Jenis ikan koki adalah salah satu peliharaan hias air tawar yang populer di Indonesia, karena tampilannya yang cantik dan memiliki perawatan yang mudah. Sehingga tidak mengherankan kalau banyak orang menjadikannya primadona.

Saat ini sendiri sudah banyak jenis maupun warna beragam yang dapat Ruppers miliki. Apa saja itu?

Jenis Ikan Koki

Aquarium
Beli Perlengkapan Aquarium Lengkap untuk ikan Mas Koki di Ruparupa

Yuk, cari tahu jenis Ikan hias yang memiliki tampilan lucu dan menambah keindahan akuarium

Promo Aktivitas Menarik untuk liburan di Rumah

Jenis Ikan Mas koki Ryukin – ( Rp 100.000)

Jenis ikan koki Ryukin
Source: Dictio Community

Ikan mas koki ryukin berasal dari Jepang dan terkenal karena bentuknya yang lucu seperti Koi. Memiliki tubuh yang pendek, dengan pundak serta sirip yang lebar. Masuk dalam golongan ikan langka dan memiliki nama lain Fringetail, Ribbontail Jepang, Veiltail, dan Fantail.

Ikan Mas Koki Black Moor – (Rp 200.000)

Ikan Mas Koki Black Moor
Source : Azgardens

Memiliki ciri khas dengan tekstur halus, berwarna hitam pekat serta mata yang lebih menonjol, membuat hewan ini tetap menawan meskipun berpadu dengan jenis ikan koki lainnya di akuarium.

Lebih dari itu hewan air dengan nama lain Black Telescop ini bisa tumbuh besar hingga 15 centimeter dan mencapai usia dari 6 sampai 25 tahun.

Ikan Mas Koki Bubble Eye – ( Rp 135.000)

Jenis Ikan Mas Koki Bubble Eye
Source: Wikipedia

Memiliki bentuk yang lucu dan menggemaskan dengan dua balon pada dua bagian sisi pipinya. Namun karena bentuk mata yang seperti inilah membuat hewan ini sensitif terhadap benturan, yang mana dapat menyebabkan infeksi.

Ikan Bubble Eye sendiri hadir dengan aneka warna putih, orange, dan kuning. Serta memiliki panjang mencapai 3-4 inci, dan dibandrol dengan harga Rp135 ribu/ ekornya.

Ikan Mas Lionhead(Rp 50.000)

Jenis Ikan Mas Lionhead
Source: Dunia Laut

Masuk dalam kategori populer di Nusantara karena ciri khasnya yang unik yaitu buah berry yang ada pada bagian kepalanya, serta tidak memiliki sirip atas. Keunikan ini sendiri muncul akibat adanya perkawinan silang lionheads dan ranchus asal Thailand.

Saat dewasa jenis ikan koki ini  bisa mencapai panjang 10-16 centimeter, dengan varian yang cukup beragam. Namun yang paling populer adalah ikan berwarna kuning pucat dan putih, yang biasanya berkisar antara Rp 50.000.

The White Telescop – (Rp.1000.000)

Ikan koki the white telescope
Source: Liputan 6

Dari namanya ikan mas koki ini sendiri sudah unik bukan? bahkan Ruppers bisa langsung menebak ciri khas ikan hias ini tanpa harus diberikan clue lagi.

Menjadi salah satu hewan air yang populer karena warnanya yang cantik dan mata menonjol. Dengan panjang yang mencapai 5-20 cm loh. Untuk memilikinya kamu harus mempersiapkan budget sekitar Rp10.000 – Rp1.000.000

Fancy Telescope Goldfish – (Rp 20.000)

Fancy Telescope Goldfish atau mata naga
Source: Tropicalifish

Memiliki nama lain mata naga atau ikan mas koki mata globe. Nama ini sangat sesuai dengan penampilan matanya yang melotot keluar seperti naga.

Hadir dengan kombinasi warna kuning dan putih yang cantik, serta bentuk unik. Untuk harga sendiri, jenis ikan mas koki ini sekitar Rp 20.000 saja.

Ikan Mas Koki Fantail – (Rp.30.000)

Ikan Mas Koki Fantail
Source: YouTube/A. Eliza

Merupakan varietas barat dari ikan mas koki Ryukin, yang punya sirip tinggi juga ekor yang empat kali lebih panjang dari tubuhnya.Terkenal karena ekor kipasnya yang mengembang dan masuk dalam golongan primadona di kalangan pecinta ikan hias.

Keunggulan lainnya dari hewan air ini adalah perpaduan warna perak dan kuning yang mendominasi juga kemudahan dalam perawatan maupun perkembangbiakan-nya. Ikan yang memiliki ukuran tubuh dari 10 -15 cm ini, dibandrol dengan harga 30.000/ekornya.

