Rumah yang nampak modern memang menarik karena sangat cocok dengan pekembangan zaman masa kini. Bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan desain modern minimalis, artikel yang satu ini memang khusus dibuat untuk Anda. Bukan hanya dari dekorasi dan furnitur rumah saja yang harus diperhatikan untuk menghadirkan nuansa modern ini. Tapi, pemilihan bahan bangunan rumah juga berperan penting, lho! Yuk, simak 10 bahan bangunan dan penjelasannya yang dapat dipertimbangkan ini untuk dihadirkan di rumah modern Anda!

1. Batu Bata : Bahan Bangunan untuk Dinding yang Kokoh

bahan bangunan batu bata
Sumber : unsplash.com

Batu bata memang banyak digunakan untuk bagian dinding rumah karena sifatnya yang kokoh dan tahan lama. Seringkali juga bahan bangunan yang satu ini disusun dengan cara dibiarkan polos atau yang biasa dikenal dengan desain dinding bata ekspos. Desain ini memang akan menunjukkan kesan yang kerap digunakan untuk tema ruangan industrialis. Tapi, Anda juga bisa menggunakan desain ini untuk rumah modern, lho. Dengan teknik yang tepat, rumah modern Anda pun akan terlihat unik karena juga terdapat unsur klasik di dalamnya. Harga batu bata juga tergolong lebih murah. Harga sebuah batu bata merah sendiri beriksar antara Rp 700,00 sampai Rp 900,00, tergantung jenisnya.

Promo hari ini

2. Kayu : Memperlihatkan Unsur Natural

kayu bahan bangunan
Sumber : pxfuel.com

Bahan bangunan lainnya yang dapat dihadirkan pada rumah modern agar penampilannya terlihat unik dan menarik adalah kayu. Dengan menggunakan teknik yang tepat, unsur kayu dapat melengkapi desain modern pada bangunan rumah Anda. Jangan ragu juga jika ingin menggunakan kayu alami. Bahan bangunan ramah lingkungan ini dapat membuat kesan natural di rumah semakin terlihat mencolok. Nah, jika Anda tertarik untuk membeli kayu papan, harganya berkisar antara Rp 70.000,00 hingga Rp 260.000,00, bergantung pada jenis kayu yang Anda inginkan.

3. Bambu : Bahan Bangunan Alami

bambu
Sumber : publicdomainpictures.net

Selain kayu, Anda dapat menggunakan bambu sebagai opsi jika ingin menghadirkan unsur natural nan asri di rumah. Unsur bambu dapat dihadirkan pada teras rumah, maupun pada ruangan lain di dalam rumah. Dengan begitu, desain modern minimalis yang tropis pun bisa nampak dan interior ruangan tidak terlihat membosankan. Bahan bangunan yang satu ini sangat cocok juga untuk Anda yang menyukai Japanese maupun Japandi Style. Bagi Anda yang tertarik, harga per batang bambu adalah sekitar Rp 5.000,00 – Rp 40.000,00. Tentu harga tersebut menyesuaikan besar dan jenis bambu yang Anda ingin beli, ya Ruppers.

4. Batu Alam : Bahan Bangunan yang Kuat

batu
Sumber : piqsels.com

Batu alam merupakan salah satu bahan bangunan yang kuat untuk digunakan dalam pembuatan fondasi. Tapi selain itu, ternyata batu ini juga dapat dihadirkan pada rumah modern Anda, lho. Kesan estetis yang dimiliki batu alam dapat membuat penampilan rumah semakin terlihat menarik. Akan sangat cocok jika digunakan pada bagian taman atau teras untuk melengkapi unsur natural dari tanaman di rumah Anda. Untuk harga batu alam jenis batu koral sendiri adalah Rp 5.000,00 per kilogram.

5. Kaca : Pelengkap Hunian Modern Masa Kini

kaca
Sumber : pixabay.com

Akhir-akhir ini, fasad kaca sering dijadikan unsur dalam rumah bergaya modern. Maka dari itu, bahan bangunan modern ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Tidak hanya dapat membuat ruangan di rumah terkesan lebih luas dan terbuka, fasad kaca sebagai material utama dinding rumah juga bisa membuat sirkulasi cahaya menjadi jauh lebih baik. Tak heran, penggunaannya menjadi sangat populer. Anda pun dapat menyesuaikan jenis kaca dengan kebutuhan. Tapi, semakin tebal dan berkualitas kacanya, tentu akan semakin mahal harganya.

6. Keramik : Agar Lantai Makin Estetik

keramik geometris
Sumber : flickr.com

Keramik tidak hanya berfungsi untuk melapisi lantai saja, lho Ruppers! Pemilihan keramik yang cocok dengan tema ruangan dapat melengkapinya menjadi lebih cantik dan harmonis. Untuk tema modern misalnya, keramik lantai dengan motif geometrik dapat Anda jadikan salah satu pilihannya! Atau, Anda juga bisa bermain dengan warna keramik seperti dengan mengkombinasikan warna-warna keramik yang kontras. Untuk harga keramik pun cukup beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Cat Tembok : Bikin Dinding Rumah Makin Cantik

cat tembok

Anda mungkin bisa membayangkan rumah tanpa warna. Sangat membosankan, bukan? Untuk itu, cat tembok bisa dijadikan solusi jika Anda ingin menghadirkan warna baru pada rumah Anda. Agar terlihat modern, sebenarnya Anda dapat menggunakan warna apapun, seperti warna yang mencolok, monokrom, maupun pastel. Yang terpenting, Anda tinggal memadukannya dengan furnitur ruangan yang bernuansa modern minimalis. Untuk harga, tentu sangat beragam tergantung kualitas dan merek. Cat tembok 5 kg misalnya, memiliki harga mulai dari Rp 80.000,00.

8. Paku : Pelengkap Bahan Bangunan Lainnya

bahan bangunan paku

Bahan bangunan tertentu mungkin tak akan berarti jika tidak dipasang dengan benar. Kehadiran paku dapat menggabungkan bahan-bahan bangunan seperti kayu atau triplek agar dapat lebih kokoh. Pilihlah paku yang berkualitas tanpa karat sehingga kualitas bangunan pun maksimal. Anda dapat dengan mudah membeli bahan ini di toko yang jual bahan bangunan maupun secara online. Di Ruparupa, Anda bisa membeli paku berkualitas mulai dari harga Rp 5.000,00.

9. Pipa : Bahan Bangunan yang Penting untuk Dihadirkan di Rumah

pipa
Sumber : en.m.wikipedia.org

Material yang satu ini digunakan untuk menghubungkan saluran air dan saluran pembuangan di kamar mandi. Dengan adanya pipa, air pun dapat disalurkan ke seluruh bagian rumah. Seperti kamar mandi, dapur, maupun taman. Untuk itu, pipa tentu penting untuk dihadirkan di rumah Anda. Harganya pun beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

10. Semen : Perekat Bahan Bangunan Tertentu

bahan bangunan semen
Sumber : torange.biz

Dalam merekatkan batu bata hingga lantai keramik, Anda tentu membutuhkan material yang satu ini. Maka dari itu, kehadiran semen dalam bahan bangunan untuk rumah Anda juga tergolong sangat penting. Jika tidak, bahan bangunan lain pun tidak dapat menyatu. Jika ingin membeli semen, harga semen 50 kg berkisar antara Rp 55.000,00 – Rp 70.000,00.

Setelah melihat penjelasan serta gambar bahan bangunan rumah dan harganya tadi, Anda semakin tidak sabar untuk membangun rumah modern minimalis impian, kan? Agar lebih mudah dalam membeli peralatan home improvement lain, dekorasi ruangan, sampai furnitur untuk mengisi rumah, segera cek Ruparupa.com sekarang dan dapatkan berbagai penawaran menariknya!

Promo sepeda