Tahukah kamu bagaimana cara merawat anak kucing  yang benar ? hindari membeli hewan peliharaan tanpa mengerti bagaimana cara memeliharanya. Pasalnya memelihara kucing yang baru lahir atau tanpa induk memiliki tantangan tersendiri yang harus tahu. 

Tanpa  perlu berlama-lama lagi yuk kita cari tahu segera, apa saja sih step yang harus kamu mengerti dan lakukan 

Cara merawat anak kucing 

Perhatikan panduan ini agar kamu bisa memelihara hewan kesayangan kamu dengan benar

Cara merawat anak kucing
Source: Pixabay

Melalui informasi kali ini kami akan membagikan beberapa cara merawat anak kucing baru lahir yang akan terbagi dalam beberapa bagian

Perhatikan asupan nutrisi 

Setelah lahir kucing peliharaan yang menggemaskan ini perlu mendapatkan semua nutrisi yang mereka perlukan sama halnya seperti manusia yang membutuhkan kombinasi makanan yang baik dan memiliki gizi lengkap.

 Awalnya hewan berbulu yang memiliki pola dan warna bervariasi ini, akan menyusu pada induknya. Namun seiring  berjalannya waktu  kamu bisa memberi makanan anak kucing menggunakan daging ikan, ayam atau olahan tempe kukus. 

Hindari memberikan susu sapi atau minuman yang mengandung gula tambahan

Menurut dokter hewan Gary Ritcher, hewan menggemaskan yang baru lahir hanya bisa mencerna laktosa, namun tidak untuk jangka panjang. Karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, serta perubahan perilaku seperti menggaruk

Hal di atas dapat terjadi karena setelah mengonsumsi susu sapi, tubuh si mpus tidak bisa mencernanya dan menyebabkan fermentasi, juga menambah kadar lemak. Dari fakta inilah hindari susu yang berasal dari sapi, atau tambahan gula karena kucing tidak memiliki toleransi terhadap laktosa. 

Perhatikan kebersihannya

Penting untuk menjaga kesehatan yang lebih terjaga dan maksimal, perhatikan litter Box atau tempat pembuangan kotoran nya bersihkan setiap hari atau saat kamu melihat hewan peliharaan kamu selesai membuang air.

Mungkin hal ini terkesan rumit namun sangat perlu kamu lakukan, untuk menjaga kesehatan dan menjauhkan hewan peliharaan dari kuman maupun bakteri yang mungkin berkembang biak secara cepat

Berikan waktu untuk bermain

Sama atau yang memberi waktu emosi dan fisik, Mengingat hal ini lah kamu harus mengajak kucing untuk bermain dan tidak hanya meletakkannya di dalam kandang.

Hewan yang memiliki kumis halus ini mereka suka menghabiskan waktu dan energinya dengan berinteraksi dengan pemiliknya atau bermain dengan mainan kucing. agar tidak bosan milikilah dua atau tiga jenis permainan yang berbeda bentuk atau warna. 

Grooming

Cara merawat anak kucing berikutnya yang harus kamu lakukan adalah sering membawanya untuk melakukan perawatan seperti mandi, menyikat gigi, apalagi untuk kucing yang memiliki bulu lebat dan panjang.

Kamu bertanya Mengapa sih belum ingin diperlakukan? maka alasannya sangat banyak beberapa di antaranya 

  • Menghilangkan kulit mati
  • Mencegah bulu menjadi kusut atau fur ball
  • Menghilangkan Debu
  • Mencegah kerontokan yang berlebihan
  • Menjauhkan kucing  dari resiko menelan bulu yang akan menumpuk dalam perut.

Memberikan lokasi yang nyaman

 Anak kucing yang baru lahir  belum terbiasa dengan hiruk-pikuk yang ada,  sehingga untuk mengatasinya berikan tempat yang nyaman dan menenangkan. Cara ini sendiri dapat menjauhkan dari stres akibat suara yang berlebihan.

Menyediakan tempat tersembunyi dan tinggi

Bagi kamu yang memiliki area lebih,  kamu dapat membeli rumah kucing yang lebih tinggi dan besar,  yang mana akan memberikan kenyamanan tersendiri dan membantu untuk beradaptasi lebih mudah.Namun tidak perlu khawatir Jika kamu hanya memiliki area terbatas, karena cukup gunakan kasur kucing yang memiliki penutup pada bagian atasnya.

Untuk mendapatkan semua perlengkapan semua kebutuhan untuk hewan kesayangan kamu, percayakan pada Ruparupa yang merupakan situs belanja online dari Brand Kawan Lama Group. Melalui situs ini setiap penggunanya dapat merasakan pengalaman berbelanja yang nyaman serta aman.

Dapatkan juga berbagai penawaran menarik seperti potongan harga, cash back, hingga metode pembayaran yang beragam seperti cicilan mulai 3, 6 hingga 12 bulan dari bank bank terpercaya.