masih harus melewati beberapa dekade yang sulit.

Pada tahun 1977, mereka akhirnya terdaftar sebagai ras di Europe’s Federation Internationale Feline. Dua tahun kemudian, sepasang norwegian forest cat diekspor ke Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Lalu kucing ini menjadi populer di Eropa dan AS.

Norwegian Forest Cat termasuk kucing yang besar

Ini adalah kucing besar. Untuk jenis kelamin laki-laki, kucing ini bisa memiliki berat 13 hingga 22 pon atau lebih, sedangkan betina lebih kecil. Wegies matang perlahan dan membutuhkan waktu 5 tahun untuk mencapai perkembangan fisik dan emosional secara penuh.

Bulu Tebal Norwegian Forest Cat untuk menahan cuaca ekstrim

norwegian forest cat in snow
sumber: pxhere.com

Ketika kucing tiba di negara-negara Eropa bagian utara, kucing yang diangkut oleh orang Romawi merupakan varietas kucing yang berambut pendek. Kucing-kucing itu bertahan dan beradaptasi dengan iklim yang ekstrim. Di Norwegia bagian utara, iklim pada malam musim dingin yang panjang dan gelap, menjadi ujian yang berat bagi kucing-kucing ini. 

Selama berabad-abad menjelajahi hutan Norwegia, mereka mengembangkan bulu yang panjang, lebat, tahan air, bentuk tubuh yang kokoh, kecerdasan yang cepat, dan naluri bertahan hidup yang terasah dengan baik.

Mirip dengan kucing Maine Coon

norwegian forest cat
sumber: pixabay.com

Sekilas, Wegie mirip dengan Maine Coon, tetapi ada beberapa perbedaan fisik di antara keduanya. Wegies memiliki tubuh yang lebih kompak dan profil yang lurus, sedangkan Maine Coon memiliki profil yang sedikit cekung. Kucing Hutan Norwegia memiliki mata berbentuk almond sedangkan Maine Coons memiliki mata dengan bentuk oval terbuka.

Maine Coon memiliki tubuh yang lebih besar daripada kucing hutan Norwegia. Maine Coon jantan memiliki berat sekitar 7-12 kg dan betina 5-8 kg. Sedangkan kucing hutan Norwegia jantan memiliki berat sekitar 6-9 kg dan betina 4-6 kg.

Norwegian Forest Cat merupakan kucing yang ramah

Kucing Hutan Norwegia puas hanya dengan duduk di ruangan yang sama dengan manusia mereka dan akan dengan senang hati menghibur diri mereka sendiri saat sedang sendirian.

Kucing ini cukup aktif, menikmati aktivitas lalu tidur siang kucing yang lama, dan senang bermain di air. Mereka akur dengan anjing dan kucing lain, serta anak-anak.

Keahlian memancing Norwegian forest cat sangat baik

Jika rumah kalian berada di dekat sungai atau ada kolam di taman, kalian bisa melihat bahwa kucing ini memiliki kualitas yang sangat baik sebagai pemancing.

Jika mereka tidak memiliki akses ke sungai, maka sebaiknya hindari memiliki tangki ikan di dalam rumah jika kalian ingin ikan-ikan kalian hidup.

Hobi memanjat

cat climbing tree
sumber: commons.wikimedia.org

Kalian akan sering menemukannya di titik tertinggi yang bisa kucing itu raih di rumah. Kucing hutan Norwegia tidak harus memiliki kandang yang bagus. Mereka senang jika ada taman untuk dia bermain. Mainan dengan garukan tinggi di dalam ruangan memastikan bahwa pendaki berbakat ini dapat melampiaskan hobinya tanpa merusak furniture atau tirai.

Itulah fakta-fakta unik tentang Norwegian Forest Cat. Perlu kalian ingat, kucing Hutan Norwegia harus menerima nutrisi yang sesuai. Pola makan yang banyak mengandung daging segar sekaligus dengan protein sehat sangat ideal untuk hewan karnivora ini. 

Kalian bisa memenuhi kebutuhan kucing kalian seperti kandang dan makanan kucing di Ruparupa. Yuk segera beli selagi ada promo-promo menarik!

1 KOMENTAR