10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

0
1190
manfaat puasa
Sumber: Freepik

Menjelan bulan Ramadan, umat muslim wajib menjalankan ibadah wajib, yaitu puasa. Namun, kegiatan puasa tidak hanya bisa dilakukan umat muslim, loh. Kamu juga bisa menjalankannya karena manfaat puasa sangat banyak dan berguna bagi kesehatan.

Puasa merupakan proses menahan hawa nafsu dan lapar, mulai dari matahari terbit hingga matahari tenggelam. Tentunya, lama waktu puasa akan berbeda di setiap negaranya. Di Indonesia sendiri, lamanya berpuasa biasanya lebih dari 13 jam sehari.

Ruparupa Banner

Apa Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh?

Memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi keinginan semua orang. Untuk mendapatkan kesehatan tersebut dapat ditempuh dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan berpuasa.

Nah, pasti kamu sudah bertanya-tanya, apa saja manfaat puasa bagi tubuh? Yuk, simak jawabannya berikut ini.

1. Detoksifikasi racun

Sadar atau tidak, berbagai santapan yang masuk ke tubuh kamu setiap harinya mengandung berbagai jenis zat. Jika tidak segera dikeluarkan, maka bisa-bisa menumpuk dan menjadi senyawa berbahaya, yang menjadi penyebab berbagai penyakit.

Dengan berpuasa, organ yang berfungsi membuang racun di dalam tubuh akan bekerja lebih efektif. Soalnya, organ ini memiliki waktu untuk mencerna dan mengeluarkan berbagai senyawa tersebut.

2. Mengatasi peradangan

Peradangan dapat terjadi akibat kandungan yang terdapat di dalam makanan, seperti gula, protein, atau senyawa lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan berpuasa, kamu bisa mengurasi risiko peradangan, mulai dari arthritis hingga penyakit kulit psoriasis. Bahkan, seorang ahli menyebutkan bahwa berpuasa bisa meningkatkan proses penyembuhan radang usus besar.

Baca Juga:   Resep Es Kuwut Kelapa Muda KW, Minuman Segar Buka Puasa

3. Menurunkan berat badan serta mencegah obesitas

Karena kita hanya memiliki 2 kali waktu makan, maka puasa bisa menjadi program diet yang sangat sehat dan efektif menurunkan berat badan guna mencegah obesitas.

Ketika berpuasa, tubuh kita akan memulai sebuah proses yang bernama ketosis, yaitu proses pemecahan lemak yang ada di dalam organ tubuh. Proses tersebut akan diolah menjadi sumber energi.

Semakin banyak lemak yang terbakar, maka berat badan kita pun bisa lebih mudah turun.

Sumber: Freepik

4. Mengistirahatkan sistem pencernaan

Dengan berpuasa, maka bisa memberikan waktu istirahat bagi berbagai organ pencernaan di dalam tubuh. Hal ini akan membuat otot-otot pencernaan jauh lebih kuat dalam memproses makanan.

Selain itu, puasa juga bisa meningkatkan kebutuhan serat tubuh, yang berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit pencernaan.

5. Meningkatkan imunitas

Meski harus mengurangi konsumsi makanan dan minuman, nyatanya berpuasa bisa membuat daya tahan tubuh meningkat.

Ketika kita sedang berpuasa, kita akan membutuhkan energi untuk tetap bertenaga. Untuk itulah, kita pun akan fokus menerapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi dan vitamin, yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

manfaat puasa
Sumber: Freepik

6. Membuat tenang hati dan pikiran

Jika tadi kita sudah membahas manfaat puasa untuk tubuh secara fisik, kali ini kita akan membahas manfaat puasa bagi kesehatan mental.

Lewat puasa, kita akan lebih belajar bagaimana cara mengontrol diri dan emosi. Inilah yang akhirnya membuat kita lebih memilih untuk beramal dan beribadah. Tidak heran bila pikiran dan hati kita pun akan lebih tenang dan damai.

Baca Juga:   Resep Steak Air Fryer Praktis Buat Buka Puasa

7. Menghilangkan kecanduan

Puasa juga mengajarkan kita untuk mengontrol dan menahan berbagai kemauan jasmani dan rohani. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang mampu lepas dari kecanduan nikotin dan makanan manis.

8. Menurunkan gula darah

Saat puasa, umumnya tubuh tidak mendapatkan asupan gula yang banyak. Simpanan gula tersebut akan dilepaskan menjadi cadangan energi untuk tubuh.

Inilah yang menyebabkan terjadi penurunan kadar gula. Bahkan, ada ahli yang mengatakan bahwa dengan berpuasa kamu bisa mengurangi kadar gula sebanyak 30%.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Puasa merupakan metode yang paling tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan berpuasa, kerja otot jantung dalam memompa darah akan lebih lancar karena berkurangnya lemak atau kolesterol dalam darah.

10. Meningkatkan regenerasi sel

Manfaat puasa lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu puasa bisa mempercepat regenerasi sel dalam tubuh. Sebagai bentuk pertahanan diri, selama berpuasa tubuh akan melakukan proses autophagy atau proses mendaur ulang sel-sel tubuh yang rusak.

Nah, setelah seharian berpuasa, pastikan kamu mengisi kembali energi di dalam tubuh dengan berbagai aneka menu berbuka yang sehat dan praktis dari artikel ini. 

manfata puasa
Sumber: Freepik

Untuk menghidangkan menu berbuka, kamu bisa menggunakan aneka produk piring dan gelas cantik, seperti rekomendasi di bawah ini hanya dari Ruparupa.com.

Situs e-commerce ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

piring
Delicia Set 16 Pcs Coupe Perlengkapan Makan – Hijau

Beli di sini

set piring
Appetite Set 16 Pcs Elizabeth Perlengkapan Makan – Biru

Beli di sini

set piring makan
Delicia Set 16 Pcs Perlengkapan Makan Premium Porcelain

Beli di sini

set piring makan
Appetitey Set 16 Pcs Abbey Perlengkapan Makan Marble

Beli di sini