6 Jenis Teknik Pijatan agar Tubuh Lebih Rileks

0
5754
Kenji Kursi Pijat - Cokelat/putih
Kenji Kursi Pijat - Cokelat/putih

Beraktivitas seharian sering membuat tubuh jadi lelah. Tidak heran bila kita terkadang suka menyempatkan diri untuk pergi ke spa dan duduk di kursi pijat.  Apalagi, ada banyak teknik pijat bisa membuat tubuh terasa rileks.

Saat memakai kursi pijat dan alat pijat, ada beberapa teknik pijatan yang bisa mengurangi rasa pegal dan lelah di tubuh.

Ruparupa Banner

Lalu, Apa Saja Jenis Teknik Pijatan untuk Tubuh?

Nah, kali ini, kami sudah merangkum beberapa jenis teknik pijatan yang sering dilakukan terapis dan juga pada alat pijat. Apa saja itu? 

1. Teknik Pijat Kneading

Teknik kneading merupakan teknik pijat yang menggunakan jari-jari dan telapak tangan untuk memberikan tekanan ke beberapa bagian tubuh. Kneading bertujuan untuk menarik otot menjauh dari tulang. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa kaku pada otot tubuh.

Teknik pijatan satu ini juga memerlukan tingkat kekuatan dan kecepatan yang berbeda pada setiap orangnya. Jadi, saat akan dipijat oleh terapis, pastikan kamu memberi tahu tingkat pijatan yang diinginkan agar bisa merasa nyaman.

Kamu juga bisa menggunakan kursi pijat yang sudah memiliki fitur kneading, yang  bisa diatur tingkat kekuatan dan kecepatan pijatan, sehingga bisa menyesuaikan kenyamanannya. Ini dia rekomendasi kursi pijat untuk kamu. 

Kazuo Kursi Pijat - Krem
Kazuo Kursi Pijat – Krem

Beli di sini

Neo Koji Kursi Pijat Compact - Merah
Neo Koji Kursi Pijat Compact – Merah

Beli di sini

2. Teknik Pijat Rubbing

Teknik rubbing sering disebut juga dengan menggosok. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan ibu jari untuk membentuk gerakan melingkar sambil memberikan tekanan ke tubuh. 

Rubbing dapat membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, serta mengobati nyeri pada otot dan persendian. Teknik ini juga dapat menghilangkan rasa kaku atau tidak nyaman pada tubuh. 

Baca Juga:   9 Perabot Ruang Makan yang Minimalis dan Elegan

Sebenarnya, teknik rubbing dan kneading cukup mirip, yaitu menggunakan jari-jari untuk membentuk gerakan pijatan. Bedanya teknik rubbing memiliki tekanan lebih lembut dan tidak sekuat kneading

Kels Alat Pijat Mini Portable - Putih teknik pijatan

3. Rolling

Teknik pijatan selanjutnya yang wajib kamu ketahui adalah rolling. Rolling digunakan untuk melepaskan ketegangan otot, mengurangi rasa sakit dan pegal, serta meningkatkan fleksibilitas tubuh. 

Cara melakukan teknik pijatan satu ini adalah dengan menekan kulit ke arah luar dari pusat pijatan. Hal tersebut bertujuan untuk merenggangkan otot agar tidak kaku. Kamu juga bisa membeli alat pijat yang khusus memiliki fitur rolling ini, lho. 

4. Teknik Pijat Tapping

Para atlet atau orang yang suka berolahraga juga membutuhkan pijatan pada tubuhnya. Nah, salah satu teknik pijatan yang sering digunakan adalah tapping. Dalam teknik pijat ini, terapis akan menggunakan tangannya untuk membuat gerakan cepat dan mengetuk bagian-bagian tubuh, dari punggung, paha, hingga bokong.

Teknik pijatan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Fitur teknik pijat satu ini juga sudah ada di beberapa kursi pijat canggih, lho.

5. Teknik Pijatan Shiatsu

Shiatsu adalah teknik pijat asal jepang yang memiliki arti “tekanan jari”. Teknik ini menggabungkan beberapa gerakan, seperti kneading, rolling, tapping, stretching, dan lain-lain. 

Tujuan dari teknik pijat shiatsu adalah untuk meningkatkan relaksasi tubuh. Orang Jepang percaya kalau teknik pijat ini mampu melepaskan Qi buruk dan menyeimbangkan aliran energi baik di dalam tubuh. 

Selain itu, shiatsu juga memiliki beberapa fungsi lainnya, antara lain meredakan sakit kepala, meningkatkan sirkulasi darah, serta mengatasi masalah pencernaan dan kulit.

Baca Juga:   7 Model dan Rekomendasi Meja Rias Buat Kamu

Bagi kamu yang mengalami kesulitan tidur, shiatsu juga bisa membantu kamu mengatasinya, lho. Teknik pijat ini bisa merelaksasi tubuh, mengurangi stres, dan menghilangkan rasa lelah. 

6. Teknik Pijatan Vibration

Vibration cukup mirip dengan teknik tapping yang mengetuk bagian tubuh sesuai ritme tertentu. Bedanya  teknik satu ini menggunakan tangan dan jari-jari untuk menggoyang-goyangkan otot tubuh dengan kecepatan cukup tinggi. 

Tujuannya adalah untuk memberi getaran yang menenangkan bagi otot dan saraf dalam tubuh. Nah, teknik ini juga biasa digunakan untuk pemijatan di area perut karena kekuatannya tidak terlalu keras. 

Teknik vibration direkomendasikan untuk orang yang sensitif terhadap rasa nyeri. Walaupun tidak terlalu keras, pijatan ini mampu membuat tubuh kamu merasa lega dan nyaman. 

 Nah, kamu juga bisa mendapatkan teknik pijatan vibration pada beberapa alat pijat canggih, seperti yang berikut ini. 

Lexata Pemijat Pinggang Slim Belt 01 - orange teknik pijatan
Lexata Pemijat Pinggang Slim Belt 01 – orange

Beli di sini

Itulah beberapa teknik pijat yang perlu kamu ketahui untuk membuat tubuh jadi lebih rileks. Jadi, kira-kira yang mana teknik pijat yang kamu suka? 

Kamu bisa membeli alat pijat sendiri untuk di rumah atau tempat kerja, lho. Kamu bisa menemukan alat pijat berkualitas hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan  perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Toys Kingdom, Pet Kingdom, Pendopo, dan lain-lain. 

Berikut ini beberapa rekomendasi alat pijat yang bisa kamu gunakan di rumah. 

Kenzo Kursi Pijat Exclusive - Abu-abu
Kenzo Kursi Pijat Exclusive – Abu-abu

Beli di sini

Lexata Bantalan Kursi Pijat Shiatsu 3d 01 - Hitam/cokelat
Lexata Bantalan Kursi Pijat Shiatsu 3d 01 – Hitam/cokelat

Beli di sini

Alat Pijat Light Up Muscle Relief
Alat Pijat Light Up Muscle Relief

Beli di sini

Lexata Alat Pijat Pro Handhold Wand
Lexata Alat Pijat Pro Handhold Wand

Beli di sini