33 Jenis Ikan Koki Beserta Harga dan Cara Perawatannya

0
137588
Jenis ikan koi

Ada berbagai jenis ikan koki yang dapat menjadi hewan peliharaan air tawar. Apalagi, perawatan ikan satu ini cukup mudah. Kita hanya perlu menjaga kebersihan akuarium dan rutin memberikan makanan setiap harinya.

Selain itu, meletakkan akuarium berisi ikan koki di ruang keluarga bisa menciptakan suasana rumah jadi terasa lebih hidup. Tak heran, ikan koki jadi favorit banyak orang. 

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Jenis Ikan Koki?

Berikut beberapa jenis ikat koki yang bisa kamu pelihara di rumah. 

1. Jenis Ikan Mas Koki Ryukin

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lerdsuwa

Ikan mas koki ryukin berasal dari Jepang dan terkenal karena bentuknya yang lucu. Soalnya, ikan ini memiliki tubuh yang pendek dengan pundak, serta sirip lebar.

Ikan yang cukup langka ini memiliki nama lain Fringetail, Ribbontail Jepang, Veiltail, dan Fantail. Harga ikan koki ryukin bisa kamu beli dengan kisaran Rp100 ribuan.

2. Ikan Mas Koki Black Moor

jenis ikan koki
Sumber: Gerava.com

Sesuai namanya, tubuh ikan koki black moor berwarna hitam pekat dengan mata besar yang menonjol. Ikan ini dapat tumbuh hingga 15 cm dan hidup mencapai usia 25 tahun. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp200 ribuan.

3. Ikan Mas Koki Bubble Eye

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lerdsuwa

Ingin memelihara ikan yang bentuknya unik? Bila ya, maka kamu bisa pilih yang jenisnya bubble eye. Ikan ini memiliki dua balon pada kedua sisi pipinya. Namun, balon tersebut membuat ikan bubble eye sensitif terhadap benturan.

Ikan bubble eye sendiri hadir dengan aneka warna, seperti putih dan oranye. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp135 ribuan per ekornya.

4. Ikan Mas Lionhead

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lawrencekhoo

Ikan mas lionhead terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki jambul pada kepalanya. Saat dewasa, jenis ikan koki ini bisa tumbuh hingga 16 cm. Buat kamu yang ingin merawatnya, ikan ini bisa dibeli dengan harga Rp50 ribuan. 

5. The White Telescope

jenis ikan koki
Sumber: Pinterest/Cheryln Gordon

Jenis ikan koki white telescop mempunyai warna tubuh yang cantik dan mata kecil menonjol. Dengan panjang 5-20 cm, kamu bisa mendapatkan ikan ini di kisaran harga Rp10 ribu hingga Rp1 jutaan. 

6. Fancy Telescope Goldfish

jenis ikan koki
Sumber: Aquadiction

Fancy telescope goldfish memiliki nama lain ikan mata naga karena penampilan matanya yang melotot seperti naga. Hadir dengan kombinasi warna kekuningan dan putih , jenis ikan mas koki ini seharga Rp20 ribuan saja.

7. Ikan Mas Koki Fantail

jenis ikan koki
Sumber: Akuarium Ikan Hias

Ikan satu ini terkenal karena ekor kipasnya yang mengembang dengan sirip tinggi. Warna tubuhnya juga memiliki perpaduan antara perak dan kekuningan. Buat para penggemar ikan hias, kamu bisa mendapatkan ikan ini dengan harga Rp30 ribuan.

8. Fancy Panda

jenis ikan koki
Sumber: Aquarium Central

Sesuai namanya, ikan fancy panda memiliki warna hitam dan putih yang menempel pada tubuhnya yang bulat. Oleh sebab itu, ikan ini cukup langka dan dibanderol dengan harga Rp100 ribuan per ekornya.

9. Fancy and Hardy Japanese Shubunkins

jenis ikan koki
Sumber: Fishkeeping World

Ikan dengan karakter kuat dan lincah ini memiliki corak yang cantik dan berasal dari negeri Sakura, Jepang. Kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10 ribuan. 

10. The Fancy Pearlscale or Chinshurin

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lawrencekhoo

Jenis ikan koki berikutnya adalah the fancy pearlscale atau chinshurin yang sisiknya berwarna kuning, putih, dan merah. Panjang tubuhnya mencapai 5-7 cm dan bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp25 ribuan.

