10 Peralatan Darurat Banjir yang Kamu Harus Punya

0
3935
Peralatan kebersihan untuk mengepel lantai pasca banjir di rumah
Proclean Set Alat Pel Putar Dengan Ember - Biru

Banjir adalah bencana alam yang menyebabkan genangan air cukup tinggi. Biasanya, banjir terjadi ketika curah hujan cukup tinggi. Beberapa daerah yang rawan banjir pun harus waspada karena BMKG sudah memprediksi hujan lebat yang ekstrim. 

Selain merusak properti dan infrastruktur, banjir juga dapat menyebabkan  gangguan kesehatan, bahkan kematian. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan berbagai peralatan darurat yang bisa digunakan jika terjadi banjir.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa Saja Peralatan Darurat Banjir?

Berikut beberapa rekomendasi peralatan darurat banjir yang perlu kamu siapkan di rumah.

1. Peralatan Darurat Rompi Pelampung

Ketinggian banjir cukup beragam, bisa dari semata kaki, selutut, bahkan sampai dada orang dewasa. Jadi, penting untuk memiliki rompi pelampung, terlebih lagi jika kamu tidak bisa berenang.

Rompi pelampung ini bisa mencegah tubuh kita agar tidak tenggelam sehingga bisa selamat dari bencana. Berikut rekomendasi rompi pelampung yang bisa kamu siapkan di rumah.

Krisbow Rompi Pelampung Dengan Leg Strap & Peluit

Beli di sini

Krisbow Rompi Pelampung Dewasa – Merah

Beli di sini

2. Powerbank

Jika banjir sudah parah, maka PLN akan memadamkan listrik. Untuk mengatasi situasi ini, tentunya kita perlu menyediakan powerbank. Jadi,  baterai handphone dan alat elektronik lainnya tidak habis.

Kamu bisa memakai powerbank yang memiliki teknologi wireless charging sehingga bisa mengisi daya baterai tanpa membutuhkan kabel. Namun, pastikan powerbank kamu sudah terisi penuh, ya!

Baca Juga:   12 Lampu Emergency Murah Namun Berkualitas
Ataru Power Bank Slim Quick Charger 10.000 Mah – Hitam

Beli di sini

3. Bawa Peralatan Darurat dengan Duffle Bag

Jika kamu harus evakuasi ke wilayah yang lebih tinggi, maka penting untuk memiliki duffle bag. Jadi, kamu bisa memasukkan dokumen-dokumen penting, baju, dan makanan ringan.

Persiapkan semua kebutuhan agar ketika terjadi bencana, kamu bisa langsung membawa tas tersebut.

Korin Flexpack Go Tas Duffle Foldable

Beli di sini

4. Botol Air Minum Saat Darurat Banjir

Setiap orang membutuhkan air untuk bertahan hidup. Sayangnya, saat banjir, kita sulit untuk mendapatkan air bersih karena air yang kita minum sudah bercampur dengan air banjir.

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan botol minum yang berisi air mineral agar asupan cairan tubuh tercukupi. Kamu bisa memakai botol minumi berbahan stainless steel untuk menyimpan air hangat dan air dingin bila diperlukan.

Thermos 500 Ml Thermocafe Botol Vacuum Flask – Abu-abu

Beli di sini

5. Genset sebagai Peralatan Darurat Saat Banjir

Banjir yang dalam bisa mengakibatkan kita tidak keluar rumah, bahkan sampai berhari-hari. Selain itu, padamnya listrik juga dapat menghambat aktivitas kita.

Agar listrik di rumah tetap menyala, kamu bisa menggunakan genset. Namun, pastikan meletakkan genset di tempat yang cukup tinggi supaya tidak terendam air banjir.

 

Krisbow Genset Bensin 8500 W Krp85

Beli di sini

Krisbow Genset Bensin 2800 W Krp28

Beli di sini

6. Lampu Darurat saat Banjir

Lampu darurat penting untuk mengatasi pemadaman listrik. Lampu ini dapat menjadi sumber penerangan saat malam hari. Pilih lampu darurat yang dapat diatur tingkat pencahayaannya sesuai kebutuhan, seperti berikut ini.

Krisbow Lampu Darurat Usb 6 Watt – Putih

 Beli di sini

7. Sleeping Bag

Sediakan sleeping bag di rumah agar kita bisa mengguaknnya ketika harus di evakuasi. Pilih material sleeping bag yang tahan air dan angin sehingga dapat menghangatkan tubuh dan membuat tidur menjadi lebih nyaman.

8. Kotak Penyimpanan Obat

Pastikan juga kita selalu menyediakan kotak penyimpanan khusus obat-obatan. Soalnya, kita mungkin akan kesulitan mendapatkan obat-obatan, terutama bila air cukup tinggi.

Kamu bisa mengisi kotak tersebut dengan obat sakit kepala, obat diare, dan beberapa vitamin. 

perlengkapan menghadapi banjir
Ataru Kotak Obat 4 Kompartemen – Biru

Beli di sini

9. Alat Pembersih

Bagi kamu yang memiliki rumah di dataran rendah, maka setiap hujan akan rawan terkena banjir. Terlebih lagi jika terjadi hujan lebat, maka air bisa masuk ke dalam rumah dan mengotori isinya.

Kamu bisa memakai Nilfisk High Pressure Cleaner untuk membantu membersihkan rumah sehabis terkena banjir. Alat ini juga dapat membersihkan noda bekas banjir pada dinding rumah, lho.

Nilfisk High Pressure Cleaner D140.4-9 X

Beli di sini

Nilfisk High Pressure Cleaner C105.7-6

Beli di sini

 

10. Dehumidifier

Air banjir yang masuk ke dalam rumah bisa membuat ruangan jadi ditumbuhi jamur karena tingkat kelembapannya rendah. Pertumbuhan jamur tersebut dapat mengakibatkan sesak napas dan alergi. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa memakai dehumidifier atau alat pengatur kelembapan udara seperti berikut ini.

kris dehumidifier
Kris Dehumidifier 20 Ltr

Beli di sini

Itu dia peralatan darurat yang wajib kamu persiapkan saat banjir. Barang-barang tersebut bisa kamu beli langsung melalui website atau aplikasi ruparupa  

 Waspada musim hujan dengan
perlengkapan terbaik klik di sini 

Situs belanja online  ini juga menawarkan berbagai peralatan rumah tangga dan perabot terbaik dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Selma, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi.