7 Fakta Kucing Siam yang Menarik

0
2287

Kucing Siam terkenal karena penampilannya yang ramping dan khas. Meskipun banyak dari mereka berwarna abu-abu perak dengan mata biru, bulu kucing cantik ini juga bisa berwarna oranye, coklat, krem, dan bahkan berwarna biru atau ungu, pada antara variasi bulu lainnya. Namun, ada lebih banyak hal yang menarik lainnya dari kucing Siam selain penampilan mereka yang misterius! Yuk, baca 7 fakta menarik tentang kucing Siam dibawah ini!

kucing siam
Sumber: pixabay.com

Warna Bulu

Bulunya bisa memiliki variasi warna yang luar biasa dan warna tersebut tidak hanya karena genetika. Warna bulu kucing tersebabkan oleh beberapa set gen dan pola bulunya tersebabkan oleh gen pengubah.

Nah, mereka memiliki gen pengubah khusus yang menghambat pigmen berkembang pada bulunya, mengakibatkan albinisme. Namun, berkat keajaiban sains, gen pengubah albinisme hanya dapat memengaruhi bulu kucing pada atas suhu tertentu, atau antara 37 dan 39 derajat celsius lebih tepatnya.

Jika temperatur tubuh mereka turun di bawah 37 derajat celsius atau kucing berada pada lingkungan yang lebih dingin, gen warna bulunya kembali aktif dan akan memberi pigmen ke bulunya. Karena tubuh kucing lebih dingin pada sekitar hidung, telinga, kaki, dan ekornya, dalam sanalah pigmen paling sering mereka simpan.

Sebagian besar dari mereka terlahir sepenuhnya putih dan mengembangkan tanda mereka pada minggu-minggu setelah kelahiran. Karena, saat pada dalam rahim, temperatur sangatlah hangat. Sehingga, menghalangi gen warna kucing mencapai bulunya.

Setelah lahir dan terpapar pada atmosfer yang lebih dingin selama beberapa minggu, anak kucing Siam akan mulai mengembangkan pigmen pada sekitar wajah, ekor, dan cakar mereka.

Keturunan

Meskipun tidak ada yang tahu pasti kapan kucing jenis ini pertama kali ada dan didomestikasi, umumnya diyakini bahwa mereka berasal dari Thailand sekitar abad ke-14.

Mereka pertama kali muncul dalam manuskrip Thailand. Sehingga, ini menjadikan mereka salah satu ras kucing tertua dalam seluruh dunia.

Sifat

Untuk waktu yang lama, banyak dari kucing jenis ini memiliki mata juling dan ekor bengkok. Meskipun ciri-ciri ini adalah hasil dari faktor genetik tertentu, banyak legenda yang bermunculan untuk menjelaskan tentang penampilan menarik dari mereka.

Masih ada kucing Siam dengan mata juling dan ekor bengkok hari ini, tetapi sudah jarang sekali. Ciri-ciri ini biasanya tidak teringinkan oleh peternak kucing dan mereka biakkan secara selektif.

Perawatan Khusus Kerajaan

Ratusan tahun yang lalu, mereka sangat tersayangi oleh keluarga kerajaan di Thailand karena penampilannya yang khas, tidak biasa, dan cantik.

Faktanya, anggota keluarga kerajaan ini percaya bahwa kucing Siam akan menerima jiwa mereka ketika mereka mati. Dan kucing itu akan menghabiskan sisa umur panjangnya dengan tinggal dalam kuil dan termanjakan oleh para biarawan dan pendeta.

Kucing Kepresidenan

Meskipun mereka telah didomestikasi pada Asia selama berabad-abad, mereka tidak muncul pada Amerika Serikat hingga akhir 1800-an.

Salah satu pemilik kucing Siam yang paling awal diketahui sebenarnya adalah istri Presiden AS Rutherford B. Haye, Lucy, yang berarti jenis kucing ini juga memiliki sejarah dalam Gedung Putih.

Kucing miliknya, bernama Siam, adalah hadiah dari seorang diplomat AS yang bertugas dalam Thailand.

Bintang Film

Film seperti The Incredible Journey, The Lady and the Tramp, dan That Darn Cat! telah dibintangi kucing Siam.

Jenis yang Cerewet

Jika Anda memiliki kucing Siam (atau pernah bermain bersama mereka), Anda tahu bahwa mereka sangatlah cerewet. Kucing Siam akan menyuarakan pendapat mereka tentang makanan mereka, pengamatan yang mereka lakukan melalui jendela, dan pada dasarnya apa pun yang mereka temui sepanjang siang dan malam.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui 7 fakta menarik tentang kucing siam. Apakah Anda tertarik untuk memelihara kucing siam? Atau bagi kalian yang sudah memelihara kucing, apakah ingin membeli atau mengadopsi kucing lainnya?

Yuk, jangan lupa untuk membeli dan mempersediakan kebutuhan untuk kucing peliharaan Anda! Ini adalah beberapa produk rekomendasinya:

Tempat Tidur Kucing

Paws N Tail Tempat Tidur Kucing Leopard 80x40x40 Cm – Cokelat

Sediakan tempat tidur kucing yang nyaman untuk kucing peliharaan Anda tidur dengan nyenyak. Pilihlah tempat tidur yang memiliki bantalan yang empuk dan lembut, cocok digunakan sebagai tempat istirahat dan bersembunyi kucing.

Selain itu, sekalian cari juga mainan yang dapat mengembalikan mood kucing Anda agar tetap ceria sepanjang hari. Tempat tidur kucing yang terbuat dari rangka PVC akan lebih kokoh bersama dengan balutan poliester yang berkualitas tinggi dan mewah.

Tempat Bermain Kucing

Cavea Pohon Bermain Kucing 2173n 60 Cm

Sediakan juga area bermain untuk kucing peliharaan Anda dengan rumah pohon. Pilihlah rumah pohon yang terdapat step dan lubang yang bisa membuat kucing lebih aktif bergerak naik dan turun.

Selain itu terdapat aksen mainan gantung yang akan merangsang kucing untuk meraihnya dengan meloncat. Mainan rumah pohon bisa menjadi simultan agar peliharaan tetap memiliki instingnya pada alam meski sudah menjadi kucing rumahan.

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!