15 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Tubuh

0
2287
manfaat salmon

Ikan salmon merupakan salah satu hidangan favorit dengan tekstur yang lembut dan penuh nutrisi. Ditambah lagi dengan kandungan omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran banyak orang dari berbagai negara yang gemar mengonsumsi salmon. 

manfaat ikan salmon
Sumber : pexels.com

15 Manfaat Ikan Salmon :

Berikut 15 manfaat dari ikan salmon bagi kesehatan tubuh kamu : 

Menjadi Sumber Protein

Ikan salmon menjadi sumber protein dengan kualitas yang tinggi. Di dalamnya terkandung lemak omega-3 yang merupakan protein penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. 

Setiap 3,5 ons daging salmon mengandung 22 – 25 gram protein yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, seperti melindungi kesehatan tulang, membantu tubuh cepat pulih jika mengalami cedera, dan lain sebagainya.

Kaya akan Lemak Omega-3

Tubuh kita tidak bisa memproduksi lemak omega-3 sendiri, padahal protein ini sangat penting dan dibutuhkan. Kandungan omega-3 yang ada pada ikan salmon tentunya dapat membantu kamu memenuhi nutrisi yang ada pada tubuhmu. 

Setiap 100 gram daging salmon liar mengandung sekitar 2,6 gram omega-3. Jadi, kamu bisa memenuhi kebutuhan lemak omega-3 di tubuhmu dengan mengonsumsi 2 porsi  salmon dalam waktu seminggu. 

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi salmon secara teratur dapat membantu kamu terlindungi dari penyakit jantung loh, Ruppers! Salmon dapat meningkatkan kandungan omega-3 di dalam darah. 

Dengan mengonsumsi ikan ini, kadar omega-3 dan omega-6 dalam tubuh dapat lebih seimbang, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. 

Mengurangi Risiko Kanker

Omega-3 yang terkandung pada ikan salmon juga ternyata dapat mengurangi risiko kanker loh, Ruppers. Kanker dapat terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara omega-3 dan omega-6 di dalam tubuh. 

Kamu dapat menambahkan ikan ini ke dalam menu makanan setiap minggunya untuk membantu meningkatkan kadar omega-3 di tubuhmu. 

Melindungi Kesehatan Tulang

Salmon mengandung kalsitonin yang dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan juga densitas. Kandungan kalsitonin pada salmon ini juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan penyakit sendi. 

Selain kalsitonin, ikan ini juga mengandung kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang kamu sehingga dapat membuatnya lebih sehat.

Menurunkan Berat Badan

Siapa nih yang sedang dalam proses diet atau menurunkan berat badan ? Ikan salmon cocok banget untuk kamu konsumsi di masa penurunan berat badan. 

Selain mengandung protein yang tinggi, salmon juga dapat mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan kamu loh. Jadi kamu bisa tetap merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Sumber Vitamin

Tidak hanya omega-3, ikan salmon juga mengandung sangat banyak vitamin, seperti vitamin B, D, dan lain-lain. Semua vitamin yang terkandung di dalamnya dapat saling bekerja sama menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi terbaik. 

Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak

Kandungan omega-3 yang tinggi pada salmon ternyata dapat meningkatkan daya ingat loh, Ruppers

Kombinasi omega-3 dan vitamin lainnya yang terkandung di dalam ikan salmon dapat menjadi antidepresan, mencegah kerusakan pada sistem saraf, dan juga dapat menenangkan otak. 

Mengontrol Tekanan Darah

Ikan salmon memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium pada ikan ini dapat membantu mengontrol atau menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan mengurangi risiko terkena stroke

Mengurangi Inflamasi atau Peradangan

Tahukah kamu kalau inflamasi atau peradangan adalah hal yang sangat berbahaya ? Peradangan dapat menyebabkan banyak hal yang tidak diinginkan, seperti respons autoimun, nyeri sendi, penambahan berat badan, stroke, dan juga tukak lambung. 

Ikan salmon dapat membantu kamu mengurangi peradangan itu loh, Ruppers. Kandungan omega-3 dalam salmon dapat membantu tubuh mengatur hormon lokal dan menghindarkan kamu dari migrain, obesitas, artritis, dan penyakit lainnya.

Sumber Potasium yang baik

Ikan salmon mengandung potasium yang tinggi. Fakta mengatakan bahwa kandungan potasium yang ada pada salmon lebih banyak dibandingkan pisang. Hal ini juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. 

Meningkatkan Fungsi Tiroid

Di dalam ikan salmon juga terkandung selenium yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan selenium inilah yang dapat membantu menurunkan antibodi tiroid pada orang yang memiliki penyakit tiroid autoimun. 

Sebuah studi mengatakan bahwa selenium yang ada pada salmon terbukti lebih banyak daripada yang terkandung dalam kapsul minyak ikan.

Bermanfaat bagi Mental

Ikan salmon ternyata juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental loh. Kandungan omega-3 dalam salmon bermanfaat bagi proses kognitif dan juga dikaitkan dengan penurunan risiko depresi, demensia, gangguan hiperaktif defisit perhatian, dan lain-lain. 

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan omega-3 dalam salmon juga ternyata sangat baik untuk kesehatan mata. Ikan salmon dapat mencegah mata kering, mata lelah, dan juga degenerasi makula terkait mata. 

Mengatasi Kesulitan Tidur

Setelah lelah beraktivitas, kamu memerlukan tidur yang nyenyak agar dapat memulihkan energi untuk hari esok. Namun, jika kualitas tidur kamu buruk karena kesulitan tidur, tentunya akan menghambat aktivitas. 

Kamu dapat memanfaatkan ikan ini untuk mengatasi insomnia. Ikan ini mengandung triptofan yang merupakan sedatif alami. Kandungan inilah yang baik kamu konsumsi untuk mengatasi masalah insomnia.

Nah, jadi itu tadi 15 manfaat dari ikan salmon yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulailah memasukkan salmon ke dalam daftar menu makananmu. Gunakanlah pisau yang tajam dan berkualitas untuk membantumu memotong salmon. Berikut rekomendasi pisau pemotong salmon yang dapat kamu beli di Ruparupa.com

Pisau pemotong ikan salmon
Brund 26 cm Easycut Pisau Pemotong Salmon beli di Ruparupa.com