Fancy Panda – (Rp. 100.000)

Ikan koki fancy panda
Source: Liputan 6

Pasti ketebak dong kenapa ikan ini diberi nama Fancy Panda? apalagi kalau bukan karena warnanya hitam dan putih yang menempel pada tubuhnya. Berbeda dengan jenis lainnya, ikan ini masuk dalam kategori langka dan dibandrol dengan harga Rp100.000/ekornya.

Ciri khasnya adalah tubuh yang bulat tapi tidak lonjong, dan dapat mencapai panjang hingga 20-30 cm.

Fancy and Hardy Japanese Shubunkins – (Rp.10.000)

Fancy and Hardy Japanese Shubunkins
Source: fishkeepingworld

Hewan dengan karakter kuat dan lincah ini memiliki warna corak yang cantik. Memiliki nama lain ikan mas koki brokat merah dan merupakan jenis ikan hias yang berasal dari negeri Sakura. Hewan yang bisa mencapai panjang 3- 20 cm ini memiliki harga jual berkisar 7.000 rupiah.

The Fancy Pearlscale or Chinshurin – (Rp.25.000)

The Fancy Pearlscale or Chinshurin goldfish
Source: Bestfishguide

Jenis ikan koki berikutnya adalah The Fancy Pearlscale atau Chinshurin yang mempunyai ciri khas pada bagian sisiknya. Memiliki warna kuning, putih, merah bahkan kombinasi ketiganya yang mana membuat ikan ini cantik bak perhiasan di laut. Untuk memiliki hewan air yang bisa mencapai ukuran 5-7 cm ini kamu harus mengocek budget 25.000 ribu rupiah.

The Curled-Gill – (Rp.50.000)

The Curled-Gill goldfish
Source: Liputan 6

Berbeda dengan ikan hias lainnya, jenis ini sangat unik karena memiliki bentuk insang yang terbalik atau biasanya disebut sebagai Reversed-Gill Goldfish.

Hewan air yang dapat tumbuh dari 7- 10 cm saat dewasa, mempunyai warna silver yang mencolok sehingga membuat harga ikan mas koki ini cukup tinggi yaitu sekitar 50.000 rupiah.

Celestial Goldfish – (Rp 20.000)

Celestial Goldfish
Source: Fish, Tanks and Pods

Salah satu jenis ikan yang unik karena matanya yang menonjol  menghadap atas dan tidak memiliki sirip punggung. Karena hal inilah akhirnya membuat jenis ikan hias ini tidak memiliki penglihatan dan kemampuan berenang yang baik. Untuk memiliki hewan hias ini kamu harus mengocek budget sekitar 20.000 rupiah/ekornya.

Ikan Mas Koki Shubunkin – (Rp.25.000)

Ikan Mas Koki Shubunkin
Source: Fancy Goldfish

Ikan yang memiliki banyak warna cantik seperti putih, oranye dengan pola hitam yang terdapat pada tubuhnya membuat jenis ini populer. Untuk harga jual sendiri masuk dalam golongan harga sedang yaitu 25.000 rupiah untuk setiap ekornya.

Ikan Mas Koki Oranda – (Rp.50.000)

Ikan Mas Koki Oranda
Source: Fishkeeping World

Sekilas terlihat seperti jenis lionhead yang memiliki gumpalan merah pada bagian kepala. Namun jika dilihat lebih dekat, hewan hias ini memiliki ekor yang lebih panjang dan warna putih pekat yang mendominasi.

Karena faktor inilah akhirnya ikan yang bisa tumbuh dari 5- 10 cm ini, memiliki banyak penggemar serta dijual dengan harga yang lebih tinggi yakni sekitar 50.000.

Ikan Mas Mutiara – (Rp 50.000)

Jenis Ikan Mas Mutiara
Source: Okezone

Memiliki bentuk tubuh yang lucu dan warna unik, membuat ikan mas mutiara cocok menjadi salah satu penghuni akuarium. Belum lagi sisiknya yang bulat seperti perhiasan membuat hewan air satu ini lucu dan menggemaskan. Untuk harga sendiri dijual dengan harga kisaran 10.000 -50.000 rupiah.

Ikan Mas Koki Ranchu – (Rp.30.000)

Ikan Mas Koki Ranchu
Source: Ranggaku

Jenis ikan koki ini masih tergolong baru di Indonesia. Memiliki ciri khas seperti sisik seperti mutiara dan bentuk tubuh yang agak membungkuk. Serta mampu hidup selama 10 tahun dengan ukuran mencapai 30 cm.

Ikan hias dengan jambul di kepalanya memiliki tampilan cantik dan warna yang mencolok, sehingga tidak mengherankan kalau untuk memilikinya kamu perlu mengeluarkan budget 30.000/ekornya.

