27 Jenis Anjing Ras Peliharaan untuk Di Rumah

0
32264
jenis anjing ras peliharaan

Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Bukan hanya karena mereka menggemaskan, tetapi anjing juga dapat menjadi teman yang baik, setia, dan juga dapat menjadi pelindung. Ada banyak sekali jenis anjing yang dapat Anda pelihara, baik dari yang ras kecil hingga besar.

Namun, tentunya setiap jenis anjing tersebut memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda. Penasaran apa saja ras anjing yang bisa Anda pelihara di rumah? 

27 Jenis Anjing Peliharaan

Yuk, simak 27 jenis anjing ras peliharaan yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli anjing:

1Pomeranian

Sumber : unsplash.com

Anjing satu ini sangat imut bukan? Tubuhnya yang mungil dan bulunya yang lebat seperti pom-pom, membuatnya menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang.

Sekilas, Pomeranian terlihat seperti boneka sehingga tak jarang para pemiliknya mendandani anjing lucu satu ini dengan memakaikan baju.

Anjing ini dikenal manja dan setia. Bahkan, saat Anda hanya ke toilet sebentar, dia bisa saja menunggu Anda di depan pintu. Lucu, bukan? 

2Poodle

Sumber : unsplash.com

Anjing poodle memiliki ciri khas, yaitu bulunya yang mengikal. Jika bulunya tumbuh lebat, maka ia pun akan terlihat elegan dan sangat lucu. Selain itu, poodle juga dikenal sebagai anjing yang cerdas. Jadi, sangat mudah bagi untuk melatihnya. 

3Shih tzu

Sumber : pexels.com

Anjing shih tzu memiliki bulu halus yang bisah tumbuh panjang. Jadinya, Anda dapat mengikatnya seperti rambut anak perempuan. Karena bulunya yang cantik, anjing ini sering masuk ke kontes kecantikan anjing. Shih tzu juga termasuk anjing yang ramah dan mudah bergaul, loh

4Chi hua hua

Sumber : unsplash.com

Anjing satu ini juga menjadi favorit banyak orang karena termasuk ke dalam ras anjing terkecil. Bentuk dahinya yang besar dan postur tubuhnya yang unik, membuat anjing ini terlihat menarik.

Biasanya, Chi hua hua memiliki bulu yang pendek dan nyaris botak. Jadi, cocok bagi Anda yang ingin memelihara anjing, tapi khawatir bulunya mudah rontok. Anjing ini terkenal dengan kelincahannya, pintar, dan juga setia.

5Maltese

Sumber : unsplash.com

Anjing maltese memiliki bulu yang sangat halus dan mata bulat. Keuntungan dari memelihara anjing ini adalah bulunya tidak mudah rontok.

Maltese juga dikenal sangat aktif dan manja. Jadi, jangan heran bila dia akan sering mengajak Anda untuk bermain dengannya. 

6Yorkshire (Yorkie)

Sumber : unsplash.com

Memiliki nama lain Yorkie, jenis anjing satu ini sangat mungil dan punya bulu yang cantik. Panjang atau pendek bulu anjing Yorkie, sama-sama membuatnya terlihat cantik.k.

Walaupun kecil, Yorkie tidaklah lemah. Yorkie adalah anjing yang pemberani, aktif, dan dapat menjadi teman yang sangat baik. 

7Pekingese

Sumber : unsplash.com

Meski terlihat kecil, siapa sangka ternyata jenis anjing satu ini berotot dan cukup berat. Bulunya yang lebat, membuat pekingese terlihat seperti awan yang berjalan.

Anjing ini cukup keras kepala sehingga akan sulit untuk melatihnya. Namun, tenang saja, Pekingese akan tetap setia menemani Anda bermain.

8Beagle

Sumber : unsplash.com

Keunikan dari anjing beagle terletak pada telinganya yang lebar dan panjang. Inilah yang membuat telinganya suka naik turun, terutama saat bermain dengan Anda.

Sebenarnya, beagle merupakan anjing pelacak karena memiliki penciuman yang tajam dan badan yang berotot. Namun, karena ukurannya yang kecil, anjing ini akan terlihat sangat imut. 

10Pug

Sumber : unsplash.com

Siapa yang suka melihat kelucuan anjing pug ini? Mukanya yang berbentuk bundar rata dan banyak kerutan membuat anjing Pug terlihat unik. Anjing ini sangat pengertian dan bisa memahami mood kita, loh. Tentunya, mereka bisa jadi sahabat terbaik buat Anda.

