6 Jenis Nutrisi Ini Wajib Ada Dalam Makanan Kucing

0
1689
makanan kucing
Sumber: Unsplash.com

Merawat kucing di rumah perlu memperhatikan banyak hal, mulai dari rutin membersihkan kandang, cek kesehatannya secara berkala, hingga hal yang paling penting adalah memilih jenis makanan kucing.

Apalagi, tidak semua jenis makanan dapat dikonsumsi oleh kucing. Jika kita salah memberikan makanan, bisa-bisa kucing kesayangan kita jadi keracunan dan rentan terkena penyakit, lho.

Ruparupa Banner

Selain jenis makanan,  kandungan nutrisi dari makanan tersebut pun perlu diperhatikan. Soalnya, sebagian besar sumber energi dan nutrisi yang dibutuhkan kucing hanya bisa didapatkan melalui makanannya.

Lalu, Nutrisi Apa Saja yang Harus ada Dalam Makanan Kucing?

Unuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harusmemahami jenis-jenis nutrisi harian yang dibutuhkan oleh kucing, seperti di bawah ini. Dengan begitu, kita dapat memberikan santapan yang paling pas buat kucing. 

1. Protein dari Sumber Hewani

Protein adalah sumber nutrisi utama kucing yang wajib ada dalam makanannya setiap hari. Apalagi, protein memiliki manfaat untuk menjaga seluruh jaringan dan organ tubuh kucing. 

Selain itu, protein hewani juga dapat meningkatkan kesehatan cakar dan bulu kucing agar tidak rontok dan menipis. Bila kucing kekurangan protein, biasanya mereka jadi kurang lahap saat menyantap makanan sehingga membuatnya jadi kurus dan tidak bertenaga.

Baca Juga:   Makanan Kucing Kampung yang Sehat dan Anti Ribet!
makanan kucing protein
Sumber: Unsplash.com

2. Lemak

Sama halnya dengan manusia, lemak juga dibutuhkan  oleh kucing untuk sumber energi, memelihara suhu tubuh, dan melarutkan vitamin D, vitamin  A, vitamin E, dan vitamin K.

Oleh karena itu, ada baiknya berikan makanan kucing yang mengandung omega-3 dan omega-6. Apalagi, kucing hanya dapat memperoleh lemak baik tersebut melalui apa yang dikonsumsinya.

3. Karbohidrat

Memang, kelebihan karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah pada kucing. Apalagi, hewan satu ini tidak benar-benar membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energinya utamanya.

Namun, karbohidrat yang seimbang tetap bisa memberikan manfaat, seperti sebagai sumber energi cadangan. Nah, kamu bisa memberikan karbohidrat pada kucing dari biji-bijian, gandum, dan beras.

makanan kucing karbohidrat
Sumber: Unsplash.com

4. Mineral

Sumber mineral, seperti zat besi dan zinc, juga dibutuhkan untuk menjaga tubuh kucing tetap sehat.

Zat besi dapat membantu memperlancar sirkulasi oksigen dalam tubuh kucing. Sedangkan zinc bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit kucing.

Selain itu, kamu juga perlu memberikan makanan yang mengandung kalsium dan mangan untuk membantu menjaga kesehatan tulang kucing.

5. Vitamin

Kucing juga membutuhkan vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, dan D. Soalnya, vitamin tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, tulang, dan bulu kucing.

Baca Juga:   4 Cara Mencuci Tempat Tidur Anjing dengan Benar

Tidak hanya berdampak pada kondisi fisik kucing, kekurangan vitamin juga dapat membuat hewan satu ini jadi gampang stres, lesu, dan mudah lelah ketika beraktivitas.

6. Air

Sama seperti manusia, tubuh kucing terdiri dari 70% air sehingga ia perlu memperoleh air dari santapan yang dikonsumsinya. Bagi kucing, air bermanfaat untuk membantu proses metabolisme, menghantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, dan mengeluarkan racun.

Oleh karena itu, kamu bisa memberikannya makanan basah secara berkala untuk memastikan kebutuhan airnya tercukupi.

makanan kucing basah
Sumber: Unsplash.com

Nah, itu dia beberapa jenis nutrisi yang wajib ada dalam makanan kucing. Agar hewan kesayangan kamu tetap sehat, pastikan memilih makanan kucing yang paling tepat dan berkualitas, seperti rekomendasi berikut ini.

royal canin wet food
Royal Canin Intense Beauty Gravy Wet Makanan Kucing Dewasa 85 Gr
Mengandung nutrisi lengkap untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu.

Beli di sini

royal canin dry food
Royal Canin Sterilised Dry Makanan Kucing Dewasa 2 Kg
Mengandung nutrisi dan gizi lengkap untuk menaga berat badan ideal.

Beli di sini

whiskas makanan kucing
Whiskas Makanan Kucing Pouch Tuna & White Fish 80 Gr
Mengandung nutrisi seimbang dengan rasa tuna dan ikan putih.

Beli di sini

royal canin digestive care
Royal Canin Digestive Care Dry Makanan Kucing Dewasa 2 Kg
Mengandung gizi seimbang untuk kucing dengan sistem pencernaan sensitif.

Beli di sini

Temukan berbagai makanan hewan peliharaan lainnya dari Pet Kingdom hanya melalui Ruparupa.

Melalui situs belanja satu ini, kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan home living lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.