Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula, Untung Besar!

0
2159

Budidaya ikan mas – Untuk pemula, budidaya ikan mas sangat cocok untuk dijadikan bisnis dan dapat untung besar loh! Hal ini dikarenakan ikan mas akan selalu laku dipasaran. Untuk pemula, simak yuk budidaya ikan mas untuk pemula, untung besar!

Siapkan Kolam

Ukuran kolam untuk ikan mas di terpal umumnya berukuran 7×10 meter dengan kedalaman 120 sentimeter. Pastikan kolam bersih dari sarang penyakit dan parasit. Cara memastikannya adalah dengan mengeringkannya selama 5-7 hari untuk kolam tanah dan 1 hari untuk kolam semen.

Anda dapat menambahkan plankton di kolam untuk makanan ikan dengan dosis yang diperlukan sekitar 1-2 ton per hektare. Setelah itu, isi kolam dengan hingga air mencapai 15 cm dan jika airnya berubah warna menjadi hijau, maka ganggang dan plankton sudah tumbuh.

Penyebaran Benih

Dalam penyebaran benih, tentu dibutuhkan benih unggul agar resiko kegagalan sedikit. Untuk mengetahui benih unggul, ciri – cirinya adalah memiliki gerak yang gesit, kulit mulus tanpa luka, indukannya bersertifikat serta nafsu makan yang baik.

Ukuran benih ikan mas biasanya sekitar 5 sampai 10 centimeter dengan penebaran benih sekitar 20 ekor per meter persegi kolam. Tentu pemindahan benih ke kolam harus menggunakan wadah, jika pemindahan dilakukan secara langsung, maka akan membuat ikan mas stres dan mati.

Baca Juga:   Strategi Pembukaan Catur yang Umum Digunakan

Pemeliharaan

Setelah benih ikan tersebar, proses pemeliharaan ikan harus dilakukan. Anda dapat memberikan pakan yang dicampur dengan prebiotik atau EM-4 perikanan dan vitamin ikan selama 2x pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan ini juga harus disesuaikan dengan ukuran ikan, yaitu sekitar 3 – 5 persen dari berat ikan mas.

Selain pakan, kualitas air kolam juga harus diperhatikan. Jaga kualitas air agar tidak kotor sehingga tidak membuat ikan mas terserang penyakit dan berujung kerugian pada bisnis budidaya Anda. Pasokan oksigen dan arus air di kolam juga harus di jaga dan konsisten selama proses budidaya berlangsung.

Panen

Budidaya ikan mas biasanya dilakukan selama 6 higga 8 bulan sejak penebaran benih dilakukan. Ikan mas yang dapat dipanen adalah ber ukuran 300 sampai 400 gram per ekor, dan disortir berdasarkan ukurannya. Tahapan panennya terdiri dari penyurutan air kolam melalui pipa, kemudian ikan dijaring dan dipindahkan ke penampungan.

Baca Juga:   Tren Makanan 2017: Serba Ungu!

Harga jual ikan mas per kilogram dari peternak langsung tentunya berbeda-beda di setiap daerah, biasanya mulai dari Rp 23 ribu hingga Rp 40 ribu. Khusus ikan mas hias, harga jualnya dipatok per ekor dengan harga yang bervariasi, namun harganya bisa di patok hingga jutaan rupiah per ekornya.

Anda dapat membudidayakan beberapa jenis ikan mas yaitu,

  • Ikan mas Punten
  • Ikan mas Taiwan
  • Ikan mas Merah
  • Ikan mas Sinyonya
  • Ikan mas Lokal
  • Ikan mas Yamato

Selain cara membudidayakan ikan mas dan ikan mas apa saja yang dapat Anda budidaya, simak yuk 2 barang untuk mendukung budidaya ikan mas Anda.

Pompa Kolam

Penyedot Air Kolam

Diatas adalah beberapa cara budidaya ikan mas yang mudah untuk diterapkan pemula, dan tentunya menghasilkan untung besar. Selain itu Anda juga dapat mengetahui ikan mas apa saja yang dapat dibudidayakan beserta peralatan kolam. Lengkapi kebutuhan budidaya ikan lainnya hanya di Ruparupa.