Promo Hunaian Cantik penuh Gaya

Dalam masa pandemi seperti ini, banyak orang yang fokus pada hobi masing-masing sembari mengisi waktu luang selama di rumah. Salah satu hobi yang paling orang gemari adalah menanam tumbuhan. Banyak sekali yang menjadikan halaman rumah mereka menjadi kebun kecil yang rindang. Tanaman kaktus juga menjadi favorit bagi para penggemar berkebun karena perawatannya yang lebih mudah dibandingkan tanaman lain. Oleh karena itu, yuk simak cara menanam kaktus yang praktis dan mudah.

Cara Menanam Kaktus

Temukan Wadah Untuk Menanam Kaktus

Kebanyakan kaktus memiliki akar yang dangkal dan tumbuh dalam waktu yang lambat, jadi pilihlah wadah yang dangkal. Anda tidak membutuhkan wadah yang dalam atau besar.

Tambahkan Kerikil dan Campuran Pot

cactus soil mix
sumber: pixabay.com

Sebarkan lapisan kerikil atau kerikil kecil di dasar wadah Anda. Tambahkan campuran pot yang dirancang untuk kaktus. Campuran pot untuk tanaman pada umumnya menahan terlalu banyak air untuk kaktus, maka pilih campuran yang khusus untuk kaktus.  

Atur Kaktus Anda

mengatur letak pada saat menanam katus
sumber: snappygoat.com

Ketika kaktus Anda masih dalam pot aslinya, Anda bisa bereksperimen dengan menyusunnya di dalam wadah. Saat Anda senang dengan desain Anda, buat lubang untuk kaktus Anda di campuran pot.

Mengeluarkan Kaktus

removing cactus from pot
sumber: YouTube.com

Sekarang untuk bagian yang sulit: mengeluarkan kaktus dari potnya. Kenakan sarung tangan tebal untuk melindungi tangan Anda dan gunakan penjepit untuk mengeluarkan tanaman dengan hati-hati. Beberapa duri bahkan dapat menembus sarung tangan yang tebal.

Jika Anda tidak ada sarung tangan, Anda bisa melipat lapisan koran atau karton ringan menjadi pita tebal. Bungkus di sekitar setiap tanaman sebelum Anda mengangkatnya.

Jika kaktus Anda menempel di potnya, tepuk pelan pada permukaan yang keras, atau masukkan pisau tumpul di sekeliling bagian dalam pot. Jika tidak berhasil, Anda mungkin harus memecahkan wadahnya. Kenakan alat pelindung mata sebelum Anda menghancurkan pot kaktus.

Pemadatan Tanah Pada Saat Menanam Kaktus

Saat tanaman Anda sudah terpasang, gunakan sekop kecil, sendok atau alat lain untuk menambahkan lebih banyak campuran pot agar menjadi padat.

Beri Air Pada Kaktus

memberikan air pada saat menanam kaktus
sumber: pixabay.com

Siram sedikit air pada kaktus. Tunggu sampai tanah mengering sebelum Anda menyiramnya kembali. Jika Anda memberikan air yang berlebihan, mereka bisa membusuk.

Nikmati Taman Anda

cactus garden
sumber: pxhere.com

Jika Anda ingin menghias taman kaktus Anda, letakkan kerikil hias atau batu kecil di atas tanah, atau tambahkan beberapa patung miniatur. Gunakan penjepit untuk memindahkan patung-patung itu ke dekat tanaman Anda.

Cara Merawat Kaktus

Pilih Lokasi yang Cerah Saat Menanam Kaktus

lokasi cerah saat menanam kaktus
sumber: thefloristmarket.com

Setelah terbentuk, sebagian besar spesies kaktus membutuhkan beberapa jam sinar matahari langsung setiap hari. Jendela yang menghadap ke selatan atau timur akan ideal untuk kebanyakan kaktus.

Namun, jika kaktus mulai tampak menguning, memutih, atau jingga, kemungkinan kaktus terlalu banyak cahaya, dan Anda harus memindahkannya ke jendela yang menghadap ke barat.

Sirami Kaktus Setiap Minggu Selama Musim Tanam

water cactus
sumber: pixabay.com

Penyiraman yang berlebihan dapat membunuh kaktus, tetapi tanaman akan membutuhkan air setiap minggunya selama periode pertumbuhan aktif. Saat tanah terasa kering, sirami tanaman sampai tanah benar-benar lembab.

Beri Pupuk Pada Kaktus Setiap Minggu Selama Musim Tanam

fertilizing the cactus
sumber: YouTube.com

Kaktus juga akan mendapat manfaat dari pemberian makan secara teratur selama musim semi, musim panas, dan musim gugur. Saat Anda menyiram kaktus setiap minggu, masukkan pupuk dengan formula 10-10-10 seimbang sebelum Anda siram.

Pastikan Banyak Sirkulasi Saat Menanam Kaktus

banyak sirkulasi saat menanam kaktus
sumber: flickr.com

Kaktus tidak selalu menyukai angin kencang atau angin kencang, tetapi mereka akan berkembang di daerah yang banyak udara segar. Anda dapat meningkatkan sirkulasi di rumah dengan membuka ventilasi dan membuka jendela selama cuaca hangat.

Putar Pot Setiap Bulan 

Seperti banyak tanaman, kaktus akan tumbuh ke arah cahaya, dan ini dapat menyebabkan pertumbuhan yang tidak merata atau menyimpang. Dorong pertumbuhan yang seimbang dengan memberi kaktus cahaya yang merata, dan putar pot seperempat putaran setiap bulan.

Mengganti Pot Kaktus Setiap Tahun

repotting cactus
sumber: YouTube.com

Pilih pot dengan drainase yang baik yang ukurannya lebih besar satu ukuran dari pot saat ini. Isi pot dengan campuran pot kaktus. Ambil kaktus, letakkan tangan Anda di sekitar pangkal tanaman, dan balikkan pot untuk mengeluarkan kaktus.

Ketuk akar dengan lembut untuk menghilangkan tanah yang sudah tua, dan pangkas akar yang mati atau kering. Tempatkan kaktus di pot baru dan padatkan tanah di dasar pot dengan tangan Anda.

Itulah cara menanam serta merawat kaktus yang praktis dan mudah. Pastikan Anda memiliki peralatan untuk memenuhi kebutuhan kaktus Anda. Anda bisa mendapatkan peralatan tersebut di Ruparupa. Ruparupa menjual perlengkapan rumah tangga dan furniture yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Segera penuhi kebutuhan Anda bersama Ruparupa!