16 Manfaat Tanaman Teratai untuk Kesehatan

0
2221
tanaman teratai
sumber: unsplash.com

Bosan di rumah saja, membuat banyak orang dari berbagai kalangan memunculkan  kembali hobi bercocok tanam. Berbagai jenis mulai dari pohon buah, sayur, hingga berbagai tanaman bunga yang bervariasi. Apakah kamu merasa bosan dan bingung, terkait tanaman apa yang ingin kamu rawat? Bagaimana bila mencoba merawat tanaman Teratai yang penuh akan manfaat?

Banyak yang mengartikan tanaman Teratai sebagai simbol dari kemurnian dan ketulusan hati. Tanaman Teratai dapat dijadikan sebagai analogi yang tepat untuk menggambarkan kehidupan manusia. Saat akar tanaman Teratai berada pada air yang kotor dan penuh lumpur, ia tetap bisa menghasilkan bunga yang begitu cantik dan indah untuk dilihat.

Ruparupa Banner

Tanaman Teratai ternyata adalah lambang dari usia yang panjang, kesehatan, jabatan yang baik, serta keberuntungan. Jadi, kamu juga bisa menjadikan tanaman ini sebagai salah satu ide untuk dijadikan sebagai hadiah.

Wah, rasanya jarang ya mendengar ada orang yang memberi hadiah berupa tanaman Teratai. Ini bisa jadi salah satu ide yang unik dan menarik untuk kamu gunakan. Gimana, tertarik mencobanya?

Kapan Tanaman Teratai Mekar?

tanaman teratai
sumber: unsplash.com

Bunga tanaman Teratai dapat mekar pada waktu yang berbeda. Ada yang mekar saat fajar terbit, namun ada pula yang mekar pada malam hari, maupun pagi hingga siang hari.

Habitat Tanaman Teratai

Teratai biasa tumbuh di kolam lumpur, sungai, maupun rawa. Untuk kamu yang memiliki kolam ikan di rumah, ini bisa menjadi salah satu ide menarik lainnya. Kamu bisa menghias kolam ikan milik kamu dengan menambahkan tanaman Teratai agar terlihat semakin cantik.

Baca Juga:   20 Jenis Ikan Cupang yang Bisa Anda Pilih untuk Dipelihara
tanaman teratai
sumber: unsplash.com

Tanaman ini cenderung lebih senang tinggal pada tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung, dengan iklim yang cenderung hangat. Namun, tanaman ini dapat tumbuh pada berbagai iklim, terkecuali yang terlalu dingin dan membuat air pada kolam teratai menjadi membeku.

Berbagai Manfaat Tanaman Teratai

Berguna Sebagai Obat

Selain kecantikannya, ternyata tanaman Teratai juga memiliki berbagai keunggulan, lho. Tahukah kamu bahwa tanaman Teratai dapat dijadikan sebagai obat? Teratai ternyata banyak menjadi obat herbal khususnya di Tiongkok untuk berbagai penyakit.

Nyatanya biji Teratai putih ternyata mampu kamu jadikan sebagai obat untuk meredakan diare, lho. Selain itu, kandungan pada Teratai mampu mengurangi gula darah juga kolesterol. Kandungan serat serta karbohidrat yang kompleks pada akar Teratai mampu menjadi obat untuk menurunkan gula darah dan kolestrol.

tanaman teratai
sumber: unsplash.com

Teratai juga mampu membantu melindungi jantung dan pembuluh darah. Kandungan potasium pada batang teratai mampu membantu untuk mengatur tekanan darah. Selain potasium, batang Teratai memiliki kandungan vitamin C yang kita ketahui bersama memiliki berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Kemudian, Teratai kerap digunakan untuk mengobati peradangan. Jenis Teratai merah dan putih ternyata memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi juga anti-oksidan.

Terakhir, Teratai dapat meredakan nyeri saat seorang wanita sedang datang bulan. Apakah kamu kerap merasakan nyeri saat datang bulan tiba? Di Tingkok, ada pengobatan tradisional dengan bahan dasar Teratai untuk para wanita yang sedang datang bulan. 

Pengobatan tradisional ini dipercaya mampu memperlancar siklus menstruasi, juga menghentikan pendarahan berlebih, walaupun belum ada penelitian yang mendukung pernyataan tersebut. Namun dengan meminum jus akar Teratai, atau sup Teratai seseorang dapat terhindar dari anemia setelah datang bulan.

Baca Juga:   7 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari Agar Semangat Seharian

Berguna Untuk Kecantikan

Tanaman Teratai juga baik untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit. Apakah kulit kamu masuk ke dalam tipe kulit kering? Bila iya, ternyata Teratai juga dapat menjadi pelembab serta mampu mengembalikan elastisitas pada kulit.

tanaman teratai
sumber: unsplash.com

Dalam dunia kecantikan, Teratai kerap menjadi ramuan tambahan untuk perawatan kulit. Kandungan pada Teratai dapat bermanfaat untuk mengurangi jerawat, pencerah warna kulit, menunda penuaan dini, anti bakteri, hingga zat yang bermanfaat untuk menurunkan stress.

Bahan Masakan dan Berbagai Olahan

tanaman teratai
sumber: unsplash.com

Selain sebagai obat herbal, tanaman ini juga ternyata kerap kali menjadi bahan masakan. Akar pada Teratai kerap kali dijadikan berbagai olahan. Ada yang mencampurkan akar tanaman ini dengan olahan ayam, menumisnya, serta menjadikannya sebagai makanan ringan, hingga membuatnya menjadi manisan.

Nyatanya, terdapat banyak masyarakat yang juga menjadikan biji pada tanaman ini sebagai camilan. Batang Teratai kerap kali juga dijadikan sebagai bahan masakan di berbagai masakan Asia. Banyak masyarakat dari berbagai negara khususnya Asia, membuat olahan dari tanaman ini. Seperti negara tirai bambu yaitu Cina, India, Korea, hingga negara matahari terbit atau Jepang.

Kamu juga dapat membaca artikel terkait bagaimana cara merawat tanaman Teratai di https://www.ruparupa.com/blog/bunga-teratai/

Nah, apakah kamu sudah tertarik untuk memelihara tanaman Teratai? Lengkapi berbagai kebutuhan hobi bertanam anda dengan berbagai peralatan berkualitas, di ruparupa.com 

selang
Krisbow Selang Taman Serbaguna 5/8 Inci X 15m – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
baskom
Baskom Plastik 4 Ltr – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
gelas
Appetite 400 Ml Set 4 Pcs Gelas Kaca Graduated – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
pot tanaman
Pot Tanaman Dekorasi Keramik Terrazzo Pottery B1 13.5×13.5×12.5 Cm – bisa anda dapatkan di ruparupa.com
pupuk dari kototan sapi
Pupuk Tanaman Dari Kotoran Sapi Olahan – bisa anda dapatkan di ruparupa.com