33 Jenis Ikan Koki Beserta Harga dan Cara Perawatannya

0
66293
Jenis ikan koi

Ada berbagai jenis ikan koki yang dapat menjadi hewan peliharaan air tawar. Apalagi, cara perawatan ikan satu ini cukup mudah, kita hanya perlu menjaga kebersihan akuarium dan rutin memberikan makanan setiap harinya.

Tak heran, ikan koki jadi primadona buat dirawat. Dengan meletakkan akuarium yang berisi ikan koki di ruang keluarga, kamu bisa menciptakan suasana rumah jadi terasa lebih hidup. 

Ruparupa Banner

Jenis Ikan Koki

Sebelum memutuskan buat merawat ikan koki, cari tahu jenisnya dulu agar tidak salah pilih, seperti berikut ini.

1. Jenis Ikan Mas koki Ryukin

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lerdsuwa

Ikan mas koki ryukin berasal dari Jepang dan terkenal karena bentuknya yang lucu. Soalnya, ikan ini memiliki tubuh yang pendek dengan pundak serta sirip lebar.

Meskipun demikian, ikan ini termasuk dalam golongan ikan langka dan memiliki nama lain Fringetail, Ribbontail Jepang, Veiltail, dan Fantail. Harga ikan koki ryukin berkisar Rp100 ribuan.

2. Ikan Mas Koki Black Moor

jenis ikan koki
Sumber: Gerava.com

Sesuai namanya, tubuh ikan koki black moor berwarna hitam pekat dengan mata besar yang menonjol. Ikan ini dapat tumbuh hingga 15 cm dan mencapai usia 6 sampai 25 tahun. Kamu bisa mendapatkannya di harga Rp200 ribuan.

3. Ikan Mas Koki Bubble Eye

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lerdsuwa

Ingin memelihara ikan yang bentuknya unik? Bila ya, maka kamu bisa pilih yang jenisnya bubble eye. Ikan ini memiliki dua balon pada kedua sisi pipinya. Namun, adanya dua balon tersebut membuat hewan ini sensitif terhadap benturan.

Ikan bubble eye sendiri hadir dengan aneka warna, seperti putih dan oranye dengan harga Rp135 ribuan per ekornya.

4. Ikan Mas Lionhead

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lawrencekhoo

Masuk dalam kategori populer di Nusantara. ikan mas lionhead terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki jambul pada kepalanya. Saat dewasa, jenis ikan koki ini bisa tumbuh hingga 16 cm.

Buat kamu yang ingin merawatnya, ikan ini bisa dibeli dengan harga Rp50 ribuan. 

5. The White Telescope

jenis ikan koki
Sumber: Pinterest/Cheryln Gordon

Jenis ikan koki white telescop mempunyai warna tubuh yang cantik dan mata kecil menonjol. Dengan panjang 5-20 cm, kamu bisa mendapatkan ikan ini di kisaran harga Rp10 ribu hingga Rp1 jutaan. 

6. Fancy Telescope Goldfish

jenis ikan koki
Sumber: Aquadiction

Fancy telescope goldfish memiliki nama lain ikan mata naga karena penampilan matanya yang melotot seperti naga. Hadir dengan kombinasi warna kekuningan dan putih yang cantik, jenis ikan mas koki ini seharga Rp20 ribuan saja.

7. Ikan Mas Koki Fantail

jenis ikan koki
Sumber: Akuarium Ikan Hias

Ikan satu ini terkenal karena ekor kipasnya yang mengembang dengan sirip tinggi. Warna tubuhnya juga memiliki perpaduan antara perak dan kekuningan. Buat para penggemar ikan hias, kamu bisa mendapatkan ikan ini dengan harga Rp30 ribuan.

Baca Juga:   10 Rekomendasi Merek Diffuser Terbaik, Murah & Bagus!

8. Fancy Panda

jenis ikan koki
Sumber: Aquarium Central

Sesuai namanya, ikan fancy panda memiliki warna hitam dan putih yang menempel pada tubuhnya yang bulat. Oleh sebab itu, ikan ini cukup langka dan dibanderol dengan harga Rp100 ribuan per ekornya.

9. Fancy and Hardy Japanese Shubunkins

jenis ikan koki
Sumber: Fishkeeping World

Ikan dengan karakter kuat dan lincah ini memiliki corak yang cantik. Soalnya, jenis ikan koki ini berasal dari negeri Sakura, Jepang. Meskipun demikian, harganya masih terjangkau, lho, di kisaran Rp10 ribuan. 

