10 Jenis Kucing Peliharaan yang Menggemaskan, Tertarik Buat Pelihara?

0
9338
jenis kucing
Sumber: Unsplash/Sergey Semin

Kucing menjadi hewan peliharaan yang sangat populer karena karakternya setia dan memiliki tingkah menggemaskan.

Bila kamu memutuskan buat memelihara hewan berbulu satu ini, pastikan kamu memilih jenis kucing yang sesuai dengan sifat pribadi. Jadinya, proses ‘bonding‘ yang kamu lakukan bisa berjalan lebih cepat.

Ruparupa Banner

Tentu, semakin kuat ikatan antara kamu dan anabul, mereka bisa bertingkah semakin manja dan cocok buat jadi teman bermain.

Tak heran, ada banyak selebriti terkenal yang memelihara kucing di rumah, seperti Katy Perry, Miley Cyrus, Taylor Swift, Karl Lagerfeld, sampai Lisa BLACKPINK.

Lantas, Apa Saja Jenis Kucing yang Bisa Dipelihara?

Yuk, ketahui jenis-jenis kucing yang bisa kamu pelihara di rumah berikut ini.

1. Kucing Birman

jenis kucing chouepette
Sumber: Glamour

Kucing ras birman ini jadi anabul kesayangannya Karl Lagerfeld, seorang penata busana asal Jerman. Saking terkenalnya, bahkan Jared Leto ikut memakai kostum kucing birman di acara Met Gala 2023. Menarik, bukan?

Selain imut, kucing birman punya karakter yang ramah, penyayang, santai, lembut, dan selalu ingin tahu. Matanya yang berwarna biru muda juga tampak unik dan menarik.

Biasanya, kucing birman punya bobot mencapai 6 kg. Jadi, kamu harus mempersiapkan tempat tidur yang luas kalau mau memeliharanya.

2. Kucing Maine Coon

kucing maine coon
Sumber: Unsplash/Daniel Zopf

Kamu juga bisa nih memilih kucing maine coon sebagai peliharaan. Soalnya, karakter kucing ini mudah dilatih, bisa bersosialisasi, ramah, dan suka bermain.

Selain itu, kucing maine coonpunya ukuran tubuh cukup besar. Jadi, kamu harus memberikannya makanan basah dan kering yang mengandung protein tinggi biar kebutuhan nutrisinya terpenuhi, seperti berikut ini.

 

Royal Canin Maine Coon Adult Dry Makanan Kucing Dewasa 2 Kg
Royal Canin Maine Coon Adult Dry Makanan Kucing Dewasa 2 Kg

Cek harga

Royal Canin Maine Coon Kitten Dry Makanan Anak Kucing 2 Kg
Royal Canin Maine Coon Kitten Dry Makanan Anak Kucing 2 Kg

Cek harga

3. Kucing Siam

kucing siamese
Sumber: Unsplash/Alex Meier

Kucing siam adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Thailand. Karakternya cukup unik nih karena mereka punya perpaduan bulu berwarna putih pucat dan kehitaman di telinga, wajah, kaki, dan ekor.

Jenis peliharaan satu ini cocok dengan kamu yang suka berinteraksi karena mereka penuh kasih sayang dan suka bersosialisasi.

Baca Juga:   9 Cara Merawat Kucing Kecil Agar Panjang Umur

Buat perawatannya juga tidak sulit, kok! Kamu hanya perlu memberikannya makanan berkualitas dan menjaga kebersihannya. Jadi, pastikan untuk rutin memotong kuku dan membersihkan telinganya pakai alat berikut ini, ya.

 

Ferplast Gunting Kuku Hewan - Merah
Ferplast Gunting Kuku Hewan – Merah

Cek harga

Mpets Pembersih Telinga Kucing 118ml
Mpets Pembersih Telinga Kucing 118ml

Cek harga

4. Kucing Sphynx

jenis kucing siamese
Sumber: Unsplash/Kanashi

Jika kamu malas membersihkan bulu kucing yang menyebar di area rumah, maka bisa memelihara ras sphynx karena tidak memiliki bulu. Namun, harga kucing ini cukup mahal karena mencapai Rp45 jutaan.

Cara perawatannya juga unik.  Kamu harus rutin memandikannya seminggu sekali biar kebersihan kulitnya terjaga. Kemudian, berikan makanan yang mengandung daging atau ikan supaya tubuh mereka tetap fit.

5. Kucing Abyssinians

jenis kucing abyssinian
Sumber: Daily Paws

Abyssinians termasuk jenis kucing yang tidak membutuhkan perawatan khusus karena bulunya pendek. Mereka punya sifat yang aktif, energik, cerdas, dan penyayang.