11Corgi

Sumber : unsplash.com

Anjing satu ini ternyata adalah kesayangan Ratu Elizabeth II,loh! Corgi merupakan anjing yang aktif, ramah, dan ceria.

Anjing ini memiliki karakter tubuh dengan kaki yang pendek dan badan memanjang, lalu punya telinga yang besar dan tegak.

Tubuhnya yang gembul, membuat anjing corgi terlihat sangat menggemaskan. Corgi juga sangat pintar sehingga Anda dapat melatihnya dengan mudah. 

12Bulldog

Sumber : unsplash.com

Anjing ini memiliki postur tubuh yang gemuk dan berotot sehingga dulunya sering dijadikan anjing petarung.

Selain itu, Bulldog memiliki mata yang memelas sehingga akan membuat kamu gemas melihatnya. Anjing ini dapat menjadi pelindung bagi kamu sekaligus sahabat yang baik untukmu. Tetapi kamu tetap harus berhati-hati karena anjing ini sedikit temperamental.

13Basset Hound

Sumber : unsplash.com

Pastinya Anda tidak asing lagi dengan anjing yang menjadi logo dari salah satu merek sepatu, bukan? Ia adalah anjing Basset Hound.

Karakteristik anjing ini biasanya memiliki tubuh  panjang, kaki pendek, mata memelas, dan yang utama adalah telinganya panjang, serta turun ke bawah.

Uniknya, basset hound memiliki beberapa warna berbeda di tubuhnya. Anjing ini sangat penyayang, setia, dan lembut. 

14Dachshund (Tekel)

Sumber : unsplash.com

Anjing tekel ini memiliki ciri-ciri yang mirip dengan basset hound. Bedanya, anjing tekel punya ukuran tubuh yang lebih kecil dan warnanya tidak bervariasi seperti basset hound.

Tekel ini sangat lincah dan dapat menjadi penjaga rumah. Bila ada orang yang tidak dikenal datang ke rumah Anda, dia akan menggonggong untuk memanggil Anda. 

15Boston Terrier

Sumber : unsplash.com

Anjing boston terrier ini memiliki rahang yang lebar sehingga membuat dagunya seperti bentuk persegi. Selain itu, ia memiliki postur tubuh yang gagah dan warnanya bagaikan sedang menggunakan jas tuxedo. Anjing ini juga sangat lincah dan menggemaskan.

16Papillon

Sumber : petpress.net

Anjing papillon punya karakter tubuh mungil, yang ditutupi oleh bulu panjang, mulai dari bagian ekor hingga telinganya. Inilah yang membuat ia terlihat lucu dan cantik. Namun, anjing ini cukup langka sehingga harganya sangat mahal.

17French Bulldog

Sumber : unsplash.com

Jenis anjing satu ini juga termasuk dalam ras anjing bulldog, tetapi punya versi yang berbeda. Perbedaannya dari anjing ras yang sama adalah french bulldog memiliki bentuk telinga seperti kelelawar dan juga matanya yang lebih bulat.

Selain itu, bentuk punggung french bulldog juga lebih tegak. Anjing ini punya karakter yang santai, lincah, dan juga pintar. 

18Siberian Husky

Sumber : dogtime.com

Anjing ini terlihat gagah dan seperti serigala, bukan? Anjing Siberian husky punya karakteristik yang cukup unik, yaitu warna matanya yang berbeda-beda. Ada yang berwarna biru, coklat, atau gabungan keduanya.

Selain itu, biasanya di dahi anjing husky ini akan terbentuk trisula cantik dari bulunya yang berwarna putih. Namun, Siberian husky adalah anjing yang lebih suka menyendiri. 

19Golden Retriever

Sumber : unsplash.com

Jenis anjing satu ini cukup populer dan menjadi hewan peliharaan favorit banyak keluarga. Bukan tanpa alasan karena anjing golden dikenal ramah, pintar, setia, dan berani. Anjing ini bisa menjadi teman sekaligus penjaga terbaik buat Anda.

21Alaskan Malamute

Sumber : pexels.com

Anjing alaskan malamute juga termasuk jenis anjing yang mirip dengan serigala. Alaskan malamute ini dulunya sering digunakan untuk menarik kereta salju di luar negeri.

Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dan berbulu tebal. Walaupun terlihat menyeramkan, ternyata anjing ini sangat penyayang dan setia loh

Sekilas, alaskan malamute dan husky terlihat mirip. Nah, bentuk tubuh alaskan malamute yang lebih besar dari husky bisa menjadi pembedanya. Selain itu, alaskan malamute juga tidak memiliki keunikan pada bola mata seperti pada husky.

