10 Daftar Cara Bersih-Bersih Rumah Setelah Banjir Melanda

0
1484
bersih-bersih banjir

Bersih-bersih rumah setelah banjir menjadi kegiatan yang cukup merepotkan dan melelahkan karena kita harus mengeluarkan perabot satu per satu. Belum lagi, ada berbagai bekas banjir, seperti noda dan jamur di setiap sudut rumah.

Namun, aktivitas ini wajib kita lakukan untuk mengurangi penyebaran kuman dan bakteri. Apalagi, banjir sering terjadi di saat musim hujan yang udaranya cukup lembap.

Ruparupa Banner

Untuk membersihkan rumah sehabis banjir, kita perlu menyiapkan beberapa perlengkapan, seperti pemutih, cairan pembersih lantai, disinfektan, air hangat, dan air bersih.

Bagaimana Cara Membersihkan Rumah Sehabis Banjir?

Agar waktu bersih-bersih setelah banjir jadi lebih efisien, berikut beberapa tips penting yang bisa kamu jadikan panduan.

1. Membersihkan Furniture Kayu

Tips bersih-bersih rumah sehabis banjir yang pertama bisa kita mulai dari furnitur kayu, seperti lemari pakaian, rak buku, meja tamu, dan berbagai furniture kayu lainnya.

Perabot ini perlu dibersihkan sesegera mungkin jika banjir sudah surut. Soalnya, kayu yang terendam air dalam waktu lama bisa lapuk dan hancur.

Cukup tuangkan segelas cuka putih ke dalam ember dan campurkan dengan air hangat serta detergen. Lalu, kamu bisa mengelap perabot kayu dengan cairan pembersih tersebut secara merata.

Jika sudah, bilas kembali menggunakan air bersih dan lap lagi dengan kain kering. Pastikan perabot kayu sudah kering sebelum digunakan kembali untuk mengurangi perkembangan jamur.

bersih-bersih banjir
Perabot yang terbuat dari kayu bisa kamu gunakan kembali setelah banjir jika dibersihkan dengan saksama

2. Tips Bersih-Bersih Tempat Tidur Setelah Banjir

Jika seluruh permukaan tempat tidur sudah terendam banjir, sebaiknya mengganti dengan yang baru karena pasti ada penumpukan jamur. Namun, jika hanya sedikit bagian yang terendam air banjir, maka kamu bisa membersihkannya sendiri.

Pertama-tama, kita perlu menjemurnya dulu di bawah sinar matahari hingga seluruh bagian kasur bisa kering.

Setelah itu, gunakan vacuum cleaner bertekanan tinggi untuk menyedot sisa debu dan kotorannya.

bersih-bersih banjir
Bersihkan seluruh sisa debu dan kotoran di kasur menggunakan vacuum cleaner

3. Bersihkan Karpet yang Terendam Banjir

Cara membersihkan karpet yang terkena banjir sebenarnya mirip dengan tempat tidur. Perbedaannya adalah karpet yang terkena banjir harus langsung dicuci dengan cairan pembersih dan air bersih.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Alat Cuci Mobil Terbaik Untuk Hasil Bersih yang Maksimal

Agar tidak bau, semprotkan cuka putih ke permukaan karpetnya. Kemudian, jemur karpet tepat di bawah sinar matahari hingga kering.

4. Hindari Menyalakan Alat Elektronik

Alat elektronik yang terkena rendaman air banjir juga rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, hindari langsung menyalakan alat elektronik tersebut.

Lebih baik jemur terlebih dahulu peralatan elektronik di luar rumah sampai benar-benar kering. Kemudian, lap seluruh bagian alat elektronik sampai air pasca banjir benar-benar hilang.

Bila ada yang berkarat atau rusak, lebih baik segera bawa ke teknisi untuk diperbaiki agar alat elektronik bisa digunakan lagi.

5. Bersihkan Tekstil Rumah Tangga

Tekstil rumah tangga, seperti sarung bantal dan gorden, bisa membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik. Namun, jika banjirnya cukup besar, tidak menutup kemungkinan jika tekstil ini bisa terendam juga.

Untuk membersihkannya, cuci berbagai tekstil rumah tangga menggunakan detergen lembut dan air hangat supaya lebih steril.

Jika ingin mengurangi bau apek dari bekas rendaman banjir, maka langsung saja semprotkan pewangi ketika sudah kering.

bersih-bersih banjir
Semprotkan pewangi untuk mengangkat bau apek di berbagai tekstil rumah tangga

6. Tips Membersihkan Dekorasi Perak dan Logam

Dekorasi rumah dari perak dan logam memberi kesan ruangan yang minimalis, tetapi tetap aesthetic. Jika dekorasi rumah juga ikut terendam banjir, tidak perlu segera membuangnya.