Untuk itu, kamu yang mau memelihara kucing satu ini harus meluangkan banyak waktu buat mengajaknya bermain. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan mainan kucing khusus biar mereka tidak mudah bosan, seperti berikut ini.

Pawise Mainan Kucing Puzzle Toy
Pawise Mainan Kucing Puzzle Toy

Cek harga

6. Kucing Scottish Fold

jenis kucing scottish fold
Sumber: Unsplash/ Đồng Phục Hải Triều

Nah, kalau scottish fold ini jenis kucing yang dipelihara oleh Taylor Swift dan sempat ia pamerkan di media sosialnya. Penyanyi yang akrab disapa Tay ini punya dua kucing scottish fold beranama Olivia Benson dan Meredith Grey. Sangat menggemaskan, ya?

Bukan sembarang anabul, kucing peliharaan Taylor Swift ini terkenal sebagai paling kaya karena punya aset bersih mencapai Rp1,5 triliun, lho!

Bentuk tubuhnya juga cukup berbeda dari kucing lain, yaitu telinga pendek yang terlipat dan bola mata besar. Kucing satu ini tidak takut dengan suara keras, sehingga cocok buat tinggal di kota besar.

Namun, kamu harus menyediakan ruangan dengan AC karena mereka tidak tahan panas.

7. Kucing Persia

jenis kucing persia
Sumber: Unsplash/Nihal Karkala

Kalau dibandingkan dengan jenis lain, kucing persia masih cukup terjangkau karena harganya mulai dari Rp900 ribuan. Umur kucing berbulu panjang ini bisa mencapai 12-18 tahun, lho.

Baca Juga:   5 Tips Memilih Kandang Hamster Serta Rekomendasi Terbaiknya

Biar mereka panjang umur, pastikan kamu rutin melakukan pengecekan ke dokter hewan, ya. Selain itu, hindari melepaskannya di luar rumah. Soalnya, bila mereka bersentuhan dengan kucing liar, maka bisa meningkatkan risiko terkena kutu dan penyakit.

8. Kucing Bengal

jenis kucing bengal
Sumber: Daily Paws

Dari tampilannya, kucing bengal punya motif bulu yang cantik dan unik, yaitu garis kehitaman di seluruh tubuhnya, menyerupai macan tutul. Karena kelangkaannya tersebut, harga kucing bengal ini mencapai ratusan juta, lho! Fantastis, bukan?

9. Kucing Exotic Shorthair

jenis kucing exotic shorthair
Sumber: Unsplash/Dan Wayman

Jenis kucing lainnya adalah exotic shorthair yang menyerupai persia, tetapi bulunya lebih pendek dengan wajah kecil. Harga di pasarannya mulai dari Rp2 jutaan.

Kalau masih anak-anak, kucing ini suka bermain dan berlarian sepanjang hari. Namun, semakin tua umurnya, kucing exotic shorthair punya kepribadian yang jauh lebih santai dan suka bermalas-malasan.

10. Kucing Ragdoll

jenis kucing ragdoll
Sumber: Unsplash/ David Brooke Martin

Jika dilihat sekilas, ragdoll memang terlihat menyerupai birman. Perbedaannya yaitu bagian kehitamannya hanya terletak di area wajah. Taylor Swift juga memelihara kucing Ragdoll, lho!

Soalnya, karakter anabul satu ini sangat lembut, cerdas, dan menyenangkan. Bahkan, mereka bisa hidup sampai umur 20 tahun jika perawatannya tepat.

Wah, sepuluh jenis kucing di atas menggemaskan sekali, bukan? Jadi, kamu tertarik buat memelihara yang mana, nih?

Apa pun jenis kucingnya, kamu bisa membeli perlengkapan buat memelihara anabul di toko online resmi Pet Kingdom melalui ruparupa.

 

Ferplast Toilet Kucing Dengan Filter Karbon - Putih
Ferplast Toilet Kucing Dengan Filter Karbon – Putih

Cek harga

M-pets Keset Pasir Kucing Bentuk Kaki - Hijau
M-pets Keset Pasir Kucing Bentuk Kaki – Hijau

Cek harga

 

America Litter 10 Ltr Pasir Kucing Ultra Odor Seal
America Litter 10 Ltr Pasir Kucing Ultra Odor Seal

Cek harga

Pawise Mainan Kucing Rainbow Teaser
Pawise Mainan Kucing Rainbow Teaser

Cek harga

dapatkan diskon hingga 50% buat pelengkapan anabul hanya klik di sini

Hanya di sini, kamu bisa menemukan perlengkapan kebersihan, mainan anak, dan alat elektronik dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, SELMA, ATARU, Krisbow, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.