Promo Tetap Seru dirumah

Bonsai adalah seni yang merubah pohon biasa menjadi pohon miniatur. Seni ini merupakan salah satu bentuk seni terindah. Membuat pohon ini adalah kombinasi dari keterampilan artistik, perhatian yang baik terhadap detail, keseimbangan, dan kesabaran. Membuat bonsai tidak bisa dengan cara yang terburu-buru karena memerlukan perencanaan yang baik.

bonsai plant
sumber: pxhere.com

Peralatan Membuat Bonsai

Sebelum membuat bonsai, berikut adalah peralatan yang kalian butuhkan

Tanaman bonsai

Tanaman bonsai tersedia di sebagian besar pembibitan dan juga dari toko online. Ada berbagai macam pohon yang bisa dijadikan bonsai dan kuncinya adalah memahami bagaimana pohon tumbuh dan bagaimana cara merawatnya juga.

Pot

plant pot
Pot Bunga

Kalian membutuhkan jenis pot yang tepat untuk menanam bonsai. Pot tradisional bisa polos, bisa lebar dengan bentuk melingkar, segitiga atau persegi panjang. Itu harus memiliki drainase yang memadai untuk menghilangkan kelebihan air dan pupuk untuk mengalir dari akar.

Tanah

Tanah yang sempurna untuk penanaman tersedia dari toko taman dan pembibitan secara lokal dan online. Biasanya, tanah pot merupakan tanah yang memiliki sifat hara dan daya serap air yang baik. Kalian membutuhkan tanah dengan aerasi yang baik lalu yang dapat menahan air dan nutrisi serta mengalirkan kelebihannya.

Agregat

Kalian harus memperbaiki sifat drainase dan aerasi tanah dengan menggunakan bahan agregat. Ini adalah potongan kecil batu dan bahan yang ditempatkan di dasar pot. Ini akan membiarkan kelebihan air mengalir dan akan membiarkan oksigen masuk ke dalam tanah.

Kalian dapat membeli bahan agregat dari toko taman lokal atau dari pembibitan bonsai juga.

Air

Kalian harus menggunakan air bersih dan aman pada tanaman bonsai. Kalian dapat menggunakan air hujan atau air ledeng tetapi ini harus air bersih yang tidak akan menimbulkan risiko bagi tanaman bonsai. Uji kualitas dan keamanan air sebelum menyiramnya pada bonsai jika tidak yakin.


Pupuk seimbang

Bonsai kalian harus diberi pupuk yang seimbang untuk memulihkan diri. Di sisi lain, beberapa pohon membutuhkan formula pupuk khusus. Pupuk jenis ini bisa kalian beli dari pembibitan bonsai, toko taman, dan sentra taman.

Gunting kebun

prunning shears
Krisbow Gunting Dahan 8.3/8 Inci

Gunting pemangkas memungkinkan kalian memangkas pohon tergantung gaya yang ingin kalian capai. Ada banyak jenis gunting pemangkasan tetapi selalu gunakan gunting yang bersih atau sudah disterilkan untuk menghentikan penyebaran penyakit atau kapang dari satu area tanaman ke area lain.

Kawat

Kalian membutuhkan kabel yang ideal untuk melatih bonsai kalian sesuai gaya yang kalian inginkan. Kabel tersedia dalam berbagai variasi tetapi hanya dua yang biasa digunakan: aluminium dan tembaga anil. Kabel aluminium untuk bonsai dengan cabang muda sementara tembaga anil yang kuat untuk cabang dan batang yang lebih tua dan lebih tebal. Tersedia kabel dalam ukuran 1 mm hingga 4 mm.

Tang

pliers
Tactix Tang Potong 6.1/ 2 inc

Kalian membutuhkan tang yang bagus untuk memotong kawat dan melepasnya setelah pelatihan selesai. Tang yang bagus juga berfungsi untuk memangkas akar, cabang, dan batang yang keras, terutama pada pohon dewasa.

Untuk kalian yang tertarik dengan bonsai, yuk simak cara pembuatannya di bawah ini

Memilih pohon yang ingin dijadikan bonsai

Sekarang kalian tidak bisa memilih dengan sembarang pohon dan membuatnya menjadi bonsai. Kalian membutuhkan keterampilan yang baik dan banyak kesabaran untuk bisa menanam dan membudidayakan pohon bonsai. Dan meskipun hampir semua pohon bisa menjadi bonsai, kalian harus memilih pohon yang tepat yang sesuai dengan tingkat keahlian dan lingkungan tempat kalian berada.