Cukup rendam dalam air bersih yang mendidih selama 10 menit. Setelah itu, lap seluruh permukaannya dengan kain kering. Hindari penggunaan disinfektan karena dapat menimbulkan reaksi karat pada logam.

7. Bersihkan Perlengkapan Dapur

Peralatan masak dan makan yang terendam air banjir biasanya akan dilumuri oleh bekas lumpur. Tips membersihkan perlengkapan dapur cukup mudah.

Rendam alat makan, seperti gelas dan piring yang terbuat dari porselen, kaca, atau plastik dengan campuran cairan pembersih atau disinfektan dan air hangat selama 10 menit. Jika sudah, kamu bisa membilasnya kembali dengan air mengalir.

Sedangkan untuk alatan masak, seperti wajan dan spatula, bisa direndam dalam air mendidih selama 10 menit. Kemudian, gosok sedikit permukaannya dan bilas kembali dengan air bersih. Lalu, tunggu hingga kering sebelum digunakan kembali.

bersih-bersih banjir
Gosok permukaan alat masak yang masih ada sisa kotorannya

8. Bersihkan Mainan Anak

Saat banjir melanda, kita lebih mengutamakan untuk menyelamatkan berbagai dokumen penting daripada mainan anak. Padahal, mainan tersebut juga perlu dibersihkan.

Namun, untuk jenis mainan yang terbuat dari kain lembut seperti boneka, lebih baik segera membuangnya saja karena sudah dipenuhi bakteri.

Baca Juga:   5 Manfaat Pressure Washer yang Perlu Kamu Tahu

Sedangkan mainan dari plastik, kayu, dan stainless steel  yang terendam banjir, bisa kamu bersihkan segera dengan cara dibilas menggunakan disinfektan dan air bersih.

9. Tips Membersihkan Dokumen Penting dan Foto

Dari berbagai jenis perlengkapan rumah tangga yang terendam banjir, membersihkan dokumen penting dan foto merupakan hal yang paling sulit dilakukan. Soalnya, kemungkinan dokumen dan foto tersebut sudah berwarna kecokelatan.

Namun, kamu bisa mengelapnya secara perlahan menggunakan kain kering. Jika sudah, segera jemur dokumen di bawah sinar matahari atau menggunakan kipas angin.

Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, sebaiknya segera laminating seluruh dokumen penting dan letakkan di lemari bagian atas.

bersih-bersih banjir
Bingkai foto atau pigura bisa kamu gunakan seperti sedia kala jika sudah dibersihkan

10. Tips Membersihkan Mobil

Mobil yang diparkir di garasi rumah bisa terendam banjir jika luapan airnya tinggi. Untuk mobil dengan asuransi all risk, kamu hanya perlu menghubungi pihak asuransi saja untuk segera klaim asuransinya.

Hindari menyalakan mobil terkena banjir karena dapat menyebabkan water hammer. Lakukan beberapa tips berikut ini untuk mencegah mobil rusak akibat terendam bajir.

  • Langsung lepas kabel aki terlebih dahulu.
  • Bersihkan interior dan eksterior mobil dari lumpur, kemudian keringkan.
  • Copot filter angin.
  • Buka dan copot busi mobil.
  • Cek tangki bensin atau solarnya, apakah kemasukan air? Jika ya, segera buang seluruh isinya.
  • Jika kamu memiliki kompresor angin, semprot angin untuk mengeringkan lubang busi, tempat sekring, dan komputer mobil.
  • Pastikan semua kering sebelum kamu mengisinya dengan oli baru kembali.
  • Pasang atau ganti filter angin.
  • Hubungkan kabel aki.
  • Bila sudah benar-benar kering, coba nyalakan mesin. Jika terjadi korslet, maka kamu harus mengganti komponen, sekring, atau ECU mobil.
bersih-bersih mobil
Sumber: Unsplash/Norbert Buduczki

Itu dia berbagai kumpulan tips yang bisa kamu ikuti untuk bersih-bersih rumah setelah banjir.

Perlu diingat, seluruh perlengkapan rumah tangga yang sudah terendam banjir selama 48 jam atau lebih, sebaiknya tidak digunakan kembali untuk mencegah risiko penyakit.

Nah, seluruh alat kebersihan di ats bisa kamu dapatkan di situs ruparupa.com.

miliki perlengkapan kebersihan
hemat 50% dengan klik di sini.

Situs belanja online ini juga memiliki berbagai perlengkapan rumah tangga lengkap, mulai dari alat perkakas, set tempat tidur, hingga mainan anak dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.