Cara Menanam dan Merawat Bunga Teratai

0
372

Bunga teratai (Nelumbo) adalah salah satu jenis bunga yang spesial dalam dunia tanaman akuatik. Teratai memiliki artian simbol saat zaman kuno dan bahkan modern. Jenis bunga ini sangat diminati karena keindahannya dan diabadikan dalam bentuk seni dan agama. Yuk, lihat artikel ini untuk mengetahui cara menanam dan merawat bunga teratai!

bunga teratai Sumber: upgradedhome.com

Bunga ini paling cocok untuk Anda tanam pada bulan-bulan musim semi. Mereka mudah tumbuh dan dapat menghasilkan bunga yang harum dan mewah saat musim panas, bulan Juni hingga Oktober. Tetapi, teratai terkenal dengan proses pertumbuhan yang lambat saat pertama kali Anda memulai menanamnya. Mereka juga membutuhkan kehangatan dan sinar matahari yang banyak untuk bisa berbunga.

Karakteristik dan Jenis Bunga Teratai

  • Tinggi: 3 sampai 6 kaki
  • Lebar: 3 sampai 4 kaki
  • Warna: Putih, Merah Muda (Pink), Kuning

Keluarga Nelumbonaceae mencakup dua jenis spesies teratai, yaitu: Nelumbo Nucifera dan Nelumbo Lutea.

Jenis Nucifera berasal dari daerah tropis negara Australia dan Asia. Mereka memiliki bunga yang berwarna merah muda (pink) atau putih.

Jenis Lutea, juga dikenal sebagai teratai asal dari Amerika Utara, memiliki bunga yang berwarna kuning. Jenis ini tumbuhnya di kolam, danau, rawa, dan tempat air yang tidak memiliki banyak pergerakan arus atau aliran lainnya.

bunga teratai

Sumber: publicdomainpictures.net

Cara Menanam dan Merawatnya

Anda bisa menanam bunga teratai dalam wadah atau pot plastik besar yang dirancang khusus untuk tanaman air. Jika perlu, Anda dapat melapisi pot dengan kain goni agar tanahnya tidak tumpah dan jatuh melalui celah-celah bolongan pot. Beberapa lembar koran yang sudah tidak terpakai juga dapat Anda tempatkan pada bagian bawah wadah supaya tanahnya tidak berantakan.

Jika Anda tidak memiliki kolam, sebuah tong atau barel bekas adalah alternatif yang bagus untuk Anda menanam tanaman air. Pastikan untuk mencari tahu dulu sampai seberapa tinggi dan lebar bunga Anda akan tumbuh saat sudah dewasa sebelum Anda membelinya.

bunga teratai

Sumber: pxhere.com

Sinar Matahari

Pastikan teratai Anda mendapat cukup sinar matahari. Setiap harinya, mereka butuh terkena sinar matahari selama setidaknya empat jam, tetapi idealnya enam jam atau lebih. Beberapa teratai tidak akan berbunga kecuali mereka mendapatkan enam jam sinar matahari setiap hari.

Tanah

Selalu gunakan tanah yang bebas dari herbisida dan pestisida saat menanam tanaman. Wadah atau pot yang Anda akan pakai harus mempunyai ruang yang cukup besar untuk memungkinkan tanaman Anda tumbuh. Untuk teratai, gunakan pot yang cenderung lebar dibanding dalam, karena akarnya tumbuh melebar bukan mendalam kebawah pot.

Air

Menyeimbangkan ruang antara tanaman dan luas permukaan kolam, tanaman Anda harus mencakup sekitar 65 persen dari luas permukaan kolam Anda. Perhatikan juga kedalaman saat Anda menanam tanaman air Anda. Tempatkan pot Anda tepat di bawah permukaan dan secara bertahap dan perlahan, tempatkan lebih dalam saat tanaman Anda mulai tumbuh. Setelah tanaman Anda mulai tumbuh dan terbentuk, Anda dapat menaruh pot tetap berada pada kedalaman ideal yang Anda inginkan.

Jika Anda menanam bunganya terlalu rendah, akan susah untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bunga teratai harus Anda tanam kira-kira dalam kedalaman antara 6 sampai18 inci di bawah permukaan.

Pupuk

Berikan pupuk tanaman berbentuk tablet yang akan Anda taruh di dalam tanah di sekitarnya. Jangan sebarkan pupuk langsung ke dalam air, karena akan mengubah level pH pada air dan membahayakan tanaman dan ikan-ikan Anda. Anda harus rutin memberi pupuk untuk tanaman Anda sebulan sekali.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu cara menanam dan merawat bunga teratai. Untuk membeli kebutuhan dan perlengkapan untuk berkebun Anda atau membeli bunga artifisial untuk mendekorasi rumah, berikut adalah rekomendasi produk yang bisa Anda beli di Ruparupa.com:

Dinosaurus Paket Berkebun Pemula beli di Ruparupa.com

Arthome 26 Cm Bunga Artifisial Lotus beli di Ruparupa.com

Produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!