Promo Anniversay Ruparupa

Ketika membangun rumah, kita pasti akan memperhatikan bangunan rumah tersebut mulai dari pondasi termasuk material dinding rumah. Apakah akan menggunakan batu bata merah atau batako yang sudah sesuai standar dan ukuran SNI? Penting untuk memilih bahan material rumah yang kuat dan kokoh. Karena rumah akan melindungi kita dari cuaca panas maupun hujan sehingga perlu memilih material agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah dan tidak sering renovasi rumah.

Salah satu bahan material rumah yang bisa kalian pertimbangkan adalah batako. Batako dapat menjadi alternatif batu bata merah untuk dinding kalian. Namun sebelum memakai batako, yuk mengenal lebih dalam apa itu batako, jenis-jenis batako, beserta ukuran batako SNI.

Batako dan Manfaatnya

Batako terdiri dari fly ash, gypsum, semen, kapur, dan air. Ukurannya 8 kali lebih besar dari batu bata biasa dan lebih ringan dari batu bata merah. Proses pembuatannya berbeda dengan batu bata merah. Batu bata merah perlu melalui proses pembakaran dengan suhu yang tinggi, sedangkan orang-orang hanya perlu mengeringkan batako di tempat yang terhindar dari sinar matahari.

Batako memiliki banyak manfaat yaitu mengurangi kebisingan dari luar rumah seperti suara lalu lintas, pesawat terbang, dan lain-lain. Selain itu, batako dapat menyerap panas lebih cepat tidak seperti batu bata merah sehingga dapat mengurangi tagihan listrik jika kalian tinggal di daerah yang memiliki cuaca dingin. Batako juga lebih estetik karena tersedia dalam banyak warna dan ukuran untuk memenuhi desain bangunan yang inovatif

Berikut adalah jenis-jenis batako yang umum digunakan:

Batako Beton

Batako SNI beton
sumber: piqsels.com

Batu bata beton adalah tumpukan balok secara sistematis, berbentuk persegi panjang, sebagian besar digunakan untuk membangun dinding yang kaku. Pada umumnya, jenis batako ini terbuat dari beton atau tanah liat matang. Mereka ideal untuk membangun pagar dan memberikan tampilan yang apik dan estetis. Sementara beberapa produsen menggunakan semen dan agregat untuk membuat balok-balok ini, yang lain menggunakan beton padat. Berdasarkan kebutuhan penggunanya, kita dapat mencampur bahan lain ke dalam batako untuk menghasilkan batako dengan warna tertentu.

Batako Beton Padat

batako SNI beton padat
sumber: pixabay.com

Balok beton padat adalah salah satu balok beton yang paling umum digunakan yang jauh lebih besar dan lebih padat dari batu bata beton. Mereka dirancang untuk menjadi berat, kuat, dan diproduksi dari agregat padat alami. Sebagian besar dinding dan struktur penahan beban menggunakan beton ini karena kekuatannya. Meskipun mirip dengan batu bata beton, berat dan biayanya yang membedakannya dari batu bata beton. Selain itu, ukurannya yang lebih besar menandakan bahwa mereka menghasilkan konstruksi struktur yang lebih cepat tidak seperti batu bata.

Batako Ringan Aerasi (Aerated Autoclