11 Jenis Tanaman Begonia Untuk Hunian Nyaman

0
554
Tanaman Bogenia
Sumber: nestreeo.com

Begonia merupakan salah satu tanaman yang sangat cocok dijadikan tanaman hias. Selain memiliki tampilan estetika yang cantik,  tanaman begonia juga sangat mudah dirawat karena termasuk salah satu tanaman yang betah tinggal di area lembab dan beriklim tropis. Karena ukuran yang mungil dan cantik, tanaman ini kerap dijadikan sebagai salah satu opsi yang tepat untuk menghiasi rumah baik outdoor maupun indoor.

Mengoleksi tanaman hias dapat Anda jadikan sebagai salah satu hobi positif yang menyenangkan. Dengan ini, Anda diharapkan dapat meredakan pikiran yang stress dan lelah serta membawa suasana perasaan tenang ke dalam rumah. Layaknya memelihara hewan peliharaan, tanaman hias juga membutuhkan perlakuan khusus agar keelokannya tetap terjaga. 

Jenis Tanaman Begonia dan Tips Perawatannya

Selain memiliki tampilan estetika yang cantik, tanaman begonia juga bermanfaat untuk menjernihkan sirkulasi udara di area rumahmu. Untuk lebih detailnya, berikut merupakan beragam jenis tanaman begonia yang bisa kamu coba:

Begonia Rex

begonia rex
Sumber: Pixabay/leoleobobeo

Begonia rex atau dikenal juga dengan sebutan painted leaf begonia, merupakan salah satu jenis tanaman begonia yang paling populer bak primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman hias yang satu ini memiliki karakteristik yang cukup unik, yakni mempunyai banyak variasi warna daun yang cantik. Tak hanya itu, tanaman ini juga mempunyai beragam bentuk, ukuran, dan pola yang dapat disesuaikan dengan keinginan Anda.

Begonia Cane

begonia cane
Sumber: nestreeo.com

Tanaman begonia cane memiliki keunikan sendiri pada daunnya yang berbentuk menyerupai sayap, sehingga sering dijuluki sebagai angel wing. Ciri khas lainnya juga terletak dari batang tanaman yang berbentuk menyerupai pohon bambu dengan ukuran yang lebih kecil. Selain itu, tanaman ini juga memiliki daya tarik lain, yakni dapat mengeluarkan aroma wangi pada bunga yang telah mekar dan memiliki ragam warna yang sangat indah ketika dipandang.

Begonia Rhizomatous

Tanaman hias yang satu ini memiliki ciri khas pada bentuk daun yang menyerupai lingkaran dengan tekstur berbulu pada permukaannya. Selain itu, tanaman ini juga memiliki beragam warna daun, dari hijau tua hingga merah marun. Jenis tanaman begonia ini sering dijadikan sebagai tanaman gantung karena variasi ukurannya yang dapat disesuaikan sehingga mudah untuk ditanam. Untuk perawatannya juga tidak terlalu sulit, kamu cukup meletakkannya pada lokasi yang bertepatan dengan sinar matahari agar ia dapat tumbuh kembang hingga menunjukkan warna daun yang cantik.

Begonia Shrubs

tanaman begonia
Sumber: gardensonline.com.au

Jika Anda tertarik untuk memiliki tanaman hias yang unik maka Anda dapat mencoba tanaman hias yang satu ini. Begonia Shrubs memiliki berbagai macam ukuran, dimulai dari yang kecil hingga ada juga yang mencapai ukuran 4 meter. Selain itu, shrub memiliki tampilan daun yang panjang hingga 24 inci dengan tekstur lembut hampir menyerupai kain beludru. Kebanyakan dari tanaman ini memiliki bunga berwarna putih, merah, dan merah muda. Tanaman ini juga sangat cocok untuk melengkapi tampilan outdoor karena dalam jumlah yang sangat banyak, mereka akan membentuk seperti semak belukar.

Begonia Semperflorens

tanaman begonia
Sumber: plantsam.com

Semperflorens dikenal juga dengan sebutan begonia lilin atau wax begonia. Sesuai dengan namanya, begonia jenis ini memiliki daun yang tampak seperti dilapisi lilin. Biasanya tanaman ini akan dirangkai secara bersamaan di dalam sebuah pot hingga membentuk buket pola yang cantik.   

Begonia Tuberous

tanaman begonia
Sumber: provenwinners.com

Jika dibandingkan dengan tanaman begonia lainnya, varian bunga pada begonia tuberous merupakan salah satu bunga dengan tampilan paling cantik. Dengan bentuk bunga yang lonjong seperti kentang, tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman gantung yang menjuntai menghiasi rumahmu. 

Dapatkan pot tanaman artistik hanya di Ruparupa.com

Begonia Richmond

tanaman begonia
Sumber: joyusgarden.com

Jika anda sedang mencari tanaman untuk menghiasi outdoor rumahmu, maka jenis tanaman begonia richmond ini dapat menjadi pilihanmu. Begonia jenis ini membutuhkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, tanaman ini memiliki keunikan pada bentuk daun yang melebar dengan warna yang bisa berubah menyesuaikan warna mata yang melihat. Pastikan Anda memiliki media tanaman dan pot yang lebar agar tanaman ini dapat bertumbuh dengan baik.

Begonia Cocktail

tanaman begonia
Sumber: premiergrowersinc.com

Begonia cocktail sangat cocok untuk kamu yang menyukai tanaman dengan daun yang bermekaran. Tanaman ini juga memiliki beragam pilihan warna, antara lain merah, putih, dan merah muda. Uniknya, tanaman seri cocktail ini tidak akan layu ataupun tumbuh secara berantakan apabila ditanam pada lokasi yang memiliki sinar matahari penuh. 

Thick Stemmed Begonia

tanaman bogenia
Sumber: begonias.org-american bogenia society

“Thick stemmed” memiliki makna batang yang sangat tebal. Kebanyakan dari begonia jenis ini tidak bercabang, melainkan mengeluarkan tunas dari bawah tanah. Hal ini memang lazim terjadi agar ia dapat mempertahankan bentuknya yang kokoh. Menariknya lagi, tanaman ini memiliki daun yang minim.

Trailing/Scandent Begonia

tanaman begonia
Sumber: hartsnursery.co.uk

Begonia ini memiliki habitat yang berbeda dari yang lainnya. Di habitat aslinya, tanaman ini tumbuh merambat dan menjuntai pada ranting pohon, tembok, bahkan batu. Menariknya lagi, bunga pada tanaman ini hampir selalu mekar mengkilap dengan warna soft yang cantik seperti putih dan merah muda.

Nonstop Begonia

Nonstop begonia sangat cocok untuk Anda yang tinggal pada daerah yang panas. Selain memiliki toleransi panas yang sangat tinggi, tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan intensif untuk menjaganya agar tetap segar dan tidak layu.

Itulah beberapa jenis tanaman begonia yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk mempercantik hunianmu. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk merawat salah satunya? Sayangnya tidak semua tanaman begonia tersebut hadir di Indonesia. Sebagai solusinya, kami menghadirkan tanaman artifisial begonia yang tentunya tidak kalah menarik. Untuk mempermudah pencarianmu, berikut kami lampirkan sejumlah inspirasi produk tanaman begonia ala Ruparupa.com

tanaman begonia
Arthome Tanaman Artifisial Begonia Gantung
tanaman begonia
Tanaman Artifisial 15 Cm Begonia Dengan Pot – Pink
tanaman begonia
Arthome 155 Cm Tanaman Artifisial Garland Begonia

Baca juga Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur