10 Makanan untuk Menurunkan Tekanan Darah Anda

0
188

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat Anda cegah untuk penyakit jantung. Obat-obatan biasanya orang gunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Namun, perubahan pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Yuk, lihat apa saja makanan yang dapat menurunkan tekanan darah Anda!

Mengikuti diet yang bergizi dan sehat untuk jantung tersarankan untuk semua orang dengan tekanan darah tinggi, termasuk mereka yang menggunakan obat penurun tekanan darah. Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa memasukkan makanan tertentu dalam diet Anda, terutama yang tinggi nutrisi spesifik seperti potasium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah Anda.

Ikan Berlemak

Sumber: pxhere.com

Ikan berlemak seperti salmon contohnya adalah sumber lemak omega-3 yang sangat baik, yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang signifikan. Lemak ini dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang tersebut oxylipins.

Penelitian telah menghubungkan asupan yang lebih tinggi dari ikan berlemak kaya omega-3 untuk menurunkan tingkat tekanan darah. Asupan omega-3 yang lebih tinggi juga terkait dengan risiko hipertensi yang lebih rendah.

Rempah-rempah

tekanan darah
Sumber: commons.wikimedia.org

Herbal dan rempah-rempah tertentu mengandung senyawa kuat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan membantu pembuluh darah rileks. Biji seledri, ketumbar, kunyit, serai, jintan hitam, ginseng, kayu manis, kapulaga, kemangi, dan jahe hanyalah beberapa rempah yang terbukti memiliki potensi menurunkan tekanan darah, menurut hasil dari hewan dan penelitian manusia.

Kacang-kacangan

tekanan darah
Sumber: pixabay.com

Kacang-kacangan kaya akan nutrisi yang membantu mengatur tekanan darah, seperti serat, magnesium, dan potasium. Sehingga, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi. Kacang-kacangan secara signifikan dapat menurunkan tingkat tekanan darah rata-rata pada orang dengan dan tanpa hipertensi.

Seledri

Sumber: pixabay.com

Seledri adalah sayuran terkenal yang memiliki efek positif pada tekanan darah. Ini mengandung senyawa yang orang sebut phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah.

Studi yang sama yang mengaitkan asupan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah menemukan bahwa pada antara sayuran matang yang biasa Anda konsumsi, asupan seledri yang matang secara signifikan terkait dengan penurunan tekanan darah.

Bayam

Sumber: pixabay.com

Seperti bit, bayam mengandung nitrat yang tinggi. Bayam juga penuh dengan antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Brokoli

Sumber: pxhere.com

Brokoli terkenal karena banyak efek menguntungkannya bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda. Brokoli penuh dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda.

Wortel

Sumber: pxhere.com

Wortel adalah sayuran bergizi yang ada dalam makanan banyak orang. Wortel kaya akan asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Dan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda. Meskipun wortel bisa Anda nikmati dalam keadaan matang atau mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Biji Labu

Sumber: pixabay.com

Biji labu mungkin kecil, tetapi sangat bermanfaat dalam hal nutrisi. Mereka adalah sumber nutrisi terkonsentrasi yang penting untuk mengontrol tekanan darah, termasuk magnesium, potasium, dan arginin, asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat, yang penting untuk relaksasi pembuluh darah dan pengurangan tekanan darah. Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk tekanan darah tinggi.

Kacang Pistachio

Sumber: pixabay.com

Pistachio sangat bergizi, dan konsumsinya telah dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang sehat. Mereka tinggi dalam sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan jantung dan pengaturan tekanan darah, termasuk potasium. Asupan kacang pistachio memiliki efek terkuat dalam mengurangi tekanan darah.

Yogurt Yunani

Sumber: freeimageslive.co.uk

Yoghurt Yunani adalah susu padat bernutrisi yang dicampur dengan mineral-mineral yang dapat membantu mengatur tekanan darah, termasuk kalium dan kalsium. Mengkonsumsi yogurt Yunani akan berpengaruh dengan 5% pengurangan risiko hipertensi untuk Anda.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tau 10 makanan untuk menurunkan tekanan darah Anda. Anda dapat membeli alat Oximeter Pulse Fingertip dari Sowell. Sowell adalah brand yang menjual alat kesehatan terpercaya untuk Anda dan keluarga. Produk-produk Sowell mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, mudah dan praktis digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan Anda.

Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721

Ini adalah metode ekonomis dan akurat yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi denyut nadi dan darah saturasi oksigen dengan ujung jari. Dengan alat ini, Anda dapat mengukur kesehatan denyut nadi, detak jantung, dan oksigen Anda setiap harinya. Lengkap dengan layar LCD yang akan memudahkan Anda meilhat hasil tes Anda dengan jelas dan akurat. 

Sowell Termometer Telinga Sdt-350

Sowell Termometer Telinga ini berfungsi untuk mengukur suhu dalam telinga Anda, spesifiknya pada gendang telinga. Termometer digital ini lengkap dengan sinar infrared yang aman untuk Anda gunakan sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat. Dan terakhir, termometer ini mempunyai desain yang ergonomis dan akan nyaman saat Anda genggam dan gunakan. 

Produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!