6 Peralatan Kebersihan Pasca Banjir yang Wajib Ada

0
277
Peralatan kebersihan pasca banjir

Saat musim hujan,  menyediakan peralatan kebersihan pasca banjir merupakan hal yang penting. Apalagi, Indonesia termasuk negara yang memiliki tingkat bencana banjir cukup tinggi.

Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Indonesia telah mencatat 487 kasus banjir mulai dari 1 Januari hingga 19 April 2021 lalu. Untuk itulah, kita perlu selalu siap siaga buat menghadapi hal tersebut.

Ruparupa Banner

Selain menyediakan alat darurat dan tas siaga bencana, perlengkapan kebersihan rumah juga harus kita miliki. Biasanya, setelah banjir surut, rumah kita akan dipenuhi dengan bekas lumpur yang menempel.

Lantas, Apa Saja Alat Kebersihan yang Dibutuhkan Pasca Banjir?

Mengutip dari beberapa sumber, kamu bisa membersihkan rumah pasca banjir menggunakan alat-alat kebersihan, seperti di bawah ini.

1. Plastik Sampah Biodegradable

Plastik sampah berfungsi untuk mengumpulkan seluruh jenis sampah yang tertinggal di rumah dari bekas banjir. Namun, pastikan untuk memilih jenis kantung yang biodegradable agar plastiknya bisa terurai dengan alami, sehingga tidak mencemari lingkungan.

2. Sekop

Mungkin, sekop dikenal sebagai alat yang digunakan untuk berkebun. Namun, sekop bisa digunakan sebagai alat kebersihan rumah pasca banjir untuk menyendok sisa lumpur.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memungut seluruh sisa sampah banjir sekaligus jika menggunakan sekop.

Sekop untuk membersihkan sisa-sisa bekas banjir
Krisbow Sekop Taman D Handle

Beli di sini

Sekop dengan gagang kayu untuk mengangkat sisa sampah banjir
Krisbow Sekop Bundar Dengan Gagang Kayu

Beli di sini

3. Alat Pel

Salah satu peralatan kebersihan pasca banjir yang wajib kita punya adalah alat pel.  Mengepel lantai bisa membuat zat alergen, kuman, hingga sisa bakteri yang menumpuk ikut terangkat.

Kamu bisa menggunakan alat pel putar yang sudah dilengkapi ember supaya lebih mudah saat memeras kotoran dari kain pel tersebut.

Peralatan kebersihan untuk mengepel lantai pasca banjir di rumah
Proclean Set Alat Pel Putar Dengan Ember – Biru

Beli di sini

4. Vacuum Cleaner

Setelah lumpur dan kotoran hilang, kamu bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot segala sisa debu dan kotoran yang menempel di lantai, karpet, dan tempat tidur.

Soalnya, vacuum cleaner bisa mengangkat partikel debu dan kotoran kecil secara mudah. Ini dia beberapa pilihan vacuum cleaner yang bisa kamu gunakan.

Vacuum cleaner adalah alat kebersihan pasca banjir yang sangat penting
Blast Vac Pro Penghisap Debu V02406

Beli di sini

5. Cairan Disinfektan

Tahap akhir setelah lantai rumah bersih adalah menyemprotkan cairan disinfektan ke perabot di rumah, seperti tempat tidur, karpet, hingga gorden. Soalnya, disinfektan bisa menghilangkan kuman dan meningkatkan kualitas udara di rumah.

Baca Juga:   Cara Mudah Membersihkan Hurom Slow Juicer

Nah, berikut ini rekomendasi alat semprotan disinfektan yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan area rumah.

Disinfektan untuk membersihkan rumah pasca banjir
Krisbow 380 Ml Nano Spray Gun Atomizer Disinfektan

Beli di sini

6. Dehumidifier

Setelah lantai dan perabot rumah sudah bersih, kamu perlu menggunakan dehumidifier supaya udara ruangan bisa kembali stabil dan membatasi perkembangan tungau.

Selain itu, dehumidifier juga bisa mencegah tumbuhnya jamur dari sisa-sisa kotoran yang menempel di bagian tembok. Berikut ini rekomendasi dehumidifier yang bisa kamu gunakan.

Dehumidifier untuk menurunkan tingkat kelembaban ruangan
Kris 800 Ml Dehumidifier Mini – Putih

Beli di sini

Dehumidifier berwarna putih untuk membersihkan ruangan yang lembab
Perfect Aire Dehumidifier 50 Ltr – Putih

Beli di sini

Itu dia beberapa peralatan kebersihan pasca banjir yang akan kamu butuhkan untuk mengembalikan kebersihan rumahmu seperti sedia kala. Seluruh perlengkapan kebersihan tersebut bisa kamu dapatkan hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan peralatan elektronik dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Selma, dan masih banyak lagi.

#BerawalDariRumah yang bersih, aktivitas pun menjadi lebih nyaman.