13 Cara Merawat Tanaman agar Tumbuh Subur

0
5514
cara merawat tanaman

Pandemi COVID-19 pastinya membuat kalian mencoba banyak sekali hal baru, salah satunya dengan berkebun. Mempelajari cara merawat tanaman dapat menjadi aktivitas yang asyik untuk dilakukan. Saat kamu berhasil membuat taman yang indah dan subur, tentunya akan sangat bahagia, bukan ?

13 Cara Merawat Tanaman

Terdapat 13 cara merawat tanaman yang dapat kamu coba agar dapat membuat taman yang indah dan tumbuh subur :

Memilih media tanam yang tepat

cara merawat tanaman dengan memilih media tanam
Sumber : unsplash.com

Cara merawat tanaman hias dengan baik, pertama-tama kamu harus menentukan media tanam yang sesuai untuk tanaman. 

Media tanam ternyata bukan hanya tanah saja loh, Ruppers. Ada campuran lain yang harus kamu tambahkan pada media tanam, seperti humus, sekam padi, sabut kelapa, serbuk kayu, dan lain-lain. Kamu juga dapat menggunakan air sebagai media tanam bagi tumbuhan hidroponik atau aquaponik. 

Memilih tempat untuk menanam

tempat untuk menanam
Sumber : unsplash.com

Kamu juga harus memilih tempat yang tepat untuk menanam, karena cara merawat tanaman di dalam pot bisa saja berbeda dengan di polybag atau di tanah langsung. 

Kamu harus menentukan akan meletakkan tanamanmu dimana agar tidak salah dalam memberikan kadar air pada tanaman.

Memilih tanaman yang tepat

cara merawat tanaman dengan memilih tanaman
Sumber : unsplash.com

Untuk mempercantik rumah, ada banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat kamu gunakan. Namun, kamu harus memilih tanaman yang tepat agar dapat mengetahui cara merawat tanaman dengan baik. 

Usahakan untuk memilih tanaman yang dapat hidup pada suhu ruangan (±25°C) agar dapat tumbuh dengan baik di rumahmu.

Memberi sinar matahari yang cukup

cara merawat tanaman dengan sinar matahari
Sumber : unsplash.com

Usahakan untuk meletakkan tanaman di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup, termasuk tanaman indoor. Sinar matahari merupakan hal yang penting untuk cara merawat tanaman yang baik. 

Tanaman membutuhkan sinar matahari untuk berfotosintesis, begitu juga tanaman indoor. Jadi, keluarkanlah tanaman indoor di rumahmu secara rutin agar dapat memperoleh sinar matahari yang cukup. 

Menyiram tanaman dengan teknik yang tepat

Menyiram tanaman dengan tepat
Sumber : unsplash.com

Cara merawat tanaman selanjutnya yang sangat penting adalah melakukan penyiraman tanaman dengan teknik yang tepat dan rutin. Hal ini dilakukan agar pasokan air pada tanaman dapat terpenuhi. 

Jangan biarkan air menggenang pada tanaman karena dapat menutup jalur oksigen untuk tanaman. Siramlah tanaman kamu secara merata, tidak terlalu banyak atau sedikit.

Mengatur suhu dan kelembaban

cara merawat tanaman dengan mengatur suhu
Sumber : unsplash.com

Pastikan kamu mengetahui apakah tanaman yang kamu rawat dapat tumbuh di suhu lingkungan tempat tinggalmu. 

Selain itu, kamu juga harus memastikan kelembapan udara di tempat kamu merawat tanaman. Kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan air humidifier agar kelembapan tanamanmu dapat terjaga.

Memastikan tanaman bebas dari hama

mengantisipasi hama
Sumber : unsplash.com

Menghindarkan tanaman dari hama dan penyakit juga merupakan cara merawat tanaman yang sangat penting diketahui. 

Kamu dapat membuat tanamanmu terhindar dari hama dengan memberikan nutrisi yang baik untuk tanaman, menjaga kualitas tanah, memindahkan tanaman secara rutin, dan memangkas rumput liar di sekitar tanaman kamu. 

Memotong bagian yang kering atau mati

memotong bagian tanaman yang rusak
Sumber : unsplash.com

Jika kamu melihat ada bagian dari tanaman yang kering atau mati, segera potong dan buang bagian rusak tersebut ya, Ruppers. 

Bagian tanaman yang rusak tersebut dapat menyebarkan kerusakan ke yang masih hidup dan bagus. Jadi, segera potong bagian yang kering atau mati tersebut agar tidak mengganggu keseluruhan tanamanmu ya.

Menggunakan pupuk alami

menggunakan pupuk alami
Dapatkan pupuk kompos berkualitas hanya di Ruparupa.com

Hindari penggunaan pupuk kimia ya, Ruppers. Kamu dapat menggunakan pupuk alami, seperti pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk organik, atau pupuk daur ulang agar tanamanmu dapat tumbuh subur.

Memberi nutrisi penting untuk tanaman

memberi nutrisi
Sumber : unsplash.com

Cara merawat tanaman selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memberikan nutrisi penting bagi tanaman kamu. Nutrisi yang dibutuhkan tanaman adalah nitrogen, potasium, fosfor, kalsium, magnesium, dan sulfur. 

Nutrisi tersebut sebenarnya sudah ada di dalam tanah, namun akan menghilang seiring berjalannya waktu. Jadi, kamu dapat memberi nutrisi tersebut ke tanaman kamu secara terpisah atau dengan mengganti tanah secara rutin.

Rutin mengganti pot

rutin mengganti pot
Sumber : unsplash.com

Cara ini mungkin dianggap sepele, namun ternyata juga penting loh, Ruppers. Kamu dapat mengganti pot dari tanaman-tanamanmu secara berkala. 

Tanaman tentunya akan tumbuh semakin besar, sehingga kamu harus mengganti potnya agar dapat menyesuaikan ukuran tanamanmu. Hal ini dilakukan agar tanaman memiliki ruang yang cukup untuk dapat bertumbuh kembali.

Memangkas rumput liar

memangkas rumput liar
Sumber : unsplash.com

Pasti kamu sering menemukan rumput liar yang tumbuh disekitar tanamanmu. Rumput liar dapat membuat tanaman kamu terserang hama atau penyakit loh

Jadi, rajinlah untuk membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanamanmu secara rutin. 

Menjaga kebersihan di sekitar taman

menjaga kebersihan
Sumber : unsplash.com

Cara merawat tanaman yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan di sekitar tanaman atau pot. Hindari tumpukan sampah seperti plastik, kaleng, dan lainnya berada di sekitar tanaman kamu. 

Jangan membuang air bekas atau puntung rokok di dalam pot tanamanmu karena hal ini tentunya dapat merusak kesuburannya. 

Gimana, Ruppers ? Sudah tahu kan bagaimana cara merawat tanaman di rumah agar dapat tumbuh subur ? Jadikan pengalaman berkebun kamu menjadi lebih berkesan dengan menggunakan alat-alat berkebun berkualitas berikut dari Ruparupa.com :

Pupuk Media Kompos Combo 7kg
Pupuk Media Kompos Combo 7kg beli di Ruparupa.com
Krisbow alat ukur ph meter dengan indikator suhu
Krisbow alat ukur ph meter dengan indikator suhu beli di Ruparupa.com
Sekop Taman Hand Transplanter Nylon
Sekop Taman Hand Transplanter Nylon beli di Ruparupa.com