Mempersiapkan Peralatan MPASI Si Kecil

0
2497
MPASI Pertama

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi selama enam bulan awal masa pertumbuhannya, masa ini dikenal istilah pemberian ASI eksklusif. Setelah enam bulan bayi juga memerlukan makanan pendamping selain ASI atau dikenal dengan MPASI. Peralatan MPASI bayi hal yang harus disiapkan dengan matang sebab berkaitan dengan makanan pertama bayi.

Pengalaman baru si kecil dengan makanan padat selain susu menjadi momen spesial yang harus dipersiapkan. Makanan buatan sendiri sangat dianjurkan dibandingkan dengan makanan instan. Untuk itu ibu juga perlu mempersiapkan beberapa peralatan yang dapat membantu mempersiapkan makanan pendamping ASI.

Berikut tips dan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan pendamping ASI:

1. Alat Makan Bayi

Alat makan seperti mangkuk, piring, gelas, dan sendok warna-warni dipercaya bisa membangkitkan selera makan anak. Pastikan semua peralatan MPASI dalam bentuk alat makan ini adalah bebas BPA. Apron makan juga akan menjaga baju bayi bebas noda makanan.

2. Blender dan Saringan

Bayi memerlukan makanan dengan tekstur sangat halus di masa awal MPASI-nya. Penggunaan blender akan memudahkan ibu untuk mendapatkan tekstur halus tersebut, terutama untuk ibu yang baru MPASI pertama kalinya. Hand blender paling cocok untuk digunakan karena dapat menghaluskan makanan dalam porsi kecil. Untuk pisang, labu kuning, alpukat atau jenis makanan yang mudah dihaluskan, ibu cukup menggunakan saringan besi.

3. Kukusan

Digunakan agar kandungan vitamin dan mineral yang terbuang dari makanan lebih sedikit dibandingkan dengan direbus. Gunakan kukusan ukuran kecil agar proses memasak jadi lebih singkat.

4. Baby Cubes

Berguna untuk para ibu yang menerapkan metode frozen food. Beberapa jenis makanan bisa dibekukan sehingga bisa digunakan lebih lama seperti kaldu atau puree sayuran dan buah. Baby cubes bisa diganti dengan tempat penyimpanan makanan dengan penutup.

Secara umum, tips mempersiapkan makanan pendamping ASI:

  • MPASI merupakan sarana bayi belajar makan dan mengenal rasa. Terapkan prinsip responsive feeding, kenali rasa lapar pada bayi dan buat suasana makan yang menyenangkan dengan tidak memaksa si Kecil untuk makan.
  • Pemberian ASI tetap dilakukan sesuai permintaan karena hingga usia satu tahun ASI tetap menjadi nutrisi terpenting untuk bayi.
  • Berikan ASI atau air putih selepas makan untuk menghindari sembelit sekaligus untuk membersihkan rongga mulut dari makanan.
  • Bumbu dapur seperti bawang merah, putih, bombay, atau yang lainnya bisa diperkenalkan bertahap, untuk sementara hindari perasa makanan seperti gula dan garam hingga bayi berusia satu tahun.
  • Perkenalkan satu jenis makanan terlebih dahulu dan coba selama tiga hari untuk melihat reaksi alergi seperti ruam merah, diare ataupun sembelit, sebelum mencoba jenis lain.

Tips pemberian makanan pendamping ASI di bulan pertama saat bayi berusia enam bulan:

  • Perkenalkan jenis serealia seperti tepung beras merah, putih, atau cokelat sebagai makanan pertamanya karena tepung-tepungan relatif aman bagi bayi dengan resiko alergi minor.
  • Setelahnya perkenalkan sayuran seperti labu kuning, umbi-umbian, wortel, brokoli, dan lain-lain.
  • Aneka buah diperkenalkan selanjutnya seperti pepaya, alpukat, pisang, jambu biji, dan lainnya.
  • Setelah dua minggu, bayi bisa mulai diperkenalkan dengan protein seperti daging ayam, hati, daging sapi yang dikukus kemudian dihaluskan.
  • Seminggu pertama pemberian makan cukup satu kali per hari, frekuensinya ditingkatkan jadi dua kali pada minggu kedua, dan berikutnya dapat diberikan dua kali makan besar dan satu kali buah.
  • Dengan mengetahui tips pemberian makanan pendamping ASI, diharapkan ibu dapat memberikan MPASI terbaik untuk buah hati. Namun tips pemberian makanan pendamping ASI hanya sekedar panduan, dibutuhkan kesabaran saat menghadapi anak yang mogok makan dan kreativitas ibu berkreasi dengan menu agar MPASI sukses.

Yuk lengkapi kebutuhan persiapan MPASI pertama si Kecil!

peralatan MPASI