Lingkungan tempat kalian berada juga mempengaruhi jenis pohon yang akan kalian tanam. Pertimbangkan bahwa beberapa pohon akan tumbuh dengan baik di lingkungan yang memiliki musim dingin sementara beberapa merupakan pohon tropis. 

Ada dua cara untuk mendapatkan spesimen yang bagus untuk dikerjakan:

Kumpulkan spesimen dari alam di daerah kalian

Mengumpulkan spesimen pohon dari tempat kalian berada akan memudahkan penanaman bonsai. Dengan cara ini pohon kalian akan memiliki spesifikasi pertumbuhan untuk tumbuh dengan sukses di iklim kalian.

Belilah potongan yang bagus dari pembibitan lokal

Ini merupakan pilihan yang baik, terutama bagi penanam pemula. Alasan mengapa cara terbaik untuk mulai membuat bonsai adalah banyaknya pilihan spesimen yang berbeda di satu toko. Yang kalian  butuhkan hanyalah melihatnya dan memilih apapun yang cocok dengan desain pohon bonsai yang kalian inginkan.

Cara Peletakkan Bonsai

bonsai
sumber: piqsels.com

Pertanyaan yang harus kalian pikirkan adalah apakah pohon akan berada di dalam atau di luar?

Jika tanaman kalian membutuhkan banyak sinar matahari dan suhu yang lebih hangat, kalian mungkin perlu membawanya ke dalam pada bulan-bulan musim dingin. Kalian juga perlu memikirkan di mana ia bisa berada di rumah untuk mendapatkan cahaya paling banyak.

Menanam Pohon Bonsai

Jika kalian memulai bonsai kalian sendiri dan tidak membeli yang sudah ditanam sebelumnya dari pembibitan, kalian membutuhkan pot yang bagus.

Idealnya, pot harus dangkal dan kecil. Ini memastikan akar pohon tidak menyebar terlalu jauh. Kalian tidak ingin pohon menjadi terlalu besar. Pot tanah liat adalah pilihan yang sangat baik. Kalian juga perlu menggunakan campuran tanah bagus yang dibuat khusus untuk pohon ini. Pastikan setidaknya ada dua lubang drainase di dasarnya.

Pangkas Struktur Akar

prune long roots
sumber: YouTube

Langkah berikutnya adalah memutuskan tampilan pohon yang kalian inginkan ketika sudah dewasa. Gunakan tali atau kawat yang kokoh untuk membentuk pohon sesuai dengan keinginan. Sekarang, pindahkan pohon dari pot aslinya dengan hati-hati agar struktur akar tetap menempel. Singkirkan kotoran dari akar dan rapikan sehingga kalian memiliki akar panjang dan ramping yang akan menempel di dekat bagian atas tanah. 

Isi pot dengan lapisan tanah berbiji kasar dan kemudian tambahkan lapisan media tanam yang subur. Sisakan sedikit ruang di bagian atas agar kalian bisa menutupi akar pohon. Tempatkan pohon di dalam pot dan tutupi akarnya dengan hati-hati.

Tempatkan dalam kondisi ideal

bonsai
sumber: piqsels.com

Letakkan pohon dalam pot dalam kondisi pertumbuhan yang ideal. Jika kalian memilih untuk menumbuhkannya di luar, kalian dapat memindahkannya keluar. Jika akan menumbuhkannya di dalam, maka posisikan agar mendapat jumlah cahaya yang tepat. Ingatlah bahwa pohon itu akan tumbuh menuju cahaya.

Siram dan pangkas pohon

water bonsai
sumber: YouTube

Pastikan kalian menyiram pohon sesuai kebutuhan untuk jenisnya. Jika pohon memiliki daun, maka pangkas pohon tersebut dengan gunting stek. Sebagai alternatif, jika kalian telah memilih pangkas pohon cemara dengan memotong bagian yang tidak diinginkan. Buang cabang yang tumbuh secara vertikal yang terlalu sulit untuk ditekuk.

Selain itu, singkirkan cabang yang menutupi bagian depan batang pohon. Terakhir, buang cabang yang terlalu tebal di dekat puncak pohon.

Itulah cara membuat bonsai untuk kalian para pemula. Kalian bisa mendapatkan produk-produk untuk memudahkan kalian menanam bonsai hanya di Ruparupa. Yuk segera beli dan jangan sampai kelewatan promo-promo yang menarik!