header_banner_dekstop_cta_perlengkapan_mandi_bayi

7 Perlengkapan Bayi yang Wajib Dimiliki dan Tips Memilihnya

Kehadiran bayi dalam sebuah keluarga merupakan momen yang menggembirakan. Tidak hanya siap secara mental dan fisik, orang tua baru pun perlu menyiapkan segala kebutuhan bayi selama masa perkembangannya. Namun, memilih perlengkapan bayi tidak bisa sembarangan. Kamu harus memperhatikan soal keamanan, kesehatan, dan faktor-faktor lainnya tergantung jenis perlengkapan bayi tersebut.


Berikut ini kami akan memberikan daftar perlengkapan bayi yang wajib kamu sediakan, beserta tips memilihnya.

1. Tempat tidur bayi


Bayi masih memiliki kulit yang sensitif. Untuk itu, siapkan tempat yang bersih dan nyaman untuk tidur bayi. Gunakan boks bayi yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, serta aman buat si kecil. Selain itu, pastikan tempat tidur bayi dilengkapi dengan penyimpanan, sehingga memudahkan kamu untuk menyimpan perlengkapan lainnya.

2. Kereta bayi


Bila kamu ingin mengajak bayi untuk keluar rumah, maka kamu wajib memiliki stroller atau kereta bayi. Tipsnya adalah pilih kereta bayi yang memiliki kanopi untuk menghalau sinar matahari. Biar makin aman, pastikan stroller dilengkapi sabuk pengaman yang kuat, seperti berikut ini.

3. Pagar pengaman bayi


Bayi yang baru belajar merangkak pasti senang bereksplorasi. Supaya si kecil tetap aman, kamu bisa memasang pagar pengaman bayi di tangga, dapur, dan pintu rumah. Selain pilih yang mudah dibongkar pasang, pagar pengaman juga tidak boleh memiliki sudut tajam.

4. Perlengkapan mandi bayi


Perlengkapan bayi berikutnya yang tidak kalah penting adalah buat mandi. Karena tubuh bayi masih kecil dan rentan, tentu kamu harus menyiapkan perlengkapan mandi khusus. Nah, berikut beberapa perlengkapan bayi yang perlu disiapkan. 


- Bak mandi bayi


Ketika bayi sudah cukup besar, biasanya mereka senang bergerak secara aktif, belum lagi kalau kamar mandi dalam keadaan basah. Untuk itulah, kamu bisa menggunakan bak mandi bayi agar lebih mudah saat memandikannya. Namun, pastikan memilih ukuran bak mandi yang sesuai dengan tubuh bayi. 


Selain itu, pilih bak mandi yang ujung-ujungnya tidak tajam, tidak licin, serta memiliki penopang kepala dan bahu bayi. Agar lebih edukatif, kamu bisa pilih bak mandi yang dihiasi motif abjad, seperti berikut ini.

perlengkapan bayi

- Bola kapas

Bola kapas merupakan perlengkapan mandi bayi yang bisa kita gunakan  untuk membersihkan kotoran dari kulit bayi. Dengan bola kapas, kamu bisa menyeka tiap lipatan dan bagian kulit bayi dengan bersih tanpa melukai kulit halusnya. Namun, pastikan kamu memakai bola kapas yang memang khusus untuk kulit bayi.

alat-dapur-banner-sisip-desktop

- Handuk

Setelah mandi, hindari mendiamkan bayi dalam keadaan basah. Kita perlu langsung membalut si kecil dengan handuk yang lembut dan hangat. Untuk itu, pilih handuk yang mudah menyerap air dan lembut untuk kulit bayi. Kamu bisa menemukan berbagai jenis handuk bayi yang bermotif, polos, yang memiliki penutup kepala, atau yang bergambar, seperti berikut ini.

-Sabun dan sampo bayi

Perlengkapan mandi bayi berikutnya adalah sabun dan sampo khusus untuk bayi. Biasanya, perlengkapan mandi ini benar-benar lembut dan tidak pedih kalau terkena mata. Pastikan kamu menghindari sabun dan sampo dengan kandungan pewangi yang terlalu banyak, antiseptik, deodoran, ataupun detergen. Bahan-bahan tersebut bisa berbahaya untuk kulit sang buah hati. 


- Minyak telon

Pasti kamu tidak asing dengan wangi bayi. Ya, bayi memang khas dengan aroma minyak telon, yang biasanya digunakan sehabis mandi. Minyak telon bisa membantu menghangatkan, melembutkan, dan menghaluskan kulit bayi. Selain itu, minyak telon juga bisa mencegah bayi digigit nyamuk, dan tentunya membuat bayi wangi semerbak.

5. Botol minum


Biasanya, para ibu bisa menyimpan ASI di dalam botol minum susu kalau tidak sempat menyusui si kecil. Namun, pastikan botol susu bebas BPA dan bahan kimia berbahaya, ya. Sebisa mungkin, cari botol minum dengan sedotan berbahan silikon lembut agar nyaman di mulut bayi, seperti rekomendasi berikut ini.

6. Alat makan bayi


Bila si kecil mulai menyantap MPASI, maka kamu perlu menyediakan alat makan berkualitas food grade khusus buat bayi. Nah, kamu bisa nih membeli set alat makan lucu dengan tema hewan atau tokoh kartun. Jadinya, si kecil bisa lebih tertarik menikmati makanan yang disajikan. Berikut rekomendasi alat makan bayi yang dapat kamu gunakan.

7. Kursi makan bayi

Kalau perlengkapan satu ini bisa melatih, si kecil untuk duduk ketika makan. Sebaiknya pilih kursi makan dengan material tahan karat supaya lebih awet. Biar lebih gampang dibersihkan, kamu juga bisa membeli kursi makan dengan food tray yang dapat dilepas. Nah, kami juga punya nih rekomendasi kursi makan bayi yang bisa kamu gunakan.

Nah, itu dia daftar perlengkapan bayi dan tips memilihnya yang perlu kamu ketahui. Jadi, pastikan si kecil mendapatkan perlengkapan terbaik, ya!