10. The Fancy Pearlscale or Chinshurin

jenis ikan koki
Sumber: Wikimedia Commons/Lawrencekhoo

Jenis ikan koki berikutnya adalah the fancy pearlscale atau chinshurin yang sisiknya berwarna kuning, putih, hingga merah. Panjang tubuhnya mencapai 5-7 cm dan bisa kamu dapatkan di harga Rp25 ribuan.

11. The Curled-Gill

jenis ikan koki
Sumber: Hepper

Berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan koki jenis curled-gill sangat unik karena memiliki bentuk insang yang terbalik. Hewan air ini dapat tumbuh sampai 10 cm saat dewasa dengan tubuh warna silver mencolok. Harganya sekitar Rp50 ribuan.

12. Celestial Goldfish

jenis ikan koki
Sumber: Animal-World

Ikan celestetial goldfish mempunyai bentuk mata yang menonjol, menghadap atas, dan tidak memiliki sirip punggung. Oleh sebab itu, ikan ini tidak memiliki penglihatan dan kemampuan berenang yang baik. Namun, bentuknya tetap cantik dengan kisaran harga Rp20 ribuan.

13. Ikan Mas Koki Shubunkin

jenis ikan koki
Sumber: Infoikan.com

Ikan yang dipenuhi dengan warna cantik, seperti putih, oranye, dengan pola hitam ini membuat shubunkin populer. Untuk harga jualnya sendiri sekitar Rp25 ribuan setiap ekornya.

14. Ikan Mas Koki Oranda

jenis ikan koki
Sumber: Youtube/Arsipedia Id

Secara sekilas, mungkin ikan ini terlihat menyerupai lionhead yang memiliki gumpalan merah di kepalanya. Namun, jika dilihat lebih dekat, jenis ikan koki oranda memiliki ekor yang lebih panjang dengan warna putih pekat mendominasi.

Ikan ini bisa dibeli dengan harga Rp50 ribuan.

15. Ikan Mas Mutiara

jenis ikan koki
Sumber: Gerava.com

Memiliki bentuk tubuh yang lucu, ikan mas mutiara cocok menjadi salah satu penghuni akuarium yang menggemaskan. Kamu bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp10 ribu sampai Rp50 ribuan saja. 

16. Ikan Mas Koki Ranchu

jenis ikan koki
Sumber: Gerava.com

Jenis ikan koki ini masih tergolong baru di Indonesia, tetapi mampu hidup selama 10 tahun ke depan. Ciri khasnya terletak di sisik dan bentuk tubuh yang agak membungkuk. Ikan hias ini bisa kamu dapatkan di kisaran harga Rp30 ribuan.

17. Ikan Mas Koki Komet

jenis ikan koki
Sumber: ekor9.com

Ikan mas koki komet ditemukan pada akhir 1800-an. Siripnya terlihat unik karena menjuntai dengan panjang tiga perempat ukuran tubuhnya sendiri. Untuk menjadikannya koleksi, harga ikan ini berkisar Rp5 ribuan.

18. Ikan Koki Butterfly Tail

jenis ikan koki
Sumber: Dictio Community

Jenis ikan koki butterfly telescope memiliki ekor yang sangat cantik layaknya sayap kupu-kupu. Ikan ini termasuk yang paling langka di dunia dan panjang tubuhnya mencapai 7 cm. dengan kisaran harga Rp100 ribuan per ekornya.

19. Ikan Koki Tosakin

jenis ikan koki
Sumber: Dictio Community

Ingin memiliki ikan koki yang bentuk siripnya cantik dengan ekor menjuntai indah? Maka, kamu bisa pilih yang jenisnya tosakin. Selain jadi peliharaan, ikan ini juga cocok masuk ke ajang kontes. Harganya sendiri sekitar Rp50 ribu hingga Rp250 ribuan. 

20. Ikan Koki Watonai

jenis ikan koki
Sumber: hewanpeliharaan.org

Ikan koki watonai menjadi ikan dengan warna tubuh keemasan yang terlihat mewah dengan bentuk tubuh proposional. Untuk memilikinya, kamu membutuhkan budget sekitar Rp200 ribuan. 

21. Ikan Koki Sakura

jenis ikan koki
Sumber: ikan.info

Tak kalah terkenal, ikan koki sakura sangat cantik dan populer karena ada perpaduan warna layaknya bunga sakura. Selain itu, bentuknya juga unik dan menggemaskan dengan kisaran harga Rp50 ribu. 

Baca Juga:   4 Rekomendasi Meja Aquarium Ikan Hias Kekinian

22. Ikan Koki Calico

jenis ikan koki
Sumber: Dictio Community

Ikan kok calico merupakan ikan langka dengan tubuh yang memadukan warna oranye, putih, dan cokelar. Selain itu, hewan air ini memiliki sirip yang memanjang dengan kepala kecil. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp30 ribuan.

23. Ikan Koki Wakin

jenis ikan koki
Sumber: Gribig.id

Sekilas, ikan ini memiliki tampilan yang lucu, menyerupai ikan koi. Namun, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil atau mungil. Jenis ikan koki ini dijual dengan harga Rp20 ribu hingga Rp50 ribuan. 

24. Ikan Koki Choten Gen

Tidak kalah unik dengan yang lainnya, ikan koki choten gen mempunyai ekor yang menjuntai dan mata melotot menghadap ke atas. Selain itu, ikan ini hanya memiliki satu warna pada tubuhnya. Harga per ekornya mencapai Rp100 ribuan. 

25. Ikan Mas Koki Meteor

jenis ikan koki
Sumber: ekor9.com

Ikan hias ini memiliki daya tarik tersendiri karena bentuk tubuhnya yang bulat ke bawah tanpa sirip. Apalagi, warna tubuhnya memadukan tiga warna mewah, antara lain hitam, emas, dan perak. Saat dewasa, ikan ini bisa mencapai 5-7 cm dan dijual dengan harga Rp10 ribu.

26. Ikan Mas Koki Ekor Mackerel

Jenis ikan koki lainnya yang berasal dari Jepang adalah ekor mackerel. Hewan air ini memiliki panjang 5-10 cm dengan bentuk ekor seperti menjuntai. Karena keunikannya, ikan satu ini berkisar di harga Rp45 ribuan.

27. Ikan Mas Koki Telur (The Egg-Fish)

Terbilang unik dan cantik, ikan ini dapat tumbuh mencapai 20 cm dengan warna kuning atau oranye yang mendominasi di seluruh bagian tubuhnya. Untuk memilikinya, kamu harus mengocek budget Rp10 ribu.

28. Hana Fusa

jenis ikan koki
Sumber: Tropical Fish Keeping

Dari sekian jenis ikan koki, hana fusa memiliki warna yang pucat dan mirip dengan ikan mas koki ekor kipas. Keunikannya terletak pada daging yang menumpuk di bagian lubang hidungnya. Harga ikan ini sendiri berada pada kisaran Rp30 ribu.

29. Telescope Eye

jenis ikan koki
Sumber: Badman’s Tropical Fish

Dari bentuk tubuhnya, ikan koki telescope eye memang mirip dengan beberapa jenis lainnya. Namun, ikan ini memiliki keunikan berupa perutnya yang menggembung. Untuk mendapatkannya, harga ikan ini di kisaran Rp26 ribu.

30. Ikan Mas Koki Jumbo

Jika dilihat dari ukurannya, ikan mas koki jumbo termasuk ke yang ukurannya cukup besar. Bahkan, bobotnya bisa mencapai dua kali lipat daripada ikan koki biasa. Untuk itulah, harga ikan ini berkisar di Rp150 ribuan.

31. Ikan Mas Koki Mini

Berbanding terbalik dengan jenis ikan sebelumnya, jenis koki ini mempunyai ukuran kecil yang tidak dapat bertumbuh besar. Untuk harganya sendiri sangat bervariatif, sekitar Rp20 ribu sampai Rp35 ribu.

32. Hama Nishiki Goldfish

Uniknya, ikan koki jenis hama nishiki goldfish merupakan hasil silang antara pearlscale dan oranda. Jadinya, ikan ini memiliki bentuk sisik menyerupai mutiara dengan sirip panjang, serta konde di kepala.

33. Jikin Goldfish

jenis ikan koki
Sumber: Petgoldfish.net

Terakhir, masih berasal dari Jepang, ikan jikin goldfish memiliki keindahan yang luar biasa karena warna oranye menyala di siripnya. Apalagi, ekornya pun juga mengembang, seperti ekor merak.

Itu dia 33 jenis ikan koki dengan harganya yang terjangkau sehingga cocok buat kamu rawat di akuarium rumah.

dapatkan alat merawat ikan diskon 50% dengan

klik di sini.

Nah, buat kamu yang ingin atau baru saja memelihara ikan di rumah, kami memiliki beberapa rekomendasi barang yang perlu dimiliki, seperti berikut ini.

jenis ikan koki
Boyu Set Akuarium Dan Kabinet Xf-80 – Putih

Beli di sini

jenis ikan koki
Aquascape Hiasan Akuarium Kayu Bonsai

Beli di sini

jenis ikan koki
Filter Akuarium Cata-pure Hydra 4 Pcs

Beli di sini

jenis ikan koki
Boyu Filter Kolam Ikan Efu-15000a

Beli di sini

jenis ikan koki
Jbl Novocolor Makanan Ikan 250ml

Beli di sini

jenis ikan koki
Hikari Makanan Ikan Algae Wafer 82 Gr

Beli di sini