15 Manfaat Rumput Teki bagi Tubuh

0
632
manfaat rumput teki

Rumput teki merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh tinggi hingga 140 cm. Batang dari rumput ini memiliki warna hijau gelap dengan daun panjang dan tajam. Walaupun merupakan tanaman liar, siapa sangka ternyata rumput ini memiliki banyak sekali manfaat, khususnya bagi kesehatan. Beberapa negara di Asia sudah banyak yang menggunakan rumput ini untuk mengobati berbagai penyakit. 

rumput teki
Sumber : istockphoto.com

15 Manfaat Rumput Teki

Berikut 15 manfaat dari rumput ini bagi kesehatan tubuh kita yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya : 

Baik untuk pencernaan

rumput teki baik untuk pencernaan
Sumber : chatelaine.com

Manfaat yang pertama adalah rumput teki sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Beberapa negara di Asia sudah banyak yang menggunakan rumput ini untuk mengobati diare, parasit usus, disentri, gangguan usus, dan masalah perut lainnya. 

Rumput ini mengandung enzim dan senyawa aktif yang dapat merangsang reaksi-reaksi biokimia, sehingga membantu meningkatkan sistem pencernaan. Kamu dapat merebus rumput ini dan mengonsumsi air rebusannya untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Mengontrol kejang dan epilepsi

Di dalam rumput teki terkandung ekstrak etanol yang dapat menjadi penawar terhadap kejang. Kandungan flavonoid pada rumput ini dapat mengembangkan berbagai obat untuk epilepsi.

Meredakan nyeri haid atau menstruasi

rumput teki meredakan nyeri haid
Sumber : pexels.com

Kamu mengalami haid yang tidak teratur atau nyeri saat menstruasi ? Rumput teki dapat menjadi solusinya! Kamu cukup menghaluskan rumput ini lalu merebusnya. Minum air rebusannya secara teratur untuk memulihkan siklus menstruasi kamu. 

Memperlancar saluran kencing

Ternyata rumput ini dapat membantu memperlancar saluran kencing bahkan mengobati kencing batu loh, Ruppers! Air rebusan rumput ini dapat membuang penggumpalan garam yang menghambat saluran kencing. Dengan begitu, saluran kencing kamu dapat lebih lancar. 

Membantu merawat kulit

Rumput satu ini ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit loh. Selain dapat mencerahkan kulit, rumput ini juga dapat membantu mengurangi efek penuaan. Rumput teki dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya.

Mengontrol tekanan darah tinggi

mengontrol tekanan darah
Sumber : pexels.com

Rumput ini mengandung ekstrak alkohol yang mampu menurunkan tekanan darah secara perlahan dan terus menerus. Selain itu, rumput ini juga dapat membantu kamu menjaga agar tekanan darah tetap normal. Kamu dapat merebus daun dan batangnya, kemudian minumlah air rebusan tersebut secara rutin setiap hari agar dapat merasakan manfaatnya. 

Mengobati penyakit kulit

Rumput teki juga dapat mengobati berbagai penyakit kulit, seperti kudis, kutu air, panu, eksim dan lain-lain. Rumput ini dapat mengurangi rasa gatal. Kamu hanya perlu melumatkan daunnya dan diaplikasikan pada bagian yang mengalami penyakit kulit.

Menurunkan demam

menurunkan demam
Sumber : pexels.com

Umbi dari rumput ini mampu merangsang keluarnya keringat dari tubuh sehingga dapat menormalkan kembali suhu tubuh saat demam. Haluskan umbi rumput ini dan campurkan dengan sedikit air. Bungkuslah dengan kain tipis, lalu kompres pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

Pereda nyeri

rumput teki pereda sakit gigi
Sumber : stylesatlife.com

Rumput ini memiliki kandungan ekstrak minyak esensial dan petroleum eter yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, seperti sakit gigi. 

Menurunkan berat badan

turunkan berat badan
Sumber : pexels.com

Bagi kamu yang sedang ingin diet, rumput ini dapat membantu loh. Rumput teki dapat menurunkan berat badan secara signifikan jika kamu rutin mengonsumsinya selama 60 hari. 

Menghilangkan ketombe

hilangkan ketombe
Sumber : skincaretopnews.com

Kamu punya masalah dengan kulit kepala yang gatal bahkan berketombe? Cobalah rumput ini untuk mengatasinya. 

Kamu dapat menghaluskan daun dan batangnya, lalu tambahkan dengan minyak kelapa. Campurlah semua bahan tersebut dan gunakan sebagai masker rambut. Cara ini juga sangat efektif untuk mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut.

Mengobati gejala sakit mata

mengobati sakit mata
Sumber : wom.my

Ternyata ekstrak dari rumput ini juga mampu untuk meringankan gejala mata konjungtivis, mengurangi rasa sakit dan mata merah. 

Menyembuhkan luka luar

Tumbuklah daun rumput ini hingga halus dan oleskan pada area luka. Dengan begitu, kamu dapat menyembuhkan luka luar dengan cepat.

Mengobati gangguan mental

Akar dari rumput teki juga dapat membantu mengobati penyakit mental dan psikosis. Rumput ini dapat memberikan efek menenangkan.

Meredakan lebam atau memar

rumput teki meredakan lebam
Sumber : bicycling.com

Kamu pasti sering menemukan kulit lebam secara tidak sengaja akibat terbentur, khususnya pada anak-anak yang sedang senang bermain. Untuk dapat menghilangkannya dengan cepat, kamu dapat menggunakan rumput teki. Giling rumput tersebut lalu tempelkan pada bagian lebam. 

Nah, jadi sudah tahu kan apa saja manfaat dari rumput teki ini ? Walaupun hanya tanaman liar, ternyata rumput ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita loh, Ruppers. Berikut produk-produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu gunakan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh :

Sowell Pengukur Tekanan Darah
Sowell 2.35 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah beli di Ruparupa.com
Sowell Termometer Telinga Sdt-350
Sowell Termometer Telinga Sdt-350 beli di Ruparupa.com