Tekanan darah pada dalam arteri terjadi karena adanya kontraksi otot pada jantung Anda. Hasil pengukuran tekanan darah akan muncul dua angka. Yang atas dan pertama adalah tekanan sistolik, ini terukur setelah jantung Anda berdebat atau berkontraksi untuk paling tingginya. Yang bawah dan kedua adalah tekanan diastolik, ini terukur sebelum jantung Anda berdetak atau berkontraksi yang paling rendahnya. Yuk, baca artikel ini untuk tahu berapa sih tekanan darah normal orang dewasa?!

alat ukur tekanan darah sowell terbaik
alat ukur tekanan darah sowell terbaik

Kategori tingkat tekanan darah

Lima kategori tingkat tekanan rendah yang berbeda adalah:

  • Normal: Jika tekanan darah Anda ada di bawah 120/80 mm Hg, artinya teranggap normal.
  • Tekanan darah tinggi: Kalau hasil pengukuran tekanan darah Anda berada pada antara 120 hingga 129 sistolik dan lebih rendah dari 80 mm Hg diastolik, artinya Anda mempunyai tekanan darah tinggi. Jika Anda memiliki resiko tekanan darah tinggi, Anda harus segera mencoba untuk menyembuhkannya dengan ke dokter.
  • Hipertensi stadium I: Kalau hasil pengecekan tekanan darah Anda berada pada antara 130 hingga 139 sistolik atau 80 hingga 89 mm Hg diastolik, Anda memiliki hipertensi stadium 1. Anda harus segera konsultasi dengan dokter untuk menerima resep obat untuk tmenurunkan tekanan darah Anda. Anda juga harus mengubah pola hidup dan makan Anda untuk menghindari resiko sakit jantung ataupun stroke.
  • Hipertensi stadium II: Kalau hasil pengukuran tekanan darah berada pada antara 140/90 mm Hg atau bahkan lebih tinggi. Dokter Anda akan memberikan meresepkan obat-obat yang harus Anda minum dan Anda harus merubah gaya hidup Anda menjadi lebih baik.
  • Krisis hipertensi: Jika Anda berada pada kondisi ini, ketahuilah ini kategori tingkat yang paling kritis berbahaya. Dan Anda akan membutuhkan pertolongan medis yang darurat. Kalau Anda mempunyai krsis hipertensi, tekanan darah Anda bisa tiba-tiba melonjak naik sampai lebih dari batas 180/120 mm Hg yang sangat berbahaya.

Tekanan Darah Normal untuk Orang Dewasa

Biasanya, tekanan darah normal untuk orang dewasa harus kurang dari 120/80 mm Hg. Orang dewasa ini termasuk umur 20 tahun keatas. Tetapi, semakin bertambahnya usia Anda, pembuluh darah tubuh akan menjadi lebih kaku dan ada kemungkinan lemak bisa menumpuk di dalam. Sehingga, mengakibatkan peningkatan tekanan darah Anda.

Jika tekanan darah Anda meningkat sampai terlalu tinggi, Anda mempunyai resiko untuk terkena penyakit stroke, jantung, dan lain-lain. Maka dari itu, tekanan darah yang normal untuk orang dewasa adalah 120/80. Tetapi, anak kecil dan remaja akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah.

Secara keseluruhan, tekanan darah setiap orang akan meningkat setiap mereka bertambah umur. Tetapi, kalau Anda rajin berolahraga, memiliki pola makan yang sehat dan menghindari merokok, Anda akan mempunyai resiko yang rendah untuk hipertensi.

Anda juga harus sering kontrol dengan dokter Anda untuk mengecek tekanan darah Anda secara rutin untuk mengetahui apakah Anda sehat-sehat saja. Atau Anda juga bisa belajar mengukur tekanan darah Anda sendiri pada rumah. Apalagi kalau Anda sudah berumur, sering-sering cek tekanan darah untuk mengetahui rata-rata nya apakah normal atau tidak.

Kalau tekanan darah Anda melewati batas normal, sudah saatnya Anda konsultasi dengan dokter untuk mengobatinya dengan cepat sebelum terlambat. Ikuti nasehat yang dokter Anda beri supaya tingkat tekanan darah Anda tetap dalam batas normal dan terkendali.

Produk Rekomendasi

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu berapa tekanan darah normal orang dewasa. Anda dapat membeli alat pengukur tekanan darah dari Sowell untuk terus tetap cek dan menjaga secara rutin kesehatan Anda. Sowell adalah brand yang menjual alat kesehatan terpercaya untuk Anda dan keluarga. Produk-produk Sowell mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, mudah dan praktis untuk Anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan Anda.

Sowell 2.95 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah Sdp-180

Pengecekan tekanan darah Anda dengan rutin sangatlah penting. Karena, bisa ada banyak macam penyakit serius yang dapat Anda cegah dengan tahunya kadar darah tubuh normal Anda. Mengukur dengan rutin dapat membuat Anda mempunyai pola hidup yang lebih sehat dengan pedulinya Anda terhadap kesehatan Anda. Anda bisa menggunakan alat ukur tekanan darah LCD dari Sowell untuk mengukur tekanan darah Anda setiap harinya.ย 

Alat ini terancang khusus supaya bisa Anda gunakan dengan gampang dan efisien dan juga sangatlah portable. Alat ini dapat mendeteksi tekanan darah Anda dengan akurat dalam jangka waktu yang cepat. Mengapa akurat? Karena alat ini akan menghitung hasil ukur tekanan darah Anda sebanyak 3 kali baru muncul hasilnya dan memiliki fitur memori 50-60 kelompok. Tidak tertinggal, alat ini juga mempunyai fitur sensor deteksi penggunaan manset dan juga mode auto off jika Anda sudah tidak memakainya.ย 

Sowell Oximeter Fingertip Sdo-720

Alat Oximeter Fingertip dari Sowell mempunyai kegunaan untuk mengukur jumlah oksigen dalam darah melalui jari Anda. Alat berbentuk digital ini dirancang khusus dengan struktur fitur anti cahaya. Lengkap dengan SPO2 dan sensor pengukur detak jantung Anda. Alat ini akan memberi respon dalam waktu 3 detik dan sangat akurat. Alat ini juga mempunyai sistem mati otomatis jika telah Anda biarkan diam selama 8 detik.

Nah, produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!