6 Manfaat Sauna untuk Kesehatan Tubuh

0
511
ruang sauna
Kamar sauna yang menggunakan sistem inframerah

Kalau kamu sering menonton drama korea, mungkin sudah tidak asing lagi dengan sauna. Yap! Sauna adalah ruangan dengan suhu tinggi, sekitar 82-90 derajat celsius dengan tingkat kelembapan rendah.

Rasa panas dari sauna biasanya berasal dari gas, listrik, atau teknologi inframerah. Namun, tahukah kamu kalau bersantai di ruangan ini bisa meningkatkan kesehatan tubuh?

Ruparupa Banner

Memang, rasa panasnya dapat membuat kita mengeluarkan keringat. Akan tetapi, jika kamu tahu berbagai manfaat kesehatannya, pasti berkeringat tidak akan menjadi masalah besar.

Lantas, Apa Saja Manfaat Sauna?

Nah, buat kamu yang penasaran dengan berbagai manfaat dari bersantai di ruangan bersuhu panas, ini dia penjelasannya.

1. Meningkatkan Sirkulasi

sauna
Sumber: Unsplash/HUUM

Ruangan dengan suhu panas dapat meningkatkan suhu tubuh, detak jantung, hingga sirkulasi tubuh. Bahkan, duduk di sauna bisa dikatakan seperti berjalan di atas treadmill dengan kecepatan biasa.

Baca Juga:   Ketahui Jenis-Jenis Tes Gula Darah

Soalnya, udara panas tersebut membuat jantung harus memompa lebih keras agar bisa mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Meskipun kamu hanya duduk di dalam ruangannya, kamu bisa mendapatkan manfaat kardio ini, lho.

2. Menurunkan Tekanan Darah

sauna
Sumber: Unsplash/Mockup Graphics

Manfaat sauna lainnya adalah mampu menurunkan tekanan darah. Soalnya, suhu tinggi di bak mandi air hangat atau ruangannya bisa membuat pembuluh darah jadi melebar hingga tekanan darah pun menurun.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara teratur menggunakan sauna setiap harinya dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung dan demensia.

3. Mengurangi Stres

sauna
Sumber: Unsplash/Zac Durant

Ruangan dengan tingkat panas tinggi ini dapat melemaskan otot-otot tubuh dan merangsang pelepasan endorfin. Jika hormon endorfin terlepas, rasa stres pun bisa berkurang.

4. Mencerahkan Kulit

Ingin memiliki kulit cerah tanpa repot? Bila ya, maka kamu bisa bersantai setiap hari selama 20 menit di ruangan ini. Soalnya, rasa panas tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah. Hal inilah yang akan membuat kulit mendapat lebih banyak nutrisi.

Baca Juga:   Wajib Siapkan 7 Alat Kesehatan ini Di Rumah

5. Mengurangi Nyeri Sendi dan Otot

sauna
Sumber: Unsplash/Towfiqu Barbhuiya

Suasana panas di ruangan dapat membuat otot jadi lebih lentur dan elastis. Jadinya, kamu bisa mengurangi risiko terkena nyeri sendi. Selain itu, sauna juga dapat membantu mengatasi sakit kepala.

6. Mengurangi Gejala Asma

sauna
Sumber: Unsplash/Eli DeFaria

Untuk para penderita asma, bersantai di ruangan bersuhu tinggi dapat meredakan berbagai gejalanya. Bukan tanpa alasan, ruangan ini dapat membantu membuka saluran udara, mengendurkan dahak, dan mengurangi stres.

Itu dia enam manfaat sauna yang bisa kamu dapatkan. Menarik, bukan? Sayangnya, tidak seperti di Korea Selatan, Indonesia masih jarang memiliki sauna. Kalaupun ada, hanya di beberapa titik saja.

Namun, hal tersebut tidak menjadi kendala buat kamu yang tetap ingin bersantai di ruangan bersuhu panas tersebut.

Soalnya, situs ruparupa.com menawarkan kamar sauna khusus yang bisa kamu pasang di rumah, sepeti berikut ini.

 

sauna
Kris Mesin Sauna Kaki Infrared Zt-n01

Beli di sini

sauna
Galena Steam Portabel Dengan Inframerah

Beli di sini

sauna
Galena Steam Portable 1,5 Liter – Silver

Beli di sini

sauna
Orans Kamar Sauna Infrared Sn-96116i

Beli di sini