17 Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan Tubuh

0
293
manfaat kayu secang bagi kesehatan

Kayu secang sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat karena seringkali menjadi bahan minuman herbal, yaitu wedang uwuh. Kayu ini biasanya diserut dan dijemur dahulu sebelum menyeduhnya dengan air hangat menjadi teh herbal atau wedang. 

Kayu secang untuk kesehatan
Sumber : findchineseherb.com

17 Manfaat Kayu Secang

Tentunya bukan tanpa alasan kalau kayu secang menjadi teh herbal dan bahan untuk pengobatan di berbagai daerah. Kayu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 17 manfaat kayu secang bagi kesehatan tubuh : 

Kaya akan antioksidan

Tubuh kita sangat memerlukan antioksidan untuk mencegah kerusakan sel. Banyak orang yang memilih untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh mereka dengan minum teh, padahal teh dapat meningkatkan keasaman dan juga kafein dalam tubuh. 

Karena itu, kayu secang dapat menjadi pilihan tepat untuk menggantikan teh. Kayu ini dapat memberikan lebih banyak asupan antioksidan dan perlindungan yang lebih baik untuk tubuh. 

Baik untuk kesehatan jantung

Pigmen merah yang ada pada kayu ini ternyata dapat memberikan efek yang sangat baik bagi jantung dan tentunya membuat jantung lebih sehat. Kamu dapat meminum segelas air kayu secang setiap harinya bagi kesehatan jantungmu.

Mengontrol gula darah

Ekstrak kayu ini dapat meningkatkan metabolisme glukosa sehingga mampu mengurangi gula darah yang menumpuk. Kamu dapat rutin meminum air seduhan kayu ini untuk dapat membantu menurunkan gula darah secara alami

Menghambat pertumbuhan sel kanker

Selain antioksidan, kayu ini juga memiliki zat antikanker sehingga dengan kedua zat tersebut, pertumbuhan sel kanker pun dapat terhambat. Rutinlah mengonsumsi air seduhan kayu ini disertai dengan penerapan pola hidup sehat.

Mengatasi kejang epilepsi

Ekstrak kayu secang memiliki fungsi reaktif yang mampu melawan kejang-kejang, khususnya epilepsi. Di dalam kayu ini terkandung antikonvulsan yang dapat membantu menormalkan stabilitas rangsangan sel saraf sehingga tidak mengalami kejang. 

Mengatasi infeksi kulit

Di dalam kayu ini terkandung senyawa yang bersifat antimikroba dan juga methanol, sehingga dapat membantu melawan timbulnya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

Mengatasi demam scarlet

Demam scarlet ini biasa terjadi pada anak umur 5-15 tahun. Gejalanya adalah muncul ruam merah yang menutupi sebagian besar tubuh, luka pada tenggorokan disertai demam tinggi. Bagi yang mengalami demam ini, cobalah untuk meminum air rebusan kayu secang secara rutin.

air rebusan kayu secang
Sumber : shutterstock.com

Mengatasi peradangan dan nyeri

Dalam kayu ini terkandung senyawa yang mampu mengatasi peradangan dan juga meredakan nyeri karena radang tersebut. 

Menjaga kesehatan hati

Sudah banyak negara di Asia Tenggara yang menggunakan kayu ini untuk menyehatkan organ hati. Kayu secang dapat membantu menghambat keracunan karbon tetraklorida yang dapat merusak hati.

Mengobati asam urat

Kayu ini juga ternyata dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi pada tubuh loh, Ruppers. Kamu dapat rutin meminum air rebusannya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Mengobati bisul dan jerawat

Air rebusan kayu secang dapat membantu membersihkan darah penyebab berbagai penyakit kulit, seperti bisul dan jerawat. Kandungan brazilin pada ekstrak kayu ini terbukti dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan juga bisul.

Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas yang berlebihan pada tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan dapat menjadi sumber dari berbagai penyakit. Air rebusan kayu secang dapat membuat kamu terhindar dari radikal bebas yang berlebihan dan membuat tubuhmu tetap sehat.

Mencerahkan kulit

Kandungan antioksidan dalam kayu ini mampu mencerahkan kulit kamu dan menjauhkannya dari kesan kusam. Gunakanlah air rebusan kayu ini untuk membasuh mukamu secara rutin. 

Mencegah pertumbuhan bakteri

Kayu ini memiliki senyawa yang bersifat antibakteri sehingga dapat mencegah bakteri penyebab penyakit. Senyawa etanol pada kayu ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan bakteri jahat.

Mengatasi diare

Kayu secang ternyata mampu mengobati diare yang disebabkan oleh bakteri E. Coli. Minumlah air rebusan kayu ini untuk menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.

Mencegah penuaan dini

Gejala penuaan dini dapat kamu ketahui dari munculnya kerutan dan wajah terlihat kusam. Kandungan polifenol dalam kayu ini dapat membantu melindungi kulit kamu dari penuaan dini, sehingga akan sangat baik jika kamu mengonsumsinya.

Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, kayu secang akan menjadi pilihan yang tepat. Kamu dapat meminum air rebusannya secara rutin untuk membantu mengontrol gula darah dalam tubuhmu.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja manfaat dari kayu secang ini ? Ternyata kayu ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita apalagi jika kita rutin mengonsumsi air rebusannya. Berikut rekomendasi produk dari Ruparupa.com yang dapat kamu gunakan untuk menyeduh kayu secang :

Tea Culture 800 Ml Teko Teh Dengan Infuser
Tea Culture 800 Ml Teko Teh Dengan Infuser beli di Ruparupa.com