Cara Mengatasi Stres Kerja Dengan 12 Cara Efektif Ini!

0
6596

Menurut laman Verywell Mind, kebanyakan orang yang tidak mengetahui cara mengatasi stres kerja, ternyata mengalami gangguan kesehatan mental dan fisik secara signifikan. Baik itu gejala ringan, seperti pilek atau flu, hingga gejala serius, yang berisiko terkena penyakit jantung dan sindrom metabolik.

Karena alasan kesehatan tersebut, Anda tidak boleh membiarkan diri Anda stres secara berlebihan. Berikut adalah beberapa teknik manajemen stres yang bisa Anda coba terapkan di kantor.

Ruparupa Banner

Cara mengatasi stres kerja di kantor

cara mengatasi Stres kerja

Stres karena pekerjaan adalah hal yang biasa, tapi bukan berarti Anda harus membiarkannya begitu saja.

Memulai hari dengan bahagia 

cara mengatsi stres kerja
Source: unsplash

Kesibukan di pagi hari yang harus dilewati sebelum pergi bekerja, seperti terburu-buru memasak untuk anak, mempersiapkan pakaian kerja, dan membersihkan rumah, ternyata menjadi penyebab kita lebih reaktif terhadap stres di tempat kerja.

Maka dari itu, atasi hal ini dengan buatlah perencanaan yang baik untuk mencegah hari yang penuh tekanan. Pada awalnya, mungkin akan terasa sulit karena Anda belum terbiasa. Akan tetapi, perlahan Anda bisa menyesuaikan diri sehingga rasa stres akibat pekerjaan dapat berkurang.

Membuat daftar prioritas pekerjaan

cara Mengatasi stres kerja
Source: Pixabay

Penyebab stres lainnya yang juga ikut menimbulkan tekanan adalah beban kerja yang terlalu menumpuk. Jadi, ada baiknya buatlah daftar pekerjaan, yang disusun berdasarkan prioritas utama terlebih dahulu.

Akan tetapi, jika Anda menemukan beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan sekaligus, tidak perlu panik secara berlebihan. Kerjakan dengan tenang satu per satu agar mendapatkan hasil yang baik.

Menjauhi konflik

Penyebab stress kerja
Source: pixabay

Konflik di antara rekan kerja mungkin sulit untuk dihindari dan bisa terjadi kapan saja. Jadi, ada baiknya hindari bergosip atau berbagi terlalu banyak tentang pendapat pribadi Anda mengenai hal-hal sensitif, seperti agama dan politik. Selain itu, jauhi juga humor yang memiliki sensitifitas tinggi dan bisa melukai perasaan orang lain.

Jika memungkinkan, cobalah untuk tidak berhubungan terlalu erat dengan orang yang tidak memiliki hubungan pekerjaan dengan Anda. Selain itu, hindari konflik di tempat kerja dengan sebisa mungkin mencoba mengalah dan memfokuskan diri terhadap pekerjaan.

Selalu terorganisir 

cara mengatasi Stres kerja
Source: Pixabay

Memiliki perencanaan waktu sangat dibutuhkan setiap hari untuk mengurangi tingkat stres di tempat kerja, yang biasa terjadi karena faktor eksternal maupun internal. Bisa dikatakan menjadi orang yang terorganisir adalah cara efektif yang dapat mengurangi potensi seseorang mengalami stres. Jadinya, Anda tidak lagi terburu-buru untuk menghindari keterlambatan kerja dan pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu.

Baca Juga:   20 Jenis Pohon Palem untuk Menghiasi Rumah

Menciptakan kenyamanan di kantor 

Penyebab stres di kantor yang cukup mengejutkan adalah ketidaknyamanan fisik saat berkerja. Hal ini sering kali terkait dengan furnitur yang Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti meja dan kursi.

Kursi ergonomis

Beli Di sini

Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan furnitur yang tepat seperti kursi ergonomis, yang mampu menopang seluruh bagian punggung secara maksimal. Pemilihan perabot yang tepat akan memberikan rasa nyaman dan menghindari risiko sakit punggung, yang menyebabkan Anda lebih reaktif terhadap stres karena hal-hal sederhana ini.

Lupakan multitasking

Source: Kumparan

Multitasking memang menjadi salah satu strategi hebat dalam memaksimalkan waktu seseorang untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan sekaligus.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki keahlian ini, bahkan dalam kasus lainnya jusru bisa menimbulkan tekanan baru dalam pekerjaan karena rasa lelah yang bertumpuk.

Jadi, daripada memaksakan multitasking dalam pekerjaan, cobalah fokus mengerjakan pekerjaan Anda satu per satu.

Lebih aktif

Tahukah Anda kalau kurang bergerak dapat memberikan efek negatif bagi fisik dan mental? Melihat gaya hidup yang buruk ini, tidak heran jika banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar Anda harus berolahraga ringan.

Salah satu caranya dengan memiliki alat sepeda statis, seperti di bawah ini. Anda bisa menggunakannya di sela-sela bekerja di rumah.

Alat olahraga

Beli Di sini

Bahkan, jika jadwal Anda memungkinkan, cobalah untuk berolahraga setelah usai bekerja untuk meningkatkan hormon dopamin, yang seringkali disebut hormon kebahagiaan.

Tak hanya itu, olahraga juga dapat membantu Anda untuk lebih sehat dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik.

Hindari perfeksionisme 

Stress kerja
Source: iqra.id

Menjadi orang yang selalu ingin melakukan yang terbaik dan sempurna dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan adalah langkah hebat. Bukan saja akan membuat Anda merasa baik tentang pencapaian diri sendiri, tapi juga cara untuk menciptakan prestasi di tempat kerja.

Namun, menjadi perfeksionis dapat menciptakan masalah bagi Anda dan orang lain. Sebab  tidak mungkin Anda selalu dapat melakukan segala sesuatu dengan sempurna, terutama saat mengatasi pekerjaan yang menuntut kecepatan.

Baca Juga:   Olahraga di Rumah: Sehat, Mudah dan Murah

Maka dari itu, strategi yang baik untuk menghindari rasa perfeksionisme ini adalah selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik. Jangan lupa buat berterima kasih kepada diri sendiri atas setiap usaha yang dilakukan.

Mendengarkan Musik 

Mengatasi stress kerja
Source: Jakpost

Mendengarkan musik memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, serta bisa menjadi cara yang efektif dalam mengatasi stres kerja. Buat daftar playlist lagu yang dapat membangkitkan semangat saat bekerja dan memerangi stres dari hari yang melelahkan.

Berdiskusi dengan atasan

Mengatasi stress kerja di kantor
Source: kpsol

Tidak mudah untuk mengungkapkan tekanan yang Anda alami dan rasakan selama bekerja di kantor.

Namun, cobalah untuk berdiskusi dengan atasan, terutama jika Anda merasa tidak tahu persis apa yang diharapkan atau terjadi masalah yang harus diselesaikan.

Memang awalnya akan terasa canggung, tetapi berdiskusi adalah salah satu cara untuk membantu menghilangkan stres kerja yang berlebihan.

Mencari tahu penyebab stress kerja

Stress kerja
Source: thumbor.forbes

Anda mungkin bertanya-tanya apa saja yang menyebabkan stres kerja? Jawabannya, bisa jadi dipicu karena faktor eksternal, seperti masalah dengan keluarga, teman yang dapat memberikan tekanan pada pikiran.

Selain itu, bisa jadi disebabkan karena faktor internal yang berasal dari pekerjaan itu sendiri.

Kedua permasalahan ini dapat membuat  produktivitas jadi terhambat. Untuk mengatasinya, cobalah mencari tahu penyebab dan solusi dari rasa stres yang Anda alami.

Mengatasi stress kerja dengan melakukan hobi yang disukai

Cara mengatasi stres kerja berikutnya adalah meluangkan sejenak waktu untuk mengapresiasi diri Anda  dengan cara melakukan hobi yang disukai.

Misalnya berkebun, berolahraga, bermain dengan hewan peliharaan dan masih banyak lagi. Lakukan apapun yang Anda sukai untuk sekedar meringankan pikiran dan stress yang mengganggu.

hobi
Source: bf.kendal.

Nah, itu dia beberapa cara mengatasi stress kerja yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Agar Anda dapat menerapkan tips di atas, pastikan untuk membuat perencanaan yang tepat setiap kali bekerja.

Selain itu, jangan lupa lengkapi segala kebutuhan untuk bekerja  hanya melalui satu platform belanja, yaitu Ruparupa.com. Semoga Anda tidak stres lagi saat bekerja, ya!