Waspada! Ini 7 Makanan Berbahaya bagi Anjing

0
2188
makanan berbahaya bagi anjing
Sumber: unsplash.com

Memiliki hewan peliharaan memang bisa membuat kitajadi lebih bahagia karena ada yang selalu menemani di rumah. Salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang adalah anjing. 

Namun, bila kita memelihara anjing, banyak hal yang perlu diperhatikan, termasuk makanannya. Apalagi, memberikan makanan anjing tidak boleh sembarangan. Selain makanan khusus anjing, kadang kita juga akan memberikan makanan manusia.

Ruparupa Banner

Tujuannya adalah untuk melengkapi gizi anjing kesayangan kita. Namun, apakah kamu tahu kalau tidak semua makanan manusia yang boleh dikonsumsi oleh anjing kesayangan kamu, lho.

Jika mengonsumsi makanan yang berbahaya, justru bisa membuat anjing bisa jadisakit, bahkan kemungkinan terburuknya adalah kematian. Wah, seram sekali ya, Ruppers.

Apa Saja Makanan yang Berbahaya bagi Anjing?

Pastinya kamu menginginkan yang terbaik untuk anjing kesayangan dan tidak akan membiarkannya sakit, bukan? Untuk itu, simak makanan berbahaya bagi anjing berikut ini. 

1. Susu makanan berbahaya bagi anjing

Banyak orang yang memberikan susu untuk anjing kecil. Namun, tahukah kamu kalau ternyata susu bisa sangat berbahaya bagi anjing, lho. 

Susu makanan berbahaya bagi anjing
Sumber: unsplash.com

Seiring berjalannya waktu, kemampuan anjing untuk menoleransi laktosa semakin berkurang sehingga tidak dapat mencerna susu dan produk olahannya dengan baik.

Hal tersebut bisa membuat anjing mengalami gangguan pencernaan, mulai dari muntah, diare, sakit perut, hingga masalah pada usus.

Pastinya tidak mau ‘kan hal tersebut terjadi ke anjing kesayangan kamu? Jadi, hindari memberikan anjing kesayangan produk-produk olahan susu ya, Ruppers. 

Baca Juga:   4 Rekomendasi Meja Aquarium Ikan Hias Kekinian

2. Anggur dan kismis

Siapa yang suka makan buah anggur atau nyemil kismis? Buah ini memang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, tetapi tidak untuk anjing kamu. 

Jika anjing mengonsumsi anggur atau kismis, itu bisa mengakibatkan gagal ginjal akut yang dapat menyerang tiba-tiba.

Tentunya, hal itu dapat berakibat fatal, bukan? Jadi, kalau punya stok anggur dan kismis di rumah, pastikan untuk menjauhkannya dari jangkauan anjing kamu ya, Ruppers.

Makanan berbahaya bagi anjing anggur
Sumber: unsplash.com

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah sehat yang mengenyangkan bagi manusia. Namun, tidak untuk anjing kesayangan kamu ya, Ruppers. 

Di dalam alpukat, ada kandungan zat persin yang dapat mengakibatkan diare dan muntah-muntah jika dikonsumsi anjing. Tentunya hal tersebut dapat membuat anjing kamu merasa lemas, bukan? 

Jadi, jauhkan buah alpukat, baik bagian isi, kulit, biji, hingga daunnya, dari anjing kesayangan kamu untuk menjaga kesehatannya ya, Ruppers. 

Makanan berbahaya bagi anjing alpukat
Sumber: unsplash.com

4. Coklat

Camilan manis yang lezat satu  ini ternyata tidak boleh diberikan kepada anjing kesayangan kamu, lho. 

Baik cokelat dalam bentuk susu, batangan, hingga selai, ternyata bisa menjadi racun bagi jantung dan saraf anjing. Jika anjing mengonsumsi cokelat, hal ini bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. 

Makanan berbahaya bagi anjing coklat
Sumber: unsplash.com

5. Kafein

Sebenarnya, efek kafein pada anjing sama dengan manusia yang kurang dapat menoleransinya. Hal ini terjadi karena anjing juga sensitif terhadap kafein. 

Walaupun hanya sedikit, konsumsi kafein dapat membuat anjing menjadi hiperaktif hingga gemetaran. Tentunya, anjing akan merasa tidak nyaman karena hal tersebut. 

Makanan berbahaya bagi anjing kafein
Sumber: unsplash.com

6. Bawang merah dan bawang putih

Bumbu yang selalu melengkapi masakan sehari-hari ini ternyata tidak boleh kamu berikan ke anjing, lho. Bawang merah dan bawang putih mentah maupun matang sangat berbahaya bagi kesehatan anjing. 

Baca Juga:   Mungil dan Imut, Ini Dia 7 Jenis Kucing Kaki Pendek!

Jika anjing mengonsumsi kedua jenis bawang ini, bisa-bisa dapat merusak sel darah merah anjing dan membuatnya menderita anemia.

Makanan berbahaya bagi anjing bawang
Sumber: unsplash.com

7. Kacang adalah makanan berbahaya bagi anjing

Tidak hanya manusia yang bisa alergi kacang, tapi ternyata anjing juga tidak boleh memakannya karena bisa berdampak buruk bagi kesehatannya.  

Kacang-kacangan dapat mengakibatkan kerusakan sel saraf dan otot pada tubuh anjing. Jika memakannya, anjing bisa berisiko mengalami kelemaha dan kelumpuhan, khususnya pada kaki bagian belakang. 

Selain itu, kacang juga bisa menimbulkan muntah, stres, tubuh gemetar,  dan efek buruk lainnya bagi kesehatan anjing.

kacang dan selai kacang
Sumber: unsplash.com

Nah, itu dia beberapa makanan yang berbahaya dan perlu dijauhkan dari jangkauan anjing agar tidak termakan.

Jika khawatir memberikan makanan yang salah, lebih baik kamu membeli dog food atau makanan khusus untuk berbagai jenis anjing.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan anjing yang dapat kamu beli.

Kitchen Flavor 10 Kg Dog Food
Kitchen Flavor 10 Kg Makanan Anjing

Beli di sini

Alps Natural 400 Gr Canned Dog Food
Alps Natural 400 Gr Makanan Anjing Kaleng

Beli di sini

Jerhigh 70 Gr Dog Snack Stik Buah Blueberry
Jerhigh 70 Gr Makanan Anjing Stik Buah Blueberry

Beli di sini

Bearing 135 Gr Calcium Plus for Dog
Bearing 135 Gr Calcium Plus Untuk Anjing

Beli di sini

Selain itu, kamu juga bisa membeli tempat makan dan minum anjing untuk memudahkan mereka saat makan. Ini dia beberapa rekomendasi tempat makan dan minum anjing.

All For Paws Tempat Makan Anjing
All For Paws Tempat Makan Anjing

Beli di sini

Pawise 30x40x20 Cm Dispenser Makanan Dan Minuman Anjing
Pawise Dispenser Makanan Dan Minuman Anjing

Beli di sini

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan untuk merawat hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, hingga hamster dari merek Pet Kingdom hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain.

Dapatkan berbagai promo menarik dengan belanja di Ruparupa.com agar bisa jadi lebih hemat. Yuk, jaga kesehatan anjing peliharaan kamu di rumah.