Kucing Sedang Stres? Ikuti 7 Cara Mengatasinya Ini

0
901
cara mengatasi kucing stres
Sumber: Unsplash.com

Kucing memang hewan karnivora yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun, sama seperti manusia, kucing juga bisa mengalami stres, lho.

Stres yang dialami oleh kucing  dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari lingkungan yang kurang nyaman hingga karena adanya penyakit.

Ruparupa Banner

Jadi, sebelum memelihara kucing, kita perlu memahai cara merawat kucing terlebih dahulu dan mengetahui cara untuk mencegah terjadinya stres pada kucing.

Soalnya, kalau terus dibiarkan, kucing peliharaan kamu bisa mengalami sejumlah masalah kesehatan dan bertindak lebih agresif dibandingkan biasanya.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Stres?

Nah, supaya kamu tidak bingung, berikut ini kami sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres pada kucing.

1. Siapkan Tempat Istirahat yang Nyaman

Langkah pertama untuk mencegah kucing stres adalah dengan menyiapkan tempat istirahat yang jauh dari bising dan gangguan.

Selain itu, kalau kamu memiliki kucing lebih dari satu, kamu harus menyiapkan litter box berisi pasir halus untuk masing-masing kucing.

Sebelum membeli, pastikan litter box memiliki ukuran yang lebih besar dari tubuh kucing. Selain itu, pastik kamu membersihkannya secara rutin, ya. Berikut adalah rekomendasi litter box dan pasir kucing yang bisa kamu beli.

2. Hindari Mengurung Kucing

Pada dasarnya, kucing adalah hewan yang senang berkeliaran. Jika kamu mengurungnya terlalu lama di dalam kandang, kucing akan cepat bosan dan mudah stres karena ia merasa kesepian. Akibatnya, hewan peliharaan kamu jadi rentan terkena penyakit.

Kalau kamu takut kucing akan kabur pada malam hari, kamu bisa mengunci semua pintu dan jendela agar ia tidak keluar rumah.

3. Berikan Mainan yang Disukai Kucing

Sebagai hewan yang senang bereksplorasi dan memanjat, kamu bisa menyediakan mainan vertikal, seperti cat tree, agar kucing tidak mudah bosan.

Selain itu, kucing juga memiliki kebiasaan menggaruk dan mencakar sehingga kamu perlu menyiapkan mainan yang bisa digunakan kucing untuk melakukan hal tersebut, seperti berikut ini.

cat tree mengatasi kucing stres
Mainan Kucing Toy Tree 6121 61x49x111 Cm
Cat tree untuk mengembalikasi mood kucing dan dilapisi kain bulu halus.

Beli di sini

mainan agar kucing tidak stres
Pawise 48x22x8.5 Cm Mainan Kucing Scratcher Bentuk Ikan
Bantu menghindari kucing mencakar perabot rumah.

Beli di sini

4. Ajak Kucing Bermain

Sebagai pemilik, ada baiknya jika kamu selalu meluangkan waktu untuk mengajak kucing bermain. Namun, perhatikan juga kondisi mood-nya. Hindari memaksa kucing untuk berinteraksi saat ia tidak mau.

Biarkan  kucing kesayangan kamu menentukan kapan ia ingin bermain dan tidak untuk menghindarinya dari stres.

5. Cek Kesehatan dan Kebersihan Secara Rutin

Baik itu kucing atau hewan peliharaan lain, tentu kamu harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Jadi, jika kucing sakit, kamu bisa memberikannya penanganan lebih cepat.

Selain itu, rawat dan bersihkan kucing secara berkala agar terhindar dari kutu kucing. Nah, untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan alat-alat perawatan, seperti berikut ini.

6. Hindari Perubahan Lingkungan Secara Mendadak

Lingkungan dan jadwal makan kucing yang selalu berubah-ubah dapat membuatnya cepat stres. Oleh sebab itu, pilih satu lokasi untuk menempatkan kandang kucing dan hindari memindahkannya secara terus-menerus.

Kemudian, buatlah jadwal makan dan bermain untuknya, lalu ikuti jadwal tersebut secara konstan. Jika kamu terpaksa harus mengubah salah satu dari kedua hal di atas, lakukan secara perlahan dan hindari perubahan yang mendadak.

banner inspirasi

7. Berikan Makanan Bernutrisi

Makanan yang kurang tepat dapat menurunkan nafsu makan dan membuat kucing jadi stres. Jadi, pahami kebutuhan nutrisi kucing dan pastikan makanan yang kamu berikan mengandung seluruh nutrisi tersebut.

Selain itu, hindari juga memberikan makanan yang pantang disantap oleh kucing agar ia tidak mengalami keracunan. Berikut adalah rekomendasi makanan kucing terbaik yang bisa kamu berikan.

makanan kucing royal canin
Royal Canin Indoor Adult Dry Makanan Kucing Dewasa 400 Gr
Makanan kucing dewasa bantu memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi kucing.

Beli di sini

makanan kucing wet food
Royal Canin Intense Beauty Gravy Wet Makanan Kucing Dewasa 85 Gr
Mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing.

Beli di sini

Nah, itu dia cara mengatasi kucing stres yang dapat kamu lakukan. Namun, jika kucing kamu terus-menerus mengalami stres, kamu bisa segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya.

Dapatkan seluruh kebutuhan hewan peliharaan hanya melalui Ruparupa.com.

Selain perlengkapan hewan peliharaan, situs belanja online ini juga menyediakan berbagai perabot rumah tangga lainnya dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi. Yuk, kunjungi sekarang sebelum kehabisan!