11. The Curled-Gill

jenis ikan koki
Sumber: Hepper

Berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan koki jenis curled-gill sangat unik karena memiliki bentuk insang yang terbalik. Hewan air ini dapat tumbuh sampai 10 cm saat dewasa dengan tubuh warna silver mencolok. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp50 ribuan.

12. Celestial Goldfish

jenis ikan koki
Sumber: Animal-World

Ikan celestetial goldfish mempunyai bentuk mata yang menonjol, menghadap atas, dan tidak memiliki sirip punggung. Inilah yang membuat mereka tidak memiliki penglihatan dan kemampuan berenang yang baik. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp20 ribuan.

13. Ikan Mas Koki Shubunkin

jenis ikan koki
Sumber: Infoikan.com

Ikan yang dipenuhi dengan warna cantik, seperti putih, oranye, dengan pola hitam ini membuat shubunkin populer. Untuk harga jualnya sendiri sekitar Rp25 ribuan setiap ekornya.

14. Ikan Mas Koki Oranda

jenis ikan koki
Sumber: Youtube/Arsipedia Id

Sekilas, ikan ini terlihat menyerupai lionhead yang memiliki gumpalan merah di kepalanya. Namun, jika dilihat lebih dekat, ikan koki oranda memiliki ekor yang lebih panjang dengan warna putih pekat mendominasi. Kamu bisa membelinya seharga Rp50 ribuan.

15. Ikan Mas Mutiara

jenis ikan koki
Sumber: Gerava.com

Ikan mas mutiara memiliki bentuk tubuh yang lucu. Tidak heran bila ikan mas mutiara cocok menjadi salah satu penghuni akuarium yang menggemaskan. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp10 ribu sampai Rp50 ribuan saja. 

Baca Juga:   Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula, Untung Besar!

16. Ikan Mas Koki Ranchu

jenis ikan koki
Sumber: Gerava.com

Jenis ikan koki ini masih tergolong baru di Indonesia, tetapi mampu hidup selama 10 tahun. Ciri khasnya terletak di sisik dan bentuk tubuh yang agak membungkuk. Ikan hias ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp30 ribuan.

17. Ikan Mas Koki Komet

jenis ikan koki
Sumber: ekor9.com

Ikan mas koki komet ditemukan pada akhir 1800-an. Siripnya terlihat unik karena menjuntai panjang  dengan ukuran tiga perempat dari tubuhnya sendiri.

Kamu bisa  menjadikannya sebagai koleksi. Apalagi, ikan mas koki komet ini dijual dengan harga Rp5 ribuan.

18. Ikan Koki Butterfly Tail

jenis ikan koki
Sumber: Dictio Community

Jenis ikan koki butterfly telescope memiliki ekor yang sangat cantik layaknya sayap kupu-kupu. Ikan ini termasuk yang paling langka di dunia dan panjang tubuhnya mencapai 7 cm. dengan kisaran harga Rp100 ribuan per ekornya.

19. Ikan Koki Tosakin

jenis ikan koki
Sumber: Dictio Community

Ingin memiliki ikan koki yang bentuk siripnya cantik dengan ekor menjuntai indah? Maka, kamu bisa pilih yang jenisnya tosakin. Selain jadi peliharaan, ikan ini juga sering dimasukkan ke dalam ajang kontes.

Harganya sendiri sekitar Rp50 ribu hingga Rp250 ribuan, tergantung dari bentuknya.

20. Ikan Koki Watonai

jenis ikan koki
Sumber: hewanpeliharaan.org

Ikan koki watonai memiliki warna tubuh keemasan yang terlihat mewah dengan bentuk tubuh proposional. Untuk memilikinya, kamu membutuhkan budget sekitar Rp200 ribuan. 

21. Ikan Koki Sakura

jenis ikan koki
Sumber: ikan.info

Ikan koki sakura sangat cantik dan populer karena ada perpaduan warna layaknya bunga sakura. Selain itu, bentuknya juga unik dan menggemaskan dengan kisaran harga Rp50 ribu. 

22. Ikan Koki Calico

jenis ikan koki
Sumber: Dictio Community

Ikan kok calico merupakan ikan langka dengan tubuh yang memadukan warna oranye, putih, dan cokelar. Selain itu, hewan air ini memiliki sirip yang memanjang dengan kepala kecil. Harganya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp30 ribuan.

23. Ikan Koki Wakin

jenis ikan koki
Sumber: Gribig.id

Sekilas, ikan ini memiliki tampilan yang lucu menyerupai ikan koi. Namun, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil atau mungil. Jenis ikan koki ini dijual dengan harga Rp20 ribu hingga Rp50 ribuan. 

