Furniture festival Ruparupa

Jenis kaktus – tanaman yang satu ini selalu menjadi pilihan untuk mempercantik ruangan. Lalu kaktus apa yah yang cocok untuk ruangan Anda? Simak yuk 7 jenis kaktus hias berikut ini.

Jenis Kaktus Echeveria

id.pinterest.com/pin/230387337178058506

Bentuk kaktus yang menyerupai bunga akan terlihat artsy sehingga tak heran banyak pecinta kaktus yang berburu kaktus ini. Kaktus echeveria ini memliki banyak varian warna seperti hijau, pink, ungu, kuning, dan merah.

Jenis Kaktus Centong

aktuskbh.dk

Kaktus hias centong atau Opuntia cochenillifera ini disebut kaktus centong dikarenakan bentuknya yang lebar menyerupai centong nasi. Di luar negeri, kaktus centong juga dibudidayakan dan menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi.

Jenis Kaktus Echinocactus grusonii

id.pinterest.com/pin/389420699035344662

KaktusĀ Echinocactus grusoniiĀ memiliki bentuk menyerupai gentong. Kaktus ini berasal dari Meksiko dan Texas yang sering disebut sebagaiĀ golden barrelĀ alias gentong emas. Hal ini dikarenakan duri di seluruh permukaan berwarna kuning kecokelatan yang terlihat seperti gentong emas.Ā 

Jenis Kaktus Cereus tetragonus

etsy.me

Kaktus yang dapat Anda pelihara di rumah selanjutnya adalah kaktus jenisĀ Cereus tetragonous. Kaktus ini berasal dari Amerika dan dapat tumbuh tinggi. Bentuknya menyerupai kastil sehingga cocok diletakan di pagar rumah atau pun dijadikan sebagai penghias jendela.

Jenis Kaktus Haworthia attenuataĀ 

hoselink.com.au

Kaktus Haworthia attenuataĀ ini sering disebut juga sebagai tanaman zebra atau lidah buaya mini. Kaktus ini memiliki duri-duri kecil di bagian pinggir batangnya. Kaktus yang berasal dari Afrika Selatan ini dapat bertahan hidup dengan sedkit cahaya sehingga cocok diletakan di area dapur.

Jenis Kaktus Mammillaria fraileana

llifle.com

Kaktus Mammillaria fraileanaĀ dapat dibilang cukup meriah dalam hal penampilannya. Batang utama pada kaktus ini berbentuk bulat dan ditutupi duri panjang berwarna cokelat kemerahan. Kaktus ini juga dilengkapi dengan bunga yang cantik dan ramai loh.

Jenis Kaktus Cephalocereus senilis

lowersandflowerthings.com

KaktusĀ Cephalocereus senilisĀ biasa juga disebut kaktus orang tua. Hal ini dikarenakan seluruh bagian kaktus ini dipenuhi rambut panjang berwarna putih menyerupai kakek-kakek yang ada di film kolosal. Tidak tanggung-tanggung, rambut putih pada kaktus dapat tumbuh hingga 12 cm.

Selain kaktus menjadi tanaman hias yang cantik, perawatan kaktus juga tidak terlalu sulit loh Ruppers. Simak yuk cara merawat kaktus berikut ini.

Tidak Terkena Matahari Langsung

Kaktus terkenal dengan habitatnya ditempat panas, namun panas yang berlebihan juga tidak baik karena dapat membuat daun kaktus kuning Hidari kaktus terkena sinar matahari langsung. Anda dapat menempatkannya dibalik jendela atau meletakkannya di depan rumah untuk sesekali.

Peggunaan Tanah

Gunakan tanah yang bersih dan semi-gambut atau dapat menambahkan zat anorganik seperti perlit untuk meningkatkan drainase dan aerasi dalam semangkuk tanaman. Anda juga dapat mengganti tanah secara rutin.

Penyiraman

Lakukan penyiraman pada kaktus 2x sehari, tentunya menggunakan air yang bersih. Namun penyiraman tidak perlu berlebihan, cukup asal tanah basah namun tidak terendam air.


Suhu dan Kelembapan

Kaktus dengan berbagai jenis memiliki kepekaan terhadap suhu dan kelembapan yang berbeda. Kaktus memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa. Sehingga dapat dirawat dalam cuaca panas ataupun cuaca dingin.

Pupuk

Berikan pupuk atau vitamin untuk membantu kesuburan tanaman hias kaktus agar menjadi lebih baik dan sehat. Namun, berikan pupuk secara proporsional, sebab pupuk yang diberikan dalam jumlah banyak dapat berdampak tidak bagus pada tanaman ini.

Diatas adalah beberapa jenis dan cara merawat kaktus. Untuk Anda pecinta kaktus, Ruparupa juga punya beberapa barang referensi untuk Anda yang sangat menyukai kaktus. Simak yuk berikut ini.

Kaktus Artifisial

Hiasan Dinding Kaktus

Keranjang Kaktus

Vas Kaktus

Stoples Kaktus

Tidak hanya 5 barang diatas, masih banyak lagi koleksi kaktus lainnya di Ruparupa loh. Yuk, lengkapi koleksi kaktus Anda dengan penawaran spesial untuk Anda hanya di Ruparupa.