Jika ingin memeliharanya, Anda harus menyediakan ruangan ber-AC agar ia tidak kepanasan. Soalnya, anjing ini terbiasa hidup di udara yang dingin.

22Chow Chow

Sumber : unsplash.com

Anjing satu ini terlihat seperti singa yang imut. Bulunya yang tebal dan badan gembulnya, membuat ia terlihat sangat menggemaskan.

Uniknya, chow chow memiliki mulut dan lidah berwarna hitam loh, Ruppers. Selain itu, kaki belakang anjing chow chow tidak bengkok sehingga dia tidak dapat berlari lincah.

Chow chow adalah anjing yang pendiam, mandiri, dan sangat setia. 

23Pitbull

Sumber : unsplash.com

Jika Anda ingin memelihara anjing pitbull, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk terus melatih anjingmu dengan baik. Pitbull terkenal sebagai anjing yang galak, padahal sebenarnya tidak begitu.

Anda harus terus mengajarkannya dan memanjakannya agar ia dapat terlatih menjadi anjing yang baik, lembut, setia, dan penyayang. Kunci dari memelihara anjing pitbull adalah Anda harus mengawasinya dan menyayanginya dengan baik agar ia tidak menjadi ganas.

24Akita

Sumber : pexels.com

Anjing akita memiliki bulu yang sangat tebal. Ia akan mengalami kerontokan sebanyak 2 kali selama setahun. Akita adalah anjing yang ramah dan setia, tetapi terkadang dia terlalu ingin menang sendiri.

Jika ingin memeliharanya, Anda harus menyiapkan ruangan yang dingin sebagai tempat tinggalnya, ya. 

25German Shepherd (Helder)

Sumber : unsplash.com

Helder merupakan salah satu anjing yang sering digunakan pihak kepolisian sebagai pelacak dan suka menjadi anjing penjaga rumah. Walaupun terlihat ganas, Helder ternyata mudah dilatih, setia, dan bersahabat, loh.

Jika Anda ingin memiliki anjing yang dapat menjadi teman sekaligus penjaga rumah, maka helder dapat menjadi pilihan yang tepat. 

26Kintamani

Sumber : adorablepet.us

Siapa sangka ternyata anjing lucu satu ini berasal dari Bali, loh! Sesuai dengan namanya, anjing ini berasal dari daerah pegunungan Kintamani di Bali.

Jenis anjing satu ini memiliki bentuk telinga yang unik, yaitu seperti huruf V yang terbalik. Anjing kintamani punya tubuh berwarna putih dengan beberapa sentuhan warna cream pada bagian ekor dan telinganya. 

27Shiba Inu

Sumber : dogtime.com

Dilihat dari gambarnya saja, pasti Anda setuju kalau anjing shiba inu sangatlah menggemaskan. Shiba inu memang terlihat sangat mirip dengan akita. Namun, ukuran shiba inu lebih kecil dan tubuhnya lebih berotot, serta punya bulu 2 lapisan. 

Karakteristik dari shiba inu adalah ia tidak mudah percaya dengan orang lain, tetapi sangat setia kepada majikannya. Anda pun tidak perlu repot-repot untuk sering membersihkan anjing ini karena ia bisa membersihkan dirinya sendiri. 

Nah, jadi itu tadi 27 jenis anjing ras yang dapat Anda pelihara di rumahmu. Lucu dan menggemaskan sekali, bukan? Jadi, anjing mana yang akan Anda pilih untuk dipelihara? 

Sebelum memelihara anjing, pastikan Anda memilki beberapa rekomendasi produk dari  ruparupa.com berikut ini:

M-pets Tempat Tidur Anjing Eco Cushion Ukuran L - Biru
M-pets Tempat Tidur Anjing Eco Cushion Ukuran L

Beli di sini

Playpen Kandang Anjing 100x100x75 Cm - Putih
Playpen Kandang Anjing 100x100x75 Cm – Putih

Beli di sini

Harness Anjing Dan Tali Anjing Thick Plain 25mm - Biru
Harness Anjing Dan Tali Anjing Thick Plain 25mm

Beli di sini

Paws N Tail Tas Troli Hewan Peliharaan - Hijau
Paws N Tail Tas Troli Hewan Peliharaan – Hijau

Beli di sini

Pawise 17x9.5 Cm Sisir Anjing Ukuran S
Pawise 17×9.5 Cm Sisir Anjing Ukuran S

Beli di sini

All For Paws Tempat Makan Anjing
All For Paws Tempat Makan Anjing

Beli di sini