24. Ikan Koki Choten Gen

Tidak kalah unik dengan yang lainnya, ikan koki choten gen mempunyai ekor yang menjuntai dan mata melotot menghadap ke atas. Selain itu, ikan ini hanya memiliki satu warna pada tubuhnya. Harga per ekornya mencapai Rp100 ribuan. 

25. Ikan Mas Koki Meteor

jenis ikan koki
Sumber: ekor9.com

Ikan hias ini memiliki daya tarik tersendiri karena bentuk tubuhnya yang bulat ke bawah tanpa sirip. Apalagi, warna tubuhnya memadukan tiga warna mewah, antara lain hitam, emas, dan perak.

Saat dewasa, ikan ini bisa mencapai 5-7 cm dan dijual dengan harga Rp10 ribu.

26. Ikan Mas Koki Ekor Mackerel

Jenis ikan koki lainnya yang berasal dari Jepang adalah ekor mackerel. Hewan air ini memiliki panjang 5-10 cm dengan bentuk ekor seperti menjuntai. Karena keunikannya, ikan satu ini berkisar Rp45 ribuan.

27. Ikan Mas Koki Telur (The Egg-Fish)

Ikan unik ini dapat tumbuh mencapai 20 cm dengan warna kuning atau oranye yang mendominasi di seluruh bagian tubuhnya. Kamu bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp10 ribu.

28. Hana Fusa

jenis ikan koki
Sumber: Tropical Fish Keeping

Dari sekian jenis ikan koki, hana fusa memiliki warna yang pucat dan mirip dengan ikan mas koki ekor kipas. Keunikannya terletak pada daging yang menumpuk di bagian lubang hidungnya. Harga ikan ini berkisar Rp30 ribuan.

29. Telescope Eye

jenis ikan koki
Sumber: Badman’s Tropical Fish

Dari bentuk tubuhnya, ikan koki telescope eye memang mirip dengan beberapa jenis lainnya. Namun, ikan ini memiliki keunikan berupa perutnya yang menggembung. Kamu bisa membeli ikan ini dengan harga kisaran Rp26 ribu.

30. Ikan Mas Koki Jumbo

Jika dilihat dari ukurannya, ikan mas koki jumbo punya tubuh yang cukup besar. Bahkan, bobotnya bisa mencapai dua kali lipat daripada ikan koki biasa. Untuk itulah, ikan ini dijual dengan harga Rp150 ribuan.

31. Ikan Mas Koki Mini

Berbanding terbalik dengan jenis ikan sebelumnya, jenis koki ini mempunyai ukuran kecil yang tidak dapat bertumbuh besar. Untuk harganya sendiri sangat bervariatif, yaitu sekitar Rp20 ribu sampai Rp35 ribu.

32. Hama Nishiki Goldfish

Ikan koki jenis hama nishiki goldfish merupakan hasil silang antara pearlscale dan oranda. Jadinya, ikan ini memiliki bentuk sisik menyerupai mutiara dengan sirip panjang, serta konde di kepala.

33. Jikin Goldfish

jenis ikan koki
Sumber: Petgoldfish.net

Terakhir, masih berasal dari Jepang, ikan jikin goldfish memiliki keindahan yang luar biasa karena warna oranye menyala di siripnya. Apalagi, ekornya pun juga mengembang, seperti ekor merak.

Baca Juga:   Istilah Warna Bulu Kucing dan Makna di Baliknya, Sudah Tahu?

Itu dia 33 jenis ikan koki dengan harganya yang terjangkau sehingga cocok buat kamu rawat di akuarium rumah.

dapatkan Perlengkapan memelihara ikan hemat hingga 50% klik di sini 

Nah, buat kamu yang ingin atau baru saja memelihara ikan di rumah, wajib memiliki beberapa perlengkapan berikut ini. 

