Cara Membuat Kompos dengan Mudah dan Benar

0
2395

Anda dapat mengubah sisa makanan dan sampah pekarangan menjadi “emas hitam” yang akan memberi makan tanaman dan memperbaiki tanah Anda. Yuk, lihat cara membuat kompos dengan mudah dan benar dibawah ini!

cara membuat kompos
Sumber: pixabay.com

Ada beberapa kesalahpahaman umum tentang pengomposan rumahan adalah terlalu rumit, baunya lucu, dan berantakan. Ini semua benar jika Anda membuatnya dengan cara yang salah. Tetapi, membuat kompos dengan cara yang benar cukup sederhana.

Ruparupa Banner

Cukup lapisi bahan organik dan sejumput tanah untuk membuat ramuan yang berubah menjadi humus. Anda kemudian dapat memperbaiki taman bunga Anda dengan kompos, memberi makan sayuran Anda yang sedang tumbuh, dan banyak lagi.

Begitu Anda mendapatkan tumpukan, Anda akan menemukan bahwa ini adalah cara mudah untuk menggunakan kembali sisa-sisa bahan dapur dan bahan organik lainnya menjadi sesuatu yang dapat membantu menjaga tanaman Anda tumbuh subur.

Langkah-langkah Membuat Kompos

Langkah 1: Gabungkan Bahan Hijau dan Coklat

Untuk membuat tumpukan sendiri, tunggu sampai Anda memiliki cukup bahan untuk membuat tumpukan setidaknya sedalam 90 sentimeter. Anda akan ingin menggabungkan bahan basah dan hijau Anda dengan hitam coklat kering Anda.

Bahan “coklat” termasuk bahan tanaman kering, daun-daun berguguran, ranting pohon, karton, atau koran, jerami dan serutan kayu, yang menambah karbon. Bahan “hijau” termasuk sisa bahan dari dapur dan bubuk kopi, kotoran hewan (bukan dari anjing atau kucing), dan tanaman segar, yang menambahkan nitrogen.

Untuk hasil terbaik, mulailah membangun tumpukan Anda dengan mencampurkan tiga bagian cokelat dengan satu bagian bahan hijau. Jika tumpukan Anda terlihat terlalu basah dan berbau, tambahkan lebih banyak bahan berwarna cokelat atau aerasi lebih sering. Jika Anda melihatnya terlihat sangat cokelat dan kering, tambahkan item hijau dan air untuk membuatnya sedikit lembab.

Baca Juga:   7 Rekomendasi Bunga Hias Plastik untuk Mempercantik Ruang Tamu

Langkah 2: Sirami Tumpukan Anda

Taburkan air di atas tumpukan secara teratur agar memiliki konsistensi seperti spons basah. Jangan menambahkan terlalu banyak air, jika tidak, mikroorganisme di tumpukan Anda akan tergenang air dan tenggelam.

Jika ini terjadi, tumpukan Anda akan membusuk, bukan manjadi kompos. Pantau suhu tumpukan Anda dengan termometer untuk memastikan bahan terurai dengan benar. Atau, cukup raih ke tengah tumpukan dengan tangan Anda. Tumpukan kompos Anda akan terasa hangat.

Langkah 3: Aduk Tumpukan Anda

Selama musim tanam, Anda harus menyediakan oksigen untuk tumpukan dengan mengaduknya seminggu sekali dengan garpu taman. Waktu terbaik untuk membalik kompos adalah saat bagian tengah tumpukan terasa hangat atau saat termometer menunjukkan suhu antara 55 dan 65°Celsius.

Mengaduk tumpukan akan membantunya berubah lebih cepat dan mencegah bahan menjadi kusut dan menimbulkan bau. Pada titik ini, lapisan telah memenuhi tujuannya untuk menciptakan bahan hijau dan coklat dalam jumlah yang sama di seluruh tumpukan, jadi aduklah dengan rata. Ini adalah garpu taman rekomendasinya:

Yardsmith Garpu Taman Fibreglass

Langkah 4: Beri Makan Kebun Anda

Ketika kompos tidak lagi mengeluarkan panas dan menjadi kering, coklat, dan rapuh, artinya sudah matang dan siap untuk diumpankan ke kebun. Tambahkan sekitar 10 hingga 15 sentimeter kompos ke hamparan bunga Anda dan ke dalam pot Anda di awal setiap musim tanam. Anda akan memerlukan garpu taman yang lebih kecil. Ini adalah produk rekomendasinya:

Garpu Taman Nylon

Beberapa tukang kebun membuat apa yang terkenal sebagai teh kompos dengan kompos jadi. Hal ini dilakukan dengan membiarkan kompos yang telah terbentuk sempurna “terendam” pada dalam air selama beberapa hari, kemudian disaring untuk digunakan sebagai pupuk cair buatan sendiri.

Baca Juga:   6 Fakta Menarik Tanaman Hias Bonsai Serut

Setiap tukang kebun berbeda, jadi terserah Anda untuk memutuskan metode pengomposan mana yang paling sesuai dengan gaya hidup Anda. Untungnya, tidak peduli rute mana yang Anda pilih, kompos sangat mudah dibuat dan ramah lingkungan. Ditambah lagi, ini adalah suguhan untuk taman Anda. Dengan hanya beberapa sisa bahan dapur dan sedikit kesabaran, Anda akan memiliki taman yang subur.

Tips

Selain mengangin-anginkan tumpukkan Anda secara teratur, potong dan suwir bahan mentah menjadi ukuran yang lebih kecil untuk mempercepat proses pengomposan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui cara membuat kompos dengan mudah dan benar. Apakah Anda tertarik untuk membuat kompos Anda sendiri mulai dari sekarang?

Yuk, jangan lupa untuk membeli, mempersediakan dan melengkapi kebutuhan peralatan perawatan untuk taman Anda!

Produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!