Ini Jadwal Puasa 2022 dan Hal yang Harus Dipersiapkan

0
8322
puasa 2022
Sumber : Unsplash.com

Bulan Ramadan merupakan momen berharga bagi umat Muslim. Di bulan penuh berkah ini, umat Muslim menjalani puasa selama sebulan penuh. Tidak heran bila momen Ramadan selalu ditunggu-tunggu, termasuk di tahun 2022 ini.

Namun, kapan jadwal puasa 2022 akan dimulai? Yuk, kita cari tahu!

Ruparupa Banner

Perkiraan Jadwal Awal Puasa 2022

jadwal puasa 2022
Sumber : Unsplash.com

Sebenarnya, pemerintah belum mengadakan sidang isbat untuk menetapkan jadwal puasa 2022 secara spesifik.

Akan tetapi, beberapa organisasi massa Islam, seperti Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, yang telah mengumumkan perkiraan jadwal awal puasa 2022.

Berdasarkan Kalender Islam Global 1443 H yang diterbitkan, jadwal 1 Ramadhan 1443 akan jatuh di hari Sabtu, 2 April 2022 dan hari dan berakhir di hari Minggu, 1 Mei 2022.

Kemudian, sehari setelahnya tibalah hari raya Idul Fitri, yang jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022.

Mengenal Metode Hisab dan Rukyat untuk Menentukan Awal Ramadhan

Peredaran bulan menjadi kunci bagi umat Islam dalam menentukan awal bulan pada Kalender Hijriah. Perkiraan awal bulan Ramadan ini ditentukan melalui 2 metode, yakni metode hisab dan rukyat. 

Metode Hisab merupakan metode menghitung posisi bulan secara matematis dan astronomis untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah. Hisab seringkali digunakan dalam ilmu falak untuk memperkirakan posisi matahari dan bulan terhadap bumi.

Baca Juga:   Resep Nasi Liwet Rice Cooker, Wangi dan Gurih

Posisi matahari menjadi patokan untuk menentukan masuknya waktu shalat. Sedangkan posisi bulan, menandakan masuknya periode bulan baru pada kalender Hijriah.

Untuk metode Rukyat, biasanya dilakukan dengan cara mengamati hilal menggunakan mata telanjang atau bantuan alat optik lainnya, setelah matahari terbenam dan menjelang awal bulan di kalender Hijriah.

Soalnya, di saat tersebut intensitas cahayanya yang tidak terlalu terang dibanding matahari. Metode Rukyat biasanya digunakan untuk menentukan awal bulan Zulhijah, Ramadhan, dan Syawal.

Persiapan Menjelang Bulan Ramadan

Nah, menjelang bulan Ramadan, ada hal-hal yang bisa kamu perhatikan dari sekarang agar siap saat menjalani puasa, seperti berikut ini.

1. Memperkuat Iman dan Perbanyak Ibadah

memperkuat iman
Sumber : Unsplash.com

Di bulan suci yang penuh berkah, kamu bisa mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya untuk bekal di akhirat nanti. 

Oleh karena itu, mulai sekarang kamu bisa melatih diri untuk menghindari hal-hal buruk, memperbanyak amal, dan mendekatkan dirimu kepada Yang Maha Esa.

2. Menjaga Kesehatan Jasmani

berolahraga
Sumber : Unsplash.com

Sebelum menjalankan ibadah puasa, kamu harus menjaga kesehatan fisik dan jasmani agar tidak mudah sakit, terlebih di tengah kondisi wabah Covid-19 ini.

Maka dari itu, perbanyak olahraga dan konsumsi makanan-makanan yang sehat ya, Ruppers. Tentu, kamu tidak mau ibadah dan puasa kamu menjadi terhalang karena kondisi tubuh yang sakit, bukan?

3. Siapkan Daftar Menu Ramadan

menu makanan sehat puasa
Sumber : Unsplash.com

Kamu boleh mulai menyiapkan daftar menu untuk sahur dan berbuka puasa dari sekarang. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menyiapkan bahan-bahan masakan nanti.

Baca Juga:   7 Peralatan Masak yang Wajib Ada Saat Ramadan

Selain itu, kamu jadi bisa menyiapkan menu makanan bergizi untuk keluarga agar tetap sehat dan semangat dalam menjalani puasa selama sebulan penuh.

4. Menata Kembali Dapur dan Ruang Makan

Bulan puasa juga bisa menjadi momen kebersamaan. Jika di hari-hari biasa anggota keluarga makan secara terpisah, di bulan puasa kamu bisa mengajak keluarga untuk sahur dan berbuka bersama. 

Oleh karena itu, kamu perlu menata kembali ruang makan agar kegiatan sahur dan berbuka menjadi lebih nyaman.

Selain itu, perhatikan juga area dapur. Kamu bisa mempermudah aktivitas memasak dengan mempersiapkan bumbu-bumbu dapur terlebih dahulu dan menempatkannya pada wadah, seperti berikut ini.

wadah bumbu untuk puasa
Elemental Kitchen 200 Ml Set 4 Pcs Sephora Tempat Bumbu Dapur – beli di Ruparupa.com
wadah bumbu kaca dengan rak penyimpanan untuk memudahkanmu menempatkan bumbu dapur.

Beli di sini

5. Bersihkan Rumah

Terakhir, kamu juga bisa membersihkan dan merapikan rumah agar semakin nyaman dalam menjalankan ibadah puasa.

Kebersihan merupakan bagian dari iman. Rumah yang bersih,tentunya dapat meningkatkan suasana hati dan baik bagi kesehatan anggota keluarga. 

Gunakanlah alat pembersih elektronik yang praktis sebagai alternatif agar kamu tidak kelelahan saat membersihkan rumah, seperti berikut ini.

vacuum elektronik
Kels Chiba Penghisap Debu Basah & Kering – Abu-abu – beli di Ruparupa.com
Gunakan penghisap debu elektronik praktis untuk mempermudah pekerjaan rumahmu.

Beli di sini

Jadi, apakah kamu siap untuk menyambut ibadah puasa di tahun 2022 sebentar lagi?

Kamu bisa mendapatkan berbagai peralatan makan dan kebutuhan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, Selma, ACE Hardware, dan lainnya, untuk menemani kamu di saat bulan puasa hanya melalui Ruparupa.com.

Situs belanja ini juga memberikan beragam penawaran menarik agar kegiatan belanjamu jadi lebih hemat dan menyenangkan, lho. Yuk, belanja sekarang!