Betapa bahagianya menjadi seorang ibu, mengikuti perkembangan si Kecil sejak pertama. Tanpa terasa usia si Kecil memasuki bulan kelima. Satu bulan lagi menuju fase pertama tahap pengenalan makanan dengan MPASI, makanan pendamping asi. Pada usia ini, Anda tentunya telah mulai mencari informasi tentang makanan pendamping asi. Mulai dari kombinasi makanan, cara pembuatan, cara penyimpanan, hingga peralatan yang dibutuhkan.

Terlebih jika si Kecil merupakan anak pertama, dan Anda belum memiliki pengalaman sebelumnya. Anda harus pintar-pintar memilih sumber informasi agar tidak terjebak dalam informasi yang salah, dan menghabiskan uang untuk berbagai peralatan yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Hal terpenting yang Anda butuhkan untuk mempersiapkan MPASI bagi si Kecil adalah blender untuk menghaluskan makanan. Pada awal masa perkenalan, biasanya menu yang diberikan kepada si Kecil berupa puree buah, atau buah yang dihaluskan. Agar si Kecil dapat mengenal rasa dan mulai makan makanan dengan tekstur halus. Dari sekian banyak jenis blender yang tersedia di pasaran, blender MPASI apa sih yang pas untuk membuat MPASI?


Melihat dari sisi kebutuhan, fungsi dan kapasitas, hand blender menjadi pilihan terbaik untuk blender MPASI. Terutama jika Anda ingin melengkapi peralatan MPASI.


Mengapa hand blender?

1. Praktis dan hemat waktu

Bentuk dan ukuran hand blender ini sangat praktis. Anda dapat menghaluskan makanan pada wadah apapun dalam waktu singkat. Dengan ukurannya yang mungil, sehingga mudah dibawa saat bepergian.

2. Dapat menghaluskan makanan dalam jumlah sedikitperalatan MPASI

Anda dapat membuat puree atau jus dalam porsi kecil. Bayangkan jika Anda harus meggunakan blender biasa untuk membuat puree sebanyak 150 ml, atau untuk porsi 1 kali makan, sungguh merepotkan bukan. Dan dengan hand blender, Anda tidak perlu menambahkan air, sehingga Anda benar-benar mendapatkan sari buah murni.

3. Mudah dibersihkan

Hand blender ini sangat mudah dibersihkan. Cukup isi air dalam mangkuk, tuang sedikit sabun pencuci piring, dan nyalakan blender di dalam air. Hand blender pun bersih dengan cepat. Anda tinggal membilasnya di bawah aliran air bersih, keringkan, dan simpan.

Agar lebih praktis, Anda juga dapat membuat makanan si Kecil untuk beberapa hari sekaligus, dan menempatkannya pada tempat penyimpanan makanan. Pastikan tempat penyimpanan makanan si kecil telah disteril, terbuat dari material berkualitas yang bebas BPA dan aman digunakan untuk menyimpan makanan. Tempatkan puree pada tempat penyimpanan makanan berukuran kecil untuk porsi satu kali makan, dan tempatkan pada freezer. Anda tinggal mencairkan dan menghangatkan makanan sebelum diberikan kepada si Kecil.

tempat penyimpanan makanan bayi
Buat makanan untuk beberapa porsi, dan tempatkan pada tempat penyimpanan makanan ukuran kecil

Mengingat daya tahan tubuh si Kecil belum sempurna, sebaiknya Anda tidak mencampur perangkat makan si Kecil dengan yang biasa Anda pakai sehari-hari. Apalagi menggunakan blender MPASI yang sama untuk membuat bumbu. Lakukan sterilisasi pada perangkat makan si Kecil hingga si Kecil berusia paling tidak 1 tahun. Hal ini untuk mencegah kuman dan bakteri yang mungkin tertinggal pada peralatan makan.

Kira-kira apa lagi ya yang perlu Anda persiapkan untuk membuat MPASI si Kecil? Yuk cari tahu kebutuhan lainnya.

peralatan MPASI


Ask The Experts dr Cindy

dr Cindy siap membantu Anda!

Apakah Anda mengalami masalah tentang kesehatan yang berkaitan dengan asupan gizi? Atau Anda ingin melakukan diet?

Tanyakan kepada Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK.

Lihat Profil dr. Cindy Tanya dr. Cindy Sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here