30 Jenis Anjing Ras Peliharaan yang Menggemaskan

0
106668
ras anjing
Sumber: Unsplash/Nikolay Tchaouchev

Selain menggemaskan, anjing bisa menjadi teman baik yang setia menemani kita di rumah, lho. Bahkan, ada jenis anjing yang bisa melindungi rumah kita. Tentunya, semua tergantung dari jenis ras anjing yang kamu pilih untuk dipelihara.

Namun, secara umum, ini dia beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih ras anjing sebagai hewan peliharaan.

  1. Pilih ukuran anjing yang sesuai
  2. Pertimbangkan tingkat keaktifan
  3. Pertimbangkan cara merawatnya

Lantas, Apa Saja Jenis Ras Anjing?

Nah, setelah mempertimbangkan tiga hal di atas, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai jenis anjing peliharaan menggemaskan berikut ini.

11. Anjing Pomeranian

Sumber: Unsplash/FLOUFFY

Anjing pomeranian sangat imut, bukan? Tubuhnya yang mungil dengan bulu lebat membuatnya menjadi hewan peliharaan favorit banyak orang.

Sekilas, pomeranian terlihat mirip sama boneka, lho. Jadi, tidak jarang para pemiliknya mendandani anjing lucu satu ini dengan memakaikan baju.

Anjing ini dikenal dengan sifatnya yang manja dan setia. Bahkan, saat kamu hanya ke toilet sebentar, dia bisa saja menunggu di depan pintu. 

22. Anjing Poodle

Sumber: Unsplash/Lavi Cella

Anjing poodle memiliki ciri khas bulunya yang ikal. Semakin lebat bulunya, anjing poodle akan terlihat elegan dan lucu. Selain itu, poodle juga dikenal sebagai anjing yang cerdas, sehingga memudahkan kamu saat melatihnya. 

33. Anjing Shih Tzu

Sumber: Unsplash/Karsten Winegeart

Anjing shih tzu memiliki bulu halus yang bisa tumbuh hingga panjang. Yap! Kalau sudah panjang, kamu dapat mengikat rambutnya seperti anak perempuan. Selain itu, shih tzu juga punya bulu yang cantik, sehingga sering ikut dalam kontes kecantikan anjing. Shih tzu juga termasuk hewan peliharaan yang ramah dan mudah bergaul, lho

44. Anjing Chihuahua

Sumber: Unsplash/David Vives

Anjing satu ini juga menjadi favorit banyak orang karena termasuk dalam ras terkecil. Bentuk dahinya yang lebar dan postur tubuhnya yang unik membuat anjing ini terlihat menarik.

Biasanya, chihuahua memiliki bulu yang pendek dan nyaris botak. Jadi, cocok bagi kamu yang ingin memelihara anjing, tetapi khawatir bulunya mudah rontok. Nah, anjing ini terkenal dengan sifat kelincahannya, pintar, dan juga setia.

55. Anjing Maltese

Sumber: Unsplash/noelle

Anjing maltese memiliki bulu yang sangat halus dengan bentuk mata bulat. Keuntungan dari memelihara anjing ini adalah bulunya tidak mudah rontok.

Maltese juga dikenal sangat aktif dan manja. Jadi, jangan heran bila dia akan sering mengajak kamu untuk bermain dengannya. 

66. Anjing Yorkshire (Yorkie)

Sumber: Pexels/Pixabay

Memiliki nama lain yorkie, jenis anjing satu ini sangat mungil dan punya bulu yang cantik. Walaupun kecil, yorkie tidaklah lemah. Soalnya, yorkie adalah anjing yang pemberani, aktif, dan dapat menjadi teman baik. 

77. Anjing Pekingese

Sumber: Wikimedia Commons/Ron Armstrong

Meski terlihat kecil, siapa sangka ternyata jenis anjing satu ini berotot dan cukup berat. Bulunya yang lebat, membuat pekingese terlihat seperti awan berjalan.

Namun, anjing ini cukup keras kepala, sehingga kamu harus sabar ketika melatihnya, ya. Namun, tenang saja, pekingese akan tetap setia menemani kamu bermain.

