Catat 6 Persiapan Wajib Menghadapi Gempa Susulan Ini!

0
492
menghadapi gempa susulan
Sumber: pixabay.com

Menghadapi sebuah bencana yang seringkali tidak terduga memang membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya persiapan wajib untuk menghadapi gempa bumi yang sering terjadi secara tiba-tiba.

Gempa bumi sendiri memiliki tanda dengan munculnya getaran dari bumi yang bisa mengguncang seisi rumah, hingga yang paling parah bisa merobohkan bangunan atau menyebabkan tsunami.

Ruparupa Banner

Baru-baru ini, gempa bumi sebanyak 12 kali dalam satu hari di waktu yang berbeda-beda terjadi di Sumatera Barat pada tanggal 29 Agustus 2022 lalu. Hal ini menunjukkan bahwa bisa jadi ada gempa susulan setelah guncangan pertama. 

Gempa bumi susulan dapat muncul dalam skala yang ringan, tapi tidak menutup kemungkinan bisa jadi lebih berat. Selain mempersiapkan tas bencana siaga, kita juga perlu mempersiapkan beberapa hal demi menghadapi gempa bumi susulan tersebut.

Lalu, Apa Saja Persiapan Wajib Menghadapi Gempa Susulan?

Sebagai bentuk antisipasi, berikut beberapa persiapan untuk menghadapi gempa susulan yang perlu kita ketahui. 

1. Gunakan aplikasi pendeteksi gempa

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menyediakan aplikasi pendeteksi gempa yang bisa kamu akses lewat handphone android ataupun iOS. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai kualitas udara, perkiraan cuaca, serta gempa bumi.

Jadinya, kamu bisa mengetahui saat gempa terjadi dan prediksi munculnya guncangan susulan. Dengan begitu, kamu bisa segera mempersiapkan diri dan orang terdekat jika gempa susulan terjadi.

Baca Juga:   8 Barang Wajib Di Dalam Tas Siaga Bencana

2. Menenangkan pikiran saat menghadapi gempa susulan

Guncangan gempa bumi tentu membuat orang merasa tidak tenang atau panik. Padahal, saat menghadapi gempa, kita harus tetap dalam keadaan tenang. Jadi, sebelum menghadapi gempa susulan, cobalah untuk tetap tenang.

Dengan pikiran yang tenang, kita bisa lebih fokus dan cepat memikirkan langkah apa yang harus dilakukan saat menghadapi gempa susulan. Kamu bisa menenangkan pikiran dengan mengolah pernapasan dan berdoa. 

tips menghadapi gempa susulan
Sumber: unsplash.com

3. Mulai mengemas barang berharga

Setelah menghadapi gempa pertama, kita pasti akan berada dalam kondisi pikiran yang tidak fokus. Jadi, setelah sudah menenangkan pikiran, kita bisa mulai mengemas barang-barang berharga di rumah di dalam tas darurat bencana.

Berbagai barang berharga yang perlu kamu bawa adalah uang, dokumen penting, perhiasan, hingga beberapa pasang pakaian. Kamu bisa menggunakan koper mini yang mudah dibawa seperti berikut ini.

Passport 24 Inci Rein Koper 4 Roda - Abu-abu
Passport 24 Inci Rein Koper 4 Roda – Abu-abu

Beli di sini

menghadapi gempa susulan Legend Walker 18 Inci Blade Koper - Hitam
Legend Walker 18 Inci Blade Koper – Hitam

Beli di sini

4. Sediakan barang kebutuhan pokok

Tidak hanya barang berharga, kita juga perlu menyediakan berbagai kebutuhan pokok untuk persediaan selama evakuasi jika terjadi gempa susulan. Beberapa kebutuhan pokok yang bisa kamu bawa,  dari makanan, minuman, alat kebersihan, hingga obat-obatan.

Berikut ini rekomendasi botol minum untuk membantu kamu terhindar dari dehidrasi dan kotak P3K. 

Appetite 1 Ltr Wisely Botol Minum - Oranye
Appetite 1 Ltr Wisely Botol Minum – Oranye

Beli di sini

menghadapi gempa susulan Tactix Kotak P3k 6 Ltr - Merah
Tactix Kotak P3k 6 Ltr – Merah

Beli di sini

5. Buat akses alternatif keluar rumah saat gempa susulan

Apakah akses untuk keluar dari rumah cukup mudah atau harus membuka beberapa lapis pintu? Jika sulit, maka kita perlu membuat akses alternatif yang berfungsi sebagai jalur evakuasi jika terjadi gempa susulan.

Cara membuat akses alternatif ini cukup mudah, lho. Kita dapat menyingkirkan berbagai benda yang akan menghambat saat keluar rumah, seperti kursi, meja, lemari, dan sebagainya.

Baca Juga:   8 Peralatan Darurat Banjir yang Kamu Harus Punya

Jika rumah kita bertingkat, pastikan seluruh anggota keluarga berada di bawah dan dekat dengan pintu keluar. Untuk sementara waktu, kamu juga tidak perlu mengunci rumah agar nantinya mudah dibuka dengan cepat.

Sediakan juga benda keras, seperti palu atau perkakas lainnya di dekat pintu rumah atau pagar agar mudah dijangkau. Hal ini bertujuan untuk mengatasi kejadian tak terduga, seperti pintu macet atau gagang pintu rusak.   

Tactix Set 31 Pcs Perkakas Multifungsi
Tactix Set 31 Pcs Perkakas Multifungsi

Beli di sini

6. Jauhi kawasan laut untuk menghindari gempa susulan dan tsunami

Bencana gempa bumi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Nah, jika kita sedang berada di dekat pantai atau laut saat terjadi gempa bumi, pastikan untuk segera pergi dari kawasan tersebut. 

Hal ini dikarenakan dampak lanjutan dari bencana gempa bumi bisa jadi menimbulkan tsunami, lho. Jadi, lebih baik cari wilayah daratan yang lebih tinggi dan aman. 

Nah, itu dia beberapa persiapan wajib untuk menghadapi gempa susulan yang bisa kamu coba terapkan saat menghadapi bencana tersebut. Pastikan untuk tetap tenang dan mempersiapkan segala hal dengan baik, ya. 

Kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan darurat bencana lainnya hanya di ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, Pendopo, Ataru, dan lain-lain. 

Kami juga punya beberapa perlengkapan untuk menghadapi bencana yang terjadi tidak terduga seperti berikut ini.

Reisenthel Ukuran L Tas Travel All Rounder Mt7033
Reisenthel Ukuran L Tas Travel All Rounder Mt7033

Beli di sini

menghadapi gempa susulan Krisbow Jas Hujan Pvc Ukuran L - Kuning
Krisbow Jas Hujan Pvc Ukuran L – Kuning

Beli di sini

Appetite Pastello Tempat Makan - Hijau
Appetite Pastello Tempat Makan – Hijau

Beli di sini

Tactix Palu Konde Dengan Gagang Tpr 226 Gr
Tactix Palu Konde Dengan Gagang Tpr 226 Gr

Beli di sini