18 Manfaat Bunga Saffron bagi Kesehatan Tubuh

0
409

Bunga saffron merupakan rempah-rempah yang berasal dari bunga Crocus Sativus. Siapa sangka, ternyata bunga cantik ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan wajah kamu. Saffron mengandung senyawa-senyawa yang berfungsi sebagai antidepresan, antiinflamasi, antikanker, dan juga membantu tingkatkan fungsi otak. 

Bunga Saffron
Sumber : itinari.com

18 Manfaat Bunga Saffron

Berikut 18 manfaat dari saffron untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah kamu : 

Memiliki antioksidan yang tinggi

Bunga saffron mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, dengan antioksidan tinggi ini dapat membantu mengurangi munculnya masalah peradangan dan risiko penyakit-penyakit kronis lain.

Mengobati gejala depresi

Saffron juga sangat bermanfaat untuk menangani penyakit mental. Ekstrak bunga saffron mampu meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan kadar dopamin dalam otak. Dengan begitu, ekstrak bunga ini dapat membantu mengobati gejala depresi. Konsumsi ekstrak saffron ini juga tetap harus melakukan terapi untuk mendukung efektivitasnya. 

Melawan sel kanker

Dalam beberapa penelitian, saffron terbukti dapat membunuh sel kanker dan menekan pertumbuhannya. Kandungan antioksidan dalam bunga ini membantu mencegah sel-sel asing dari luar yang ada dalam tubuh. 

Mengurangi gejala PMS

Bagi para wanita, mungkin sering mengalami hal ini. Premenstrual syndrome (PMS) merupakan gejala fisik ataupun emosional yang terjadi pada wanita sebelum periode menstruasi tiba. 

Saffron dapat menjadi solusi untuk mengurangi gejala-gejala PMS tersebut. Kamu juga dapat mencium bunga ini selama 20 menit untuk membantumu mengurangi rasa cemas dan menurunkan hormon stres selama masa PMS. 

Menurunkan berat badan

Tentunya setiap orang menginginkan berat badan yang ideal. Bagi kamu yang sedang dalam proses penurunan berat badan, cobalah minum suplemen saffron. Dengan mengonsumsinya, kamu dapat merasa lebih kenyang dan nafsu makanmu berkurang, sehingga berat badan dapat menurun.

Menurunkan gula darah

Bunga saffron juga ternyata dapat menurunkan gula darah dalam tubuh dengan cepat loh. Bagi penderita diabetes akan sangat cocok untuk mengonsumsi saffron ini. Selain itu, saffron dapat membantu menambah sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah dalam tubuh selalu stabil. 

Mengurangi risiko penyakit jantung

Antioksidan yang terkandung dalam saffron juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah atau arteri, sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Menurunkan kolesterol

Saffron juga dapat mengurangi lemak pada darah dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan mengonsumsi saffron, kamu dapat lebih menjaga kesehatan tubuhmu loh, Ruppers!

Meningkatkan kualitas mata

Bunga saffron mampu meningkatkan kualitas penglihatan pada orang dewasa. Saffron akan melakukan degenerasi makula terkait umur, khususnya pada orang dewasa yang sudah menua dan mulai mengalami masalah penglihatan. 

Benang Saffron
Sumber : intenseoud.com

Meningkatkan daya ingat

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak manusia juga dapat menurun. Kamu dapat mencegahnya dengan konsumsi saffron ini. Antioksidan yang terkandung dalam bunga saffron dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan daya ingat seseorang. Bunga ini juga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer pada orang dewasa yang sudah berumur. 

Meningkatkan gairah seksual

Bunga saffron juga memiliki manfaat untuk meningkatkan gairah seksual loh. Saffron dapat menjadi afrodisiak atau makanan yang dapat membantu meningkatkan gairah seksual, khususnya bagi orang yang menggunakan antidepresan. 

Pada pria, saffron akan membuat fungsi ereksi, kepuasan dan juga volume sperma meningkat. Sedangkan pada wanita, saffron dapat membuat gairah seksual dan cairan lubrikasi meningkat.

Menjaga kesehatan kulit

Bunga saffron sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Bunga ini berperan untuk menjaga kelembapan kulit, mengurangi garis-garis halus akibat penuaan dan juga mencegah bakteri penyebab munculnya jerawat.

Menjaga kebersihan mulut dan gusi pada anak

Pada anak-anak atau bayi yang belum bisa menyikat gigi sendiri, kamu mungkin harus membantu proses disinfeksinya. Kamu dapat membantu memijat gusi anak dengan bunga saffron setiap harinya untuk menjaga kebersihan mulut dan lidah mereka. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya peradangan pada mulut.

Meningkatkan kualitas sperma

Bagi pasangan yang sedang bersiap untuk memiliki momongan, mungkin dapat mencoba konsumsi bunga saffron ini. Saffron dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria sehingga jika rutin mengonsumsinya sesuai anjuran, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan kamu mendapatkan anak. 

Menghilangkan bekas jerawat dan noda hitam

Bingung mengatasi masalah jerawat ? Bunga saffron dapat menjadi solusi yang tepat buat kamu. Bunga ini mengandung antibakteri dan antiradang sehingga dapat mencegah adanya jerawat. Selain itu, kandungan antijamur pada saffron dapat membantu kamu mengurangi bekas jerawat dan menyamarkan noda hitam. 

Kamu dapat mengoleskan air saffron dengan mencampurnya dengan susu ke wajah, khususnya di bagian bekas jerawat selama 15 menit, kemudian mencucinya. 

Menghilangkan mata panda

Kamu juga dapat memanfaatkan bunga saffron untuk menghilangkan mata pandamu dengan menjadikannya masker. Dengan mengaplikasikannya secara rutin, wajahmu pasti akan lebih segar. 

Meredakan sakit perut pada anak

Anak-anak seringkali mengalami sakit perut ataupun masalah pada lambungnya akibat makan berlebihan, jam makan yang tidak beraturan, atau mungkin karena jajan sembarangan. Saffron mampu membantu proses detoksifikasi dan meredakan sakit perut pada anak dengan sifat astrigennya.

Kamu dapat mencampur saffron ini dengan susu hangat untuk membantu tenangkan otot si kecil. 

Menyembuhkan luka bakar

Kamu mengalami luka bakar? Gunakanlah saffron untuk menanganinya. Aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi pada bunga ini mampu meningkatkan re-epitelisasi pada luka bakar daripada pengobatan dengan krim. 

Nah, jadi itu tadi 18 manfaat dari bunga saffron ini untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Tertarik untuk mencobanya ? Berikut rekomendasi produk untuk membantumu mengonsumsi bunga saffron dan dapat kamu beli di Ruparupa.com :

Bear Teko Listrik
Bear Teko Listrik beli di Ruparupa.com