 

jenis ikan koki
Boyu Set Akuarium Dan Kabinet Xf-80 – Putih

Beli di sini

jenis ikan koki
Aquascape Hiasan Akuarium Kayu Bonsai

Beli di sini

jenis ikan koki
Filter Akuarium Cata-pure Hydra 4 Pcs

Beli di sini

jenis ikan koki
Boyu Filter Kolam Ikan Efu-15000a

Beli di sini

jenis ikan koki
Jbl Novocolor Makanan Ikan 250ml

Beli di sini

jenis ikan koki
Hikari Makanan Ikan Algae Wafer 82 Gr

Beli di sini

Yuk, belanja perabot rumah tangga hanya di ruparupa dan dapatkan berbagai penawaran menarik. Temukan kategori terbaik ruparupa atau produk incaranmu dari list kategori di bawah ini:

Top Kategori Furnitur

Sofa | Rak Besi | Kursi Kantor | Kursi Kerja | Meja Kerja | Meja Kantor | Rak | Sofa Bed | Lemari Pakaian | Kitchen Set | Meja | Tempat Sampah Stainless | Kursi Belajar | Meja Makan | Stool | Kursi Kafe | Furniture | Meja Belajar | Sofa Recliner | Meja Anak | Meja Rias | Meja Komputer | Meja Sekolah | Meja Direktur | Meja Rapat | Meja Sisi | Sofa 1 Dudukan | Sofa 2 Dudukan | Kursi Staff | Lemari Kantor | Kursi Sekolah | Meja Sekolah | Kabinet Kantor Kursi Outdoor | Lemari Arsip

Top Kategori Rak & Penyimpanan

Rak Buku | Lemari Buku | Rak Gantung | Rak Dinding | Rak Susun | Rak Kawat | Rak Tingkat | Rak Troli | Rak Multifungsi | Rak Serbaguna | Rak Kayu | Rak Piring | Rak Dapur | Rak Sepatu | Rak Sepatu Gantung | Rak Sepatu Kaca | Rak Sepatu Minimalis | Brankas Besi | Tempat Penyimpanan | Brankas | Laci Pakaian

Top Kategori Elektronik & Gadget

Informa Electronics | Tv Led | Televisi | Toko Elektronik | Air Purifier | Lampu Led | Lampu Outdoor | Lampu Indoor | Elektronik Rumah Tangga | Lampu Dinding | Lampu Dinding Outdoor | Lampu Sorot Dan Downlight | Kulkas | Air Conditioner (Ac) | Lampu Gantung | Lampu Taman Outdoor | Lampu Led Krisbow | Krisbow Sync Smarthome

Top Kategori Perlengkapan Rumah Tangga

Peralatan Rumah Tangga | Jemuran Baju | Vacuum Cleaner | Blower | Kipas Angin | Kipas Angin Berdiri | Kipas Angin Gantung | Kipas Angin Meja | Kipas Angin Portable | Vacuum Cleaner | Pompa Booster | Selimut | Sprei | Karpet | Permadani | Hiasan Dinding | Hiasan Rumah | Dekorasi Dinding | Dekorasi Rumah | Gorden | Tirai | Tirai Pintu | Tangga | Wallpaper Dinding | Kotak Penyimpanan Barang | Kotak Makan | Tempat Tisu | Tempat Lilin | Ember Pel | Koper | Lili | Cermin Dinding | Bean Bag | Treadmill | Troli | Alat Penghisap Debu | Bor Listrik | Perlengkapan Fitness | Tungku Aromaterapi Elektrik | Hanger Besi | Hanger Stand | Gantungan Baju Berdiri | Gantungan Baju Besi | Gantungan Baju Dinding Unik | Gantungan Baju Kayu | Gantungan Kayu | Hanger Plastik | Hanger Kayu | Hanger Plastik | Meja Laptop | Meja Laptop Portable | Meja Tamu | Meja Setrika | Meja Cafe | Meja Gaming | Meja Tv | Meja Lipat | Meja Taman | Meja Teras | Tangga Lipat | Aksesoris Rumah | Jam Dinding

Top Kategori Perlengkapan Kamar & Mandi

Tempat Tidur | Matras | Kasur | Spring Bed | Bed Cover | Bantal | Bantal Alas Duduk | Sprei | Karpet | Permadani | Kursi Teras | Kursi Santai | Kursi Taman | Aksesoris Kamar Mandi | Dipan | Keran Air | Shower

Top Kategori Dapur

Kitchen Set | Kabinet Dapur | Wajan | Blender | Rice Cooker | Teko Listrik | Panci | Kompor Gas | Kotak Makan | Toples | Alat Masak | Alat Pemanggang | Tempat Sampah Stainless | Peralatan Minum | Lemari Dapur

Top Kategori Peralatan Kesehatan

Alat Pijat | Peralatan Diagnosa | Alat Penopang Tubuh | Kebutuhan Pasien | Perlengkapan Rumah Sakit | Kursi Roda