7 Tips Mobil Terendam Banjir yang Dapat Mencegah Kerusakan Total

0
4559
tips mobil terendam banjir
source: picryl

Saat musim hujan tiba, banjir memang sering jadi masalah yang kita alami. Tidak hanya mengotori rumah, banjir juga bisa merusak mobil kesayangan kita. Untuk itulah, kita perlu segera memperbaiki mobil yang terendam banjir.

Bila tidak, mobil justru akan rusak dan sulit untuk diperbaiki. Bahkan, bisa membuat kita mengeluarkan banyak uang dalam memperbaiki komponen yang terendam air banjir tersebut.

Ruparupa Banner

Lantas, Apa yang Harus dilakukan Bila Mobil Terendam Banjir?

Jika mobil kamu kebanjiran, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama, seperti berikut ini.

1. Tidak Menyalakan Mesin Mobil 

Hindari menyalakan mesin mobil setelah terendam air. Cara ini dapat mencegah kerusakan pada komponen di dalam mobil, termasuk mesin dan transmisi. Bila kamu memaksa untuk menghidupkan mesin, maka banyak air yang akan masuk ke dalamnya.

Inilah yang dapat menyebabkan kerusakan lebih parah, seperti terjadinya korsleting hingga kerusakan piston, yang biasanya disebut “hydrolock“.

Bila terjadi hydrolock, maka kamu harus bersiap untuk mengeluarkan biaya perbaikan yang sangat tinggi. Hal ini dapat membuat mobil mengalami kerusakan yang parah dan terburuknya adalah mesin mati total.

2. Keluarkan Air dengan Cepat

Semakin lama kamu membiarkan air mengendap di mobil, maka kerusakan kabel dan komponen kendaraan akan semakin banyak. Untuk itu, kamu harus bergerak cepat buat mengeluarkan genangan air yang terdapat di dalam mobil.

Gunakan vakum yang dapat menyerap material kering dan basah untuk membantu  menghilangkan genangan air dengan cepat. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan handuk untuk menyerap air dan mengeluarkannya dari mobil.

 

Vakum cleaner
Kels Chiba Penghisap Debu Basah & Kering – Merah

Beli di sini

vacuum cleaner mobil
Maximus Alat Penghisap Debu Mobil Basah Dan Kering Dc

Beli di sini

3. Cek Bagian Mesin

Setelah mengeluarkan air dari mobil, sekarang saatnya untuk mengecek bagian mesin. Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah mencari tahu apakah air masuk ke tangki minyak atau tidak. Kamu bisa menggunakan dipstick.

Jika air sudah masuk ke dalam tangki, maka warna oli yang tadinya bening mengkilap akan berubah seperti putih susu atau kopi susu. Kadar kekentalan oli pun akan terlihat berubah.

Baca Juga:   Perhatikan 7 Bagian Rumah ini Saat Musim Hujan!

Bila ini terjadi, hindari menyalakan mobil karena dapat merusak silinder di dalam mesin. Lebih baik segera bawa mobil kamu ke bengkel untuk diperiksa langsung oleh mekanik profesional. Jadinya, mobil tidak akan semakin rusak.

Cek bagian mesin mobil
Sumber: unsplash.com

4. Memeriksa Komponen Listrik 

Untuk mengetahui apakah komponen listrik masih berfungsi dengan baik, kamu bisa melakukan uji coba.

Caranya dengan menyalakan lampu depan mobil, lampu belakang, power window, lampu sein, power lock, lampu pada kabin, AC, dan komponen lain yang terhubung dengan kabel.

Kamu juga harus menguji rem tangan, kopling, kemudi, dan cairan reservoir. Jika salah satu dari komponen atau suku cadang ini tidak berfungsi dengan baik, maka segera meminta bantuan kepada mekanik untuk memeriksa kendaraan kamu secepat mungkin.

5. Membiarkan Ventilasi dan Pintu Mobil Terbuka 

Setelah berhasil mengeluarkan air dari kabin dan area lainnya di dalam mobil, kamu harus bekerja secepat mungkin untuk mengeringkan interior mobil yang terkena air banjir.

Kemudian, bawa mobil pada area hangat sembari membuka semua pintu mobil. Jadinya, ada udara dan panas matahari yang masuk secara merata untuk mengeringkan mobi.

Jika tidak ada sinar matahari, kamu dapat menggunakan kipas angin untuk mengeringkan area yang lembab. kamu bisa membeli produk di bawah ini. Cara ini juga bisa  membantu menghilangkan bau tak sedap, serta menjauhkan jamur dan lumut.

Baca Juga:   Serius Hadapi Musim Hujan
Kipas angin lantai
Kris Kipas Angin Lantai Ftc3-m

Beli di sini

6. Mengganti Komponen Kendaraan

Bila kendaraan yang sudah terkena banjir, maka bau mobil pun akan jadi tidak sedap. Oleh karena itu, kamu harus sesegera mungkin mengganti komponen yang lembab, seperti keset lantai, karpet, pelapis, hingga panel pintu yang sudah menyerap air.

Lepaskan jok mobil kamu dan keringkan di bawah cahaya matahari. Buka semua pintu mobil agar kabin mendapat lebih banyak ventilasi. Nah, untuk menyingkirkan jamur dan bau, kamu bisa menggunakan soda kue.

Bila karpet mobil sudah tidak bisa kamu gunakan lagi, kamu bisa membeli yang baru, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Karpet mobil
Sparco Set Karpet Mobil Pvc 3 Pcs – Hitam Abu-abu

Beli di sini

7. Mengklaim Asuransi 

Setelah mobil kamu diperiksa oleh mekanik, segera klaim asuransi kendaraan untuk mengevaluasi apakah kendaraan perlu diperbaiki atau diganti.

Jika biaya perbaikan kendaraan lebih besar dari biaya membeli yang baru, maka ada baiknya kamu memilih kendaraan baru atau kendaraan bekas dengan kondisi baik.

cara mencegah mobil rusak akibat banjir
Sumber: unsplash.com

Itu dia beberapa tips mengatasi mobil yang terendam banjir. Sebelum masalah akibat  banjir semakin merusak mobil, lebih baik segera lakukan beberapa hal di atas dan bawa ke bengkel mobil terdekat. Jadinya, mobil kamu pun bisa digunakan kembali.

Selain itu, kamu juga bisa mencegah terjadinya banjir dengan membaca artikel di sini.

Temukan berbagai perlengkapan mobil lainnya hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Situs belanja online ruparupa.com juga menyediakan berbagai perlengkapan elektronik dan dekorasi rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Krisbow, Sulsen, Selma, dan masih banyak lagi.