88. Anjing Beagle

Sumber: Unsplash/Luke Macgillivray

Keunikan dari anjing beagle terletak pada telinganya yang lebar dan panjang. Inilah yang membuat telinganya suka naik turun, terutama saat bermain.

Sebenarnya, beagle merupakan anjing pelacak karena memiliki penciuman yang tajam dan badan yang berotot. Namun, karena ukurannya yang kecil, anjing ini akan terlihat sangat imut buat kamu pelihara. 

99. Anjing Bichon Frise

Sumber: Unsplash/Matt Briney

Jenis anjing satu ini sangat ramah dan mudah bergaul dengan orang. Bichon frise terlihat mirip dengan anjing poodle karena sama-sama memiliki bulu tebal dan keriting.

Namun, bichon frise hanya memiliki bulu warna putih dan bentuk kepala yang benar-benar bulat. Jika kamu ingin memelihara bichon frise, usahakan buat selalu menemaninya karena anjing ini tidak suka ditinggal oleh majikannya.

1010. Anjing Pug

Sumber: Unsplash/Mink Mingle

Siapa yang suka melihat kelucuan anjing pug? Mukanya yang berbentuk bundar dengan banyak kerutan membuat anjing pug terlihat unik. Anjing ini sangat pengertian dan bisa memahami suasana hati majikannya, lho

1111. Anjing Corgi

Sumber: Unsplash/fatty corgi

Ras anjing satu ini ternyata adalah kesayangan Ratu Elizabeth II. Soalnya, corgi merupakan anjing yang aktif, ramah, dan ceria.

Anjing ini memiliki karakter tubuh dengan kaki pendek dan badan memanjang. Lalu, corgi juga punya telinga yang besar dan tegak.

Tubuhnya yang gembul membuat anjing corgi terlihat sangat menggemaskan. Corgi juga sangat pintar sehingga kamu dapat melatihnya dengan mudah. 

1212. Bulldog

Sumber: Unsplash/Matt ODell

Anjing bulldog memiliki postur tubuh yang gemuk dan berotot, sehingga dulunya sering dijadikan anjing petarung.

Selain itu, bulldog memiliki mata yang memelas sehingga akan membuat kamu gemas melihatnya. Anjing ini dapat menjadi pelindung bagi kamu sekaligus sahabat yang baik. Namun, kamu tetap harus berhati-hati karena anjing ini sedikit temperamental.

1313. Basset Hound

Sumber: Unsplash/Dan Barrett

Pastinya kamu tidak asing lagi dengan anjing yang menjadi logo dari salah satu merek sepatu, bukan? Ia adalah anjing basset hound.

Karakteristik anjing ini memiliki tubuh panjang, kaki pendek, mata memelas, dan yang telinga panjang yang menurun.

Uniknya, basset hound memiliki beberapa warna berbeda di tubuhnya. Anjing ini sangat penyayang, setia, dan lembut. 

1515. Boston Terrier

Sumber: Pexels/SHVETS Production

Jenis anjing boston terrier memiliki rahang yang lebar, sehingga membuat dagunya berbentuk persegi. Selain itu, ia memiliki postur tubuh yang gagah dan warnanya bagaikan sedang menggunakan jas tuxedo. Anjing ini juga sangat lincah dan menggemaskan.

1616. Ras Anjing Papillon

Sumber: Pexels/Alan Quirvan

Kalau anjing papillon, tubuhnya mungil dan ditutupi oleh bulu panjang, mulai dari bagian ekor hingga telinganya. Inilah yang membuat ia terlihat lucu dan cantik. Namun, anjing ini cukup langka, sehingga harganya sangat mahal, mulai dari Rp20 jutaan.

1717. French Bulldog

Sumber: Pexels/Jens Mahnke

Jenis anjing satu ini juga termasuk dalam ras bulldog, tetapi punya versi yang berbeda. Perbedaannya yaitu french bulldog memiliki bentuk telinga menyerupai kelelawar dengan mata yang lebih bulat.

Selain itu, bentuk punggung french bulldog juga lebih tegak. Anjing ini punya karakter yang santai, lincah, dan pintar. 

1818. Ras Anjing Siberian Husky

Sumber: Pexels/Pixabay

Anjing ini terlihat gagah dan mirip serigala, bukan? Anjing siberian husky punya karakteristik unik, yaitu warna matanya yang berbeda-beda, seperti biru, cokelat, atau gabungan keduanya.

Selain itu, biasanya dahi anjing husky ini akan terbentuk trisula cantik dari bulunya yang berwarna putih. Namun, siberian husky adalah anjing yang lebih suka menyendiri. 

1919. Golden Retriever

Sumber: Pexels/Alice Castro

Jenis anjing satu ini cukup populer dan menjadi hewan peliharaan favorit banyak keluarga. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan anjing golden dikenal ramah, pintar, setia, dan berani buat menjaga pemiliknya.

2020. Samoyed

Sumber: Pexels/Yuliya Strizhkina

Anjing samoyed terkenal sangat ramah dan memiliki ekspresi wajah yang selalu tersenyum, lho. Biasanya, bulu anjing samoyed berwarna putih dan ada sedikit warna krem pada telinga atau mukanya.

Samoyed juga terlihat menyerupai serigala, tetapi versi yang lebih imut. Jika kamu memeliharanya, suasana hati pasti akan selalu bagus karena melihat senyumannya yang menggemaskan.

2121. Alaskan Malamute

Sumber: Pexels/Fox

Anjing alaskan malamute juga mirip dengan serigala. Dulunya, anjing ini sering digunakan untuk menarik kereta salju di luar negeri.

Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar dan berbulu tebal. Walaupun terlihat menyeramkan, ternyata anjing ini sangat penyayang dan setia, lho

Sekilas, alaskan malamute dan husky terlihat mirip. Nah, bentuk tubuh alaskan malamute yang lebih besar dari husky bisa menjadi pembedanya. Selain itu, alaskan malamute juga tidak memiliki keunikan pada bola mata seperti pada husky.

Jika ingin memeliharanya, kamu harus menyediakan ruangan ber-AC agar ia tidak kepanasan. Soalnya, anjing ini terbiasa hidup di udara dingin.

2222. Chow Chow

Sumber: Pexels/Sharmaine Monticalbo

Anjing satu ini terlihat seperti singa yang imut. Bulunya yang tebal dan badan gembulnya membuat ia terlihat sangat menggemaskan.

Uniknya, chow chow memiliki mulut dan lidah berwarna hitam. Selain itu, kaki belakang anjing chow chow juga tidak bengkok sehingga dia tidak dapat berlari lincah.

2323. Pitbull

Sumber: Pexels/Makarand Sawant

Jika kamu ingin memelihara anjing pitbull, luangkan banyak waktu untuk terus melatih anjing dengan baik, ya.

Nah, pitbull terkenal sebagai anjing yang galak, padahal sebenarnya tidak begitu. Hanya saja, kamu harus terus mengajarkan dan memanjakannya agar ia dapat terlatih menjadi anjing yang baik, lembut, setia, dan penyayang.

Kunci dari memelihara anjing pitbull adalah kamu harus mengawasi dan menyayanginya dengan baik agar ia tidak menjadi ganas.

2424. Akita

Sumber: Pexels/Zen Chung

Anjing akita memiliki bulu yang sangat tebal. Ia akan mengalami kerontokan sebanyak 2 kali selama setahun. Akita adalah anjing yang ramah dan setia, tetapi terkadang dia terlalu ingin menang sendiri.

Jika ingin memeliharanya, kamu harus menyiapkan ruangan yang dingin sebagai tempat tinggalnya, ya. 

2525. German Shepherd (Helder)

Sumber: Pexels/K Zoltan

Helder merupakan salah satu anjing yang sering digunakan pihak kepolisian sebagai pelacak dan suka menjadi anjing penjaga rumah. Walaupun terlihat ganas, helder ternyata mudah dilatih, setia, dan bersahabat, lho.