Ikan Mas Koki Komet – (Rp.100000)

Ikan Mas Koki Komet
Source: Merdeka

Jenis hewan air yang populer berikutnya adalah ikan mas koki komet. Berasal dari wilayah negara bagian Washington pada akhir 1800-an, yang memiliki banyak variasi seperti orange metalik.

Sekilas memang mirip dengan ikan mas pada umumnya namun coba perhatikan lebih dekat, terlihat jelas kalau jenis hewan ini memiliki sirip yang menonjol dan menjuntai panjang yang mana mencapai lebih dari tiga perempat ukuran tubuhnya sendiri. Untuk menjadikannya salah satu koleksi kamu harus membelinya dengan harga mulai dari Rp 5000.

Ikan Koki Butterfly Tail – (Rp.100.000)

Ikan Koki Butterfly Tail
Source: bangaloreaquarium

Memiliki ekor yang sangat cantik layaknya sayap kupu-kupu. Sehingga tidak mengherankan jika memiliki nama lain Butterfly Telescope.  

Jenis ini merupakan salah satu jenis ikan terlangka di dunia, dan bisa mencapai panjang tubuh hingga 5 – 7 cm. Masuk dalam kategori hewan air yang cukup mahal yaitu berkisar 90.000 – 100.000 ribu/ekornya.

Ikan Koki Tosakin – (Rp 250.000)

Jenis Ikan Koki Tosakin
Source: Praticalfishkeeping

Untuk hewan air ini bukan saja cocok untuk menjadi penghias akuarium, tapi juga kontes. Hal ini terjadi karena bentuk siripnya yang cantik dan ekor yang menjuntai indah. Bicara soal harga terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 50.000 – 250.000 rupiah.

Ikan Koki Watonai – (Rp 200.000)

Ikan Koki Watonai
Source: Pinterest

Merupakan salah satu ikan dengan warna tubuh keemasan yang mewah karena memiliki bagian tubuh dengan warna kuning keemasan. Tergolong sebagai jenis hewan air yang mewah, dengan bentuk tubuh yang proposional. Untuk memilikinya kamu harus mengocek budget hingga 200.000 ribu rupiah untuk memilikinya. 

Ikan Koki Sakura – (Rp 50.000)

Ikan Koki Sakura
Source: Pinterest

Sangat cantik dan populer karena memiliki perpaduan warna layaknya bunga sakura. Selain itu bentuknya yang unik juga menjadi penyebab mengapa ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar 50.000 rupiah. 

Ikan Koki Calico – (Rp.30.000)

ikan calico
Source: Pinterest

Merupakan ikan yang langka, serta memiliki warna yang sangat indah yaitu perpaduan tiga warna orange, putih dan coklat. Selain itu hewan air ini memiliki sirip yang memanjang dan kepala yang kecil. 

Cocok sebagai penghias akuarium dengan harga yang cukup terjangkau yaitu 30.000 rupiah.

Ikan Koki Wakin – (Rp 50.000)

wakin goldfish
Source: Samurai-goldfish

Sekilas ikan ini memiliki tampilan yang lucu, bulat dan memanjang seperti ikan koi. Namun jika diperhatikan lebih dekat keduanya sangat berbeda bahkan dari warna sekalipun. Umumnya jenis ikan koki ini dijual dengan harga 20.000 hingga 50.000 rupiah. 

Ikan Koki Choten Gen – (Rp 100.000)

Ikan Koki Choten Gen
Source: Pinterest

Hewan air dengan ekor yang menjuntai dan mata melotot menghadap ke atas, membuatnya semakin unik dan menarik untuk kamu miliki. Dari banyaknya jenis yang ada, ikan ini hanya memiliki satu warna pada tubuhnya. Dibandrol dengan harga 50.000 – 100.000 rupiah bergantung dengan ukuran hewan tersebut.

Ikan Mas Koki Meteor – (Rp.10.000)

Ikan Mas Koki Meteor
Source: Pinterest

Memiliki bentuk tubuh yang bulat ke bawah tanpa sirip, serta ciri khasnya seperti warna hitam, emas dan perak yang berpadu membuat ikan hias ini memiliki daya tarik tersendiri. Saat dewasa ikan ini bisa mencapai 5-7 cm dan dijual dengan harga 10.000 rupiah.

Ikan Mas Koki Ekor Mackerel – (Rp 50.000)

Source: Fishkeepingnews

Jenis ikan lainnya yang berasal dari Jepang dengan memiliki bentuk dan warna yang sangat unik. Hewan air yang memiliki panjang 5-10 cm ini memiliki bentuk tubuh seperti Ryukin, dan ekor seperti mackerel. Karena keunikan inilah membuat harga Ikan Mas Koki Tamasaba mencapai Rp 45.000

Ikan Mas Koki Telur (The Egg-Fish) – (Rp10.000)

Ikan Mas Koki Telur (The Egg-Fish)
source: Kingkoigoldfish

Memiliki bentuk tubuh bulat dan tidak memiliki sirip. Dapat tumbuh mencapai hingga 20 cm dengan warna kuning yang mendominasi pada seluruh bagian tubuhnya. Untuk memilikinya kamu harus mengocek budget 10.000 rupiah.

