8 Peralatan Darurat Banjir yang Kamu Harus Punya

0
694
peralatan darurat

Setiap awal tahun, curah hujan di Indonesia menjadi tinggi. Beberapa daerah yang rawan banjir harus waspada karena BMKG memprediksi hujan lebat yang ekstrim. Kita tidak pernah tahu kapan bencana akan datang. Oleh karena itu, kalian perlu mempersiapkan beberapa peralatan darurat saat banjir.

sumber: naragetarchive.net

Berikut beberapa rekomendasi produk yang dapat membantu kalian saat banjir:

Peralatan Darurat Rompi Pelampung

peralatan darurat saat banjir rompi pelampung
Rompi Pelampung Krisbow

Ketinggian banjir bisa dari semata kaki, selutut, bahkan bisa sampai sedada orang dewasa. Penting untuk memiliki rompi pelampung, terlebih lagi jika kalian tidak bisa berenang. Rompi pelampung ini bisa mencegah agar tidak tenggelam sehingga kalian bisa selamat dari bencana.

Powerbank

powerbank wireless charging
Power Bank Wireless Charging

Jika banjir sudah parah, maka PLN akan memadamkan listrik di beberapa daerah agar air tidak menghantarkan aliran listrik. Kita pasti ingin mengetahui keadaan dari orang-orang terdekat kita. Maka dari itu, kalian membutuhkan powerbank agar baterai handphone tidak habis.

Powerbank ini memiliki teknologi wireless charging sehingga bisa mengisi daya baterai handphone tanpa membutuhkan kabel. Pastikan powerbank kalian sudah terisi penuh ya!

Bawa Peralatan Darurat dengan Duffle Bag

Bawa Peralatan Darurat dengan Duffle Bag
Duffle Bag

Jika kalian harus evakuasi ke tempat yang lebih tinggi, maka penting untuk memiliki duffle bag. Di dalamnya, kalian bisa masukkan dokumen-dokumen penting, baju, makanan ringan, serta obat-obatan bagi kalian yang memiliki penyakit khusus. Persiapkan semua kebutuhan kalian agar ketika terjadi bencana, kalian bisa langsung membawa tas tersebut.

Botol Air Minum Saat Darurat Banjir

botol air minum saat darurat banjir
Thermos 500 Ml

Setiap orang membutuhkan air untuk bertahan hidup. Saat banjir, kita sulit untuk mendapatkan air bersih karena air yang kita minum sudah bercampur dengan air banjir. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan botol minum yang berisi air bersih agar asupan air kita tercukupi.

Botol minum ini berbahan stainless steel sehingga thermos ini dapat menahan panas hingga 10 jam dan suhu dingin hingga 24 jam. Jadi kalian tidak perlu khawatir karena botol ini dapat menjaga suhu minuman dengan stabil dalam jangka waktu yang lama.

Genset sebagai Peralatan Darurat Saat Banjir

Krisbow Genset Bensin 2800 W

Banjir yang dalam bisa mengakibatkan kita tidak keluar rumah bahkan sampai berhari-hari. Padamnya listrik dapat menghambat aktivitas kita. Oleh karena itu, penting mempunyai genset agar rumah kita tetap nyala listrik meskipun banjir.

Lampu Darurat saat Banjir

Lampu darurat saat banjir
Kris Lampu Darurat 160 LED

Lampu darurat penting untuk mengatasi pemadaman listrik. Lampu ini dapat menjadi sumber penerangan saat malam hari. Kalian juga bisa mengatur tingkat pencahayaan lampu karena lampu ini memiliki dimmer sehingga cahaya dapat diatur sesuai kebutuhan.

Sleeping Bag

Sleeping Bag saat darurat banjir
Mountain Inn Kantung Tidur Duralite Biru

Jika kalian harus evakuasi karena banjir, maka sleeping bag wajib kalian miliki. Material dari sleeping bag ini tahan air dan angin sehingga dapat menghangatkan tubuh kalian dan membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Alat Pembersih

Nilfisk High Pressure Cleaner

Bagi kalian memiliki rumah di daerah yang rendah, maka setiap hujan rumah kalian rawan terkena banjir. Terlebih lagi jika terjadi hujan lebat, maka air bisa masuk ke dalam rumah dan mengotori isinya.

Nilfisk High Pressure Cleaner ini dapat membantu membersihkan rumah kalian yang terkena banjir. Alat ini juga dapat membersihkan noda pada dinding sehingga dapat menghilangkan bekas banjir pada dinding rumah.

Itulah 8 peralatan darurat yang wajib kalian persiapkan saat banjir. Barang-barang tersebut bisa kalian beli langsung melalui website Ruparupa.com maupun melalui aplikasi di smartphone. Yuk segera beli dan dapatkan penawaran-penawaran yang menarik!