Jika kamu ingin memiliki anjing yang dapat menjadi teman sekaligus penjaga rumah, maka helder dapat menjadi pilihan terbaik. 

2626. Kintamani

Sumber: Bali Discovery

Siapa sangka, ternyata anjing lucu satu ini berasal dari Bali! Sesuai dengan namanya, anjing ini berasal dari daerah pegunungan Kintamani di Bali.

Jenis anjing satu ini memiliki bentuk telinga yang unik, menyerupai huruf V yang terbalik. Anjing kintamani punya tubuh berwarna putih dengan beberapa sentuhan warna krem pada bagian ekor dan telinganya. 

2727. Shiba Inu

Sumber: Pexels/Evgeny Tchebotarev

Dilihat dari gambarnya saja, pasti kamu setuju kalau anjing shiba inu sangatlah menggemaskan. Shiba inu memang terlihat sangat mirip dengan akita. Namun, ukuran shiba inu lebih kecil dan tubuhnya lebih berotot, serta punya bulu dua lapis. 

Karakteristik dari shiba inu adalah ia tidak mudah percaya dengan orang lain, tetapi sangat setia kepada majikannya. Kamu pun tidak perlu repot-repot untuk sering membersihkan anjing ini karena ia bisa membersihkan dirinya sendiri. 

2929. Dobermann

Sumber: Pexels/Aysun Kahraman Öktem

Kelihatannya, anjing dobermann memang menyeramkan. Kenyataannya, dobermann termasuk anjing peliharaan yang penyayang sama pemiliknya, lho. Bahkan, mereka sangat ceria dan aktif kalau kamu ajak main di alam terbuka. Umur anjing dobermann bisa mencapai 10-13 tahun.

3030. Dalmatians

Sumber: Pexels/Helena Lopes

Siapa yang tak kenal dengan anjing unik berwarna monokrom ini? Yap! Ras anjing dalmatians terkenal memiliki sifat energik, suka bermain, dan sensitif. Mereka juga setia kepada pemiliknya, lho. Kamu juga bisa melatihnya sebagai anjing penjaga.

Nah, jadi itu tadi jenis anjing yang dapat kamu pelihara di rumah, baik yang ukurannya kecil dan besar. Lucu dan menggemaskan sekali, ya? Jadi, anjing mana yang mau kamu pelihara? 

Sebelum memeliharanya, pastikan kamu menyiapkan perlengkapan perawatan anjing yang ada di situs ruparupa berikut ini.

M-pets Tempat Tidur Anjing Eco Cushion Ukuran L - Biru
M-pets Tempat Tidur Anjing Eco Cushion Ukuran L

Beli di sini

Playpen Kandang Anjing 100x100x75 Cm - Putih
Playpen Kandang Anjing 100x100x75 Cm – Putih

Beli di sini

Harness Anjing Dan Tali Anjing Thick Plain 25mm - Biru
Harness Anjing Dan Tali Anjing Thick Plain 25mm

Beli di sini

Paws N Tail Tas Troli Hewan Peliharaan - Hijau
Paws N Tail Tas Troli Hewan Peliharaan – Hijau

Beli di sini

Pawise 17x9.5 Cm Sisir Anjing Ukuran S
Pawise 17×9.5 Cm Sisir Anjing Ukuran S

Beli di sini

All For Paws Tempat Makan Anjing
All For Paws Tempat Makan Anjing

Beli di sini

 

Situs ruparupa juga menjual peralatan kebersihan, alat otomotif, dan perabot dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, INFORMA, SELMA, Krisbow, Ashley, ATARU, dan masih banyak lagi.

miliki perlengkapan untuk memelihara hewan dengan klik di sini.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini dan kategori terbaik ruparupa atau produk incaranmu di list kategori di bawah:

35Top Kategori Perlengkapan Kamar & Mandi

Tempat Tidur | Matras | Kasur | Spring Bed | Bed Cover | Bantal | Bantal Alas Duduk | Sprei | Karpet | Permadani | Kursi Teras | Kursi Santai | Kursi Taman | Aksesoris Kamar Mandi | Dipan | Keran Air | Shower