Hana Fusa – (Rp. 30.000)

Hanfusa goldfish
Source: Wikimedia

Dari sekian jenis yang ada ikan mas koki hana fusa memiliki warna yang pucat dan  mirip dengan ikan mas koki ekor kipas. Salah satu yang unik adalah daging yang menumpuk seperti di Raspberry pada bagian lubang hidungnya. Harga jual ikan ini sendiri berada pada kisaran Rp30.000

Telescope Eye – (Rp.30.000)

Telescope Eye
Source: Wikimedia

Serupa tapi tak sama dengan ikan mas koki hitam, karena terdapat perbedaan yang mencolok dengan perpaduan warna putih, hitam dan emas pada bagian tubuhnya. Umumnya ikan ini ditawarkan dengan harga 26.000 rupiah

Ikan Mas Koki Jumbo – (Rp.150.000)

Source: Elsmeraaquarium

Merupakan salah satu jenis ikan mas koki terbesar yang pernah ada, bahkan dua kali lipat daripada ikan koki pada umumnya. Karena ukurannya yang besar kamu harus mengocek budget 150.000 ribu.

Ikan Mas Koki Mini – (Rp 35.000)

Source: Caringpets

Berbanding terbalik dengan jenis ikan sebelumnya, jenis koki ini mempunyai ukuran mini yang tidak dapat bertumbuh besar. Untuk harganya sendiri sangat bervariatif mulai dari 20.000- 35.000 ribu rupiah.

Hama Nishiki Goldfish – (Rp.100.000)

Ikan hasil silang antara pearlscale dan oranda, sehingga memiliki bentuk sisik seperti mutiara namun dengan sirip yang lebih panjang, hingga ‘konde’ di kepala.

Jikin Goldfish

Hewan air yang berasal dari Jepang dan memiliki keindahan yang luar biasa. Hal ini terlihat dari ekornya yang mengembang seperti ekor merak.

Cara merawat Ikan Koki

Cara merawat Ikan Koki
Source: Pixabay

Untuk membuat ikan hias dapat bertahan lama, kamu harus memperhatikan beberapa step dalam perawatannya

Memilih akurium yang tepat

Pilih akuarium yang sesuai dengan kebutuhan, dan tentunya dengan jumlah ikan yang kamu miliki. Perlu diingat jenis ikan koki memiliki sifat yang aktif, sehingga pastikan untuk memberikan ruang gerak yang cukup.

Memperhatikan Kualitas Air

Tidak semua air baik untuk ikan koki, untuk itu hindari menggunakan air PDAM, dan gunakan air tanah yang memiliki kadar ph cukup, serta amoniak rendah.

Tambahkan Sistem Filter

Filter bukan saja memiliki fungsi untuk menyaring kotoran saja, tapi juga membantu mengurai amoniak menjadi oksigen. Rekomendasi yang aman adalah gunakan kapas, zeolit, atau bioball.

Memberikan Tambahan Oksigen

Penyebab mengapa ikan hias tidak berumur panjang adalah kadar oksigen yang terlalu rendah. Sebagai solusinya gunakan aerator yang dapat memecah oksigen menjadi gelembung-gelembung kecil.

Membersihkan Akuarium Teratur

Salah satu faktor untuk membuat ikan bertahan lama adalah kebersihan akuarium. Pasalnya ada banyak kotoran seperti lumut, hingga kotoran ikan itu sendiri yang bisa menggangu kesehatan ikan.

Mengganti Air Akuarium

Ikan koki memiliki nama lain “poop machine“. Hal ini terjadi karena menghasilkan kotoran lebih banyak daripada ikan jenis biasanya. Untuk itu Ruppers perlu mengganti air akuarium untuk menghindari amoniak yang tinggi.

Itulah jenis 33 jenis ikan koki yang ada beserta perawatannya. Namun belum lengkap rasanya kalau Ruppers tidak melengkapi kebutuhan ikan hias kamu di Ruparupa yang menyediakan Akuarium & Aksesoris hingga Kolam ikan berkualitas.

Melalui platform belanja online Ruparupa kamu juga bisa mendapatkan penawaran eksklusif khusus bagi pengguna online seperti cashback, potongan harga, hingga flash sale yang diadakan dua kali dalam seminggu.

Tapi sebelum bisa mendapatkan penawaran tersebut, pastikan untuk mendaftarkan diri kamu sebagai Ruppers melalui web atau aplikasi yang tersedia pada smartphone.