Makanan Kucing Kampung yang Sehat dan Anti Ribet!

1
11144
cat eating

Populasi kucing kampung sangat tinggi di Indonesia. Kita seringkali melihat mereka berkeliaran di jalanan hingga di kompleks perumahan. Kebanyakan dari mereka tidak memiliki pemilik sehingga banyak orang yang menjadikan kucing kampung sebagai hewan peliharaan. Cara perawatan dan makanan kucing kampung pun tidak repot seperti kucing jenis lain seperti Norwegian Forest Cat dan Scottish Fold.

Makanan yang kalian biasa konsumsi sebenarnya sangat aman untuk kucing, bahkan ada beberapa bahan makanan yang sangat baik untuk mereka. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi kucing kalian, yuk simak rekomendasi makanan kucing kampung yang sehat dan murah!

Daging, protein baik untuk makanan kucing kampung

Kucing adalah pemakan daging. Mereka harus memiliki protein dari daging untuk memiliki jantung yang kuat, penglihatan yang baik, dan sistem reproduksi yang sehat. Daging sapi, ayam, kalkun, dan sedikit daging deli tanpa lemak adalah cara yang bagus untuk memberikannya. 

Daging mentah atau busuk bisa membuat kucing kalian sakit. Jika kalian tidak mau memakannya, jangan berikan kepada kucing kalian.

Gandum banyak protein loh!

cat eat cereal
sumber: pixabay.com

Gandum memiliki banyak protein per kalori, serta mudah untuk mengolahnya. Banyak kucing menyukai jagung. Tepung jagung yang digiling kasar memiliki tekstur yang bagus untuk mereka. Kalian dapat memberikan nasi merah, barley, dan beri gandum, namun jangan lupa untuk menumbuknya terlebih dahulu. Kucing cenderung menyukai biji-bijian yang dalam tekstur yang lebih kecil.

Pastikan saja biji-bijian yang kalian berikan sudah matang sehingga kucing dapat mencernanya sepenuhnya. Tepung roti gandum juga cocok sebagai makanan kucing. 

Ikan, makanan kucing kampung yang banyak vitamin

makanan kucing kampung kaleng
Makanan Kucing Tuna & Salmon

Ikan memiliki banyak asam lemak omega-3, yang membantu mata kucing tetap tajam serta membantu mengatasi radang sendi, penyakit ginjal, dan gangguan jantung. Kemasan ikan kalengan juga baik sebagai makanan. Tapi jangan memberikan sushi karena ikan mentah tidak bagus untuk kucing. 

Daging mentah dan ikan mentah, dapat mengandung bakteri penyebab keracunan makanan. Selain itu, enzim dalam ikan mentah menghancurkan tiamin, yang merupakan vitamin B esensial bagi kucing Anda. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan masalah neurologis yang serius dan menyebabkan kejang dan koma.

Telur, sumber protein makanan kucing kampung

cat eating
sumber: snappygoat.com

Telur adalah sumber protein yang baik untuk kucing. Tapi pastikan mereka sudah matang. Daging dan ikan mentah serta telur mentah dapat membahayakan kucing. Makanan mentah bisa menyebabkan keracunan makanan dari bakteri seperti salmonella atau E. coli

Selain itu, meskipun jarang terjadi, tetapi protein dalam putih telur mentah, yang disebut avidin, dapat mengganggu penyerapan biotin vitamin B. Hal ini dapat menyebabkan masalah kulit dan juga masalah pada bulu kucing.

Sayuran, vitamin dan serat untuk kucing

cat eating
sumber: pixabay.com

Tidak semua kucing menyukai sayuran, dan bahkan lebih sedikit lagi yang menyukai buah-buahan. Tapi mereka memiliki banyak vitamin, dan penuh dengan serat dan air untuk membantu pencernaan. 

Cobalah berikan mentimun atau melon segar, brokoli kukus, atau asparagus. Kalian bisa mencoba memberikan mereka burger vegetarian tetapi berhati-hatilah karena untuk tidak memasukkan bawang atau bawang putih.

Buah-buahan baik untuk pencernaan

cat eat fruit
sumber: pixabay.com

Kucing tidak bisa merasakan rasa manis. Namun, terkadang selalu ada kucing yang menikmati buah. Buah baik untuk kucing karena dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Untuk makanan yang lebih enak, campurkan buah dengan sedikit yogurt yang rendah lemak.

Keju, camilan untuk kucing yang penuh protein

cat eating
sumber: pixabay.com

Keju adalah camilan berprotein tinggi yang baik untuk kucing jika dalam jumlah kecil. Namun protein dalam keju kurang lengkap dibandingkan jenis pada daging, ikan, dan telur. Selain itu, banyak perut kucing yang tidak dapat menangani produk susu, jadi berikan keju dan susu dalam jumlah yang sedikit saja.

Makanan Kaleng, tinggi protein untuk kucing kalian

makanan kaleng kucing kampung
Makanan Kucing

Cemilan untuk kucing dalam kemasan kaleng seringkali lebih tinggi protein dan lebih rendah karbohidrat daripada kebanyakan makanan kering. Karena adanya kandungan air, makanan kaleng lebih rendah kalori per volume.

Kaleng menawarkan kontrol porsi built-in dibandingkan memiliki sekantong makanan kering. Banyak makanan kucing kaleng memiliki kelembaban yang sangat tinggi hingga mencapai 85%.

Nasi, bisa mengatasi diare kucing

cat eat rice
sumber: flickr.com

Dalam dosis kecil dan jarang, tidak menjadi masalah jika memberi nasi merah sebagai camilan sesekali. Nasi rebus dan polos juga telah digunakan sebagai rekomendasi dokter hewan untuk mengatasi masalah diare. Serat yang tinggi dalam beras merah juga merupakan makanan yang baik untuk membantu mengatasi sembelit.

Mirip dengan nasi merah, kucing bisa makan nasi putih dalam dosis kecil, asalkan sudah matang seluruhnya.

Makanan Kering, murah dan tahan lama

makanan kering kucing kampung
Makanan Kucing Grilled Fish

Manfaat utama makanan kering adalah kemudahan, kenyamanan, dan biayanya. Jutaan kucing di seluruh dunia mengonsumsi makanan kering dan dapat hidup sehat dalam jangka waktu yang lama. Makanan kering bisa menjadi cemilan yang pas untuk kucing. 

Dengan makanan kering, kalian bisa meninggalkan makanannya agar kucing bisa makan kapanpun dia mau. Hal ini tidak mungkin terjadi pada makanan basah karena akan rusak jika dibiarkan terlalu lama.

Itulah rekomendasi makanan kucing kampung yang bisa kalian berikan. Kalian bisa menemukan makanan dan beberapa produk lainnya seperti kandang dan mainan kucing di Ruparupa. Ayo, segera beli mumpung ada promo!

1 KOMENTAR