18 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan Tubuh

0
1569
manfaat daun afrika

Sesuai dengan namanya, Vernonia Amygdalina alias daun afrika berasal dari Afrika dan dapat ditemukan di berbagai negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia. Daun ini juga sering disebut dengan bitter leaf dikarenakan rasanya yang pahit. Walaupun begitu, ada banyak sekali manfaat daun afrika bagi kesehatan tubuh sehingga seringkali dijadikan obat herbal. 

Daun ini telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti diabetes, malaria, TBC, tipus, batu empedu, diare, hingga pencegahan kanker. 

Manfaat daun afrika bagi tubuh
Sumber : pulse.ng

18 Manfaat Daun Afrika bagi Kesehatan 

Wah, tentunya kamu jadi semakin penasaran kan sehebat apa sih manfaat daun afrika ini. Yuk simak manfaat-manfaatnya sebagai berikut. 

Mengatasi insomnia

Setelah lelah beraktivitas, tentunya kamu ingin sekali memiliki kualitas tidur yang baik dan nyenyak, namun kadang terkendala dengan insomnia atau kesulitan tidur. 

Jika kamu mengalami hal tersebut, daun ini bisa menjadi solusi untukmu loh. Minumlah larutan daun afrika di malam hari sebelum kamu tidur. Dengan begitu, tidurmu pasti dapat lebih nyenyak dan tenang.

Meredakan demam

Jika mengalami demam tinggi, daun ini juga dapat membantu mengatasinya. Daun afrika memiliki kandungan flavonoid dengan efek antioksidan yang kuat sehingga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah demam. 

Menurunkan kolesterol

Tahukah kamu kalau ternyata salah satu manfaat daun ini adalah mengontrol kolesterol ? Daun afrika dapat menurunkan kadar kolestrol jahat LDL dalam darah sampai 50 persen dan membantu meningkatkan kolesterol baik HDL. 

Menurunkan gula darah

Di dalam daun ini terkandung senyawa etanol, polifenol, tanin, dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan gula darah. Daun afrika akan mencegah produksi glukosa dalam darah setelah makan, sehingga dapat mencegah diabetes dan menurunkan gula darah secara alami

Menjaga kesehatan jantung

Daun afrika juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Omega-3 dan omega-6 yang seimbang dalam daun afrika ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Menurunkan tekanan darah

Di dalam daun afrika terkandung antioksidan dan kalium yang cukup tinggi. Hal inilah yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan menjaga kestabilannya.

Melindungi dan mengobati dari kanker prostat

Kandungan vitamin, mineral, dan flavonoid pada daun afrika dapat membantu mencegah kanker prostat. Bukan hanya mencegah, namun daun afrika juga dapat mengobati kanker prostat itu sendiri. Rutinlah minum satu gelas penuh ekstrak daun afrika empat kali sehari. Setelah meminumnya, mungkin akan sering buang air kecil dikarenakan proses pembersihan. 

ekstrak daun afrika
Sumber : steemitimages.com

Meningkatkan fungsi metabolisme tubuh

Daun afrika juga mengandung vitamin B1 yang memegang peran penting dalam menjaga metabolisme tubuh manusia. Vitamin B1 pada daun afrika dapat membantu mengoksidasi asam lemak untuk menghasilkan sintesis lipid yang merupakan proses penting bagi tubuh kita.

Melawan pneumonia

Manfaat daun afrika selanjutnya adalah dapat melawan pneumonia. Pneumonia merupakan penyakit radang paru-paru yang dapat menyebabkan penderitanya sulit bernapas, demam, batuk, dan lain-lain. Untuk melawan pneumonia, buatlah ekstrak daun afrika dan simpan di tempat yang dingin. Minum ekstrak tersebut tiga kali sehari sebanyak satu gelas. 

Menjaga kesehatan hati

Kandungan zat antioksidan dan antiradang dalam daun ini dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi hati loh. Rutinlah meminum ekstrak dari daun ini untuk mendukung kesehatan hati kamu.

Mengatasi malaria

Daun afrika memiliki kandungan plasmodik yang dapat membantu atasi penyakit malaria. Untuk mengobati malaria, daun ini dapat diolah menjadi jus atau meminum ekstraknya. 

Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Daun ini juga ternyata mengandung vitamin C dan K yang dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain itu, daun ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Melawan radikal bebas

Daun afrika juga mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh. 

Meredakan sakit perut

Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit perut, seperti sakit maag, kram menstruasi, intoleransi laktosa, dan lain-lain. Daun afrika dapat membantu meredakan sakit perut tersebut dengan hanya mengunyah batangnya dengan lembut dan menelannya.

Mengatasi jerawat dan meremajakan kulit wajah

Daun ini ternyata juga bisa digunakan untuk kecantikan loh, Ruppers! Kamu dapat membuat masker dari daun ini dan mengaplikasikannya ke wajah selama 15 menit untuk hasil yang maksimal.

Meningkatkan kesuburan

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun ini dapat meningkatkan kualitas sperma pria. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat dan mendukung pasangan yang sedang mencoba untuk hamil.

Membasmi bakteri penyebab penyakit

Daun ini mengandung zat kimia yang bersifat antibakteri sehingga ekstraknya dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi dalam tubuh. 

Menambah produksi ASI bagi ibu menyusui

Daun afrika memiliki banyak manfaat bagi para ibu hamil atau menyusui. Selain dapat membantu proses kelahiran, daun ini juga dapat merangsang produksi ASI. Hal ini akan sangat membantu bagi para ibu yang baru pertama kali menyusui.

Wah, walaupun rasanya pahit, ternyata banyak banget ya manfaat daun afrika untuk kesehatan tubuh. Kamu dapat mencobanya untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan produk-produk Sowell di Ruparupa.com ini untuk mengontrol kesehatan kamu : 

Sowell Alat Pengukur Gula Darah
Sowell Alat Pengukur Gula Darah beli di Ruparupa.com. Sekarang kamu dapat mengukur gula darah sendiri dengan alat dari Sowell ini yang hasilnya cepat dan akurat.
Sowell Pengukur Tekanan Darah
Sowell 2.35 Inci Monitor Pengukur Tekanan Darah beli di Ruparupa.com. Kontrol kesehatan tubuhmu dengan alat ukur tekanan darah secara mandiri di rumah. Alat dari Sowell ini memberikan hasil yang cepat, akurat, dan tentunya sangat canggih
Sowell Oximeter Fingertip Sdo-720
Sowell Oximeter Fingertip Sdo-720 beli di Ruparupa.com. Alat ukur kadar oksigen dalam darah hanya dari jari saja. Dilengkapi dengan struktur anti cahaya, pendeteksi detak jantung, dan hasil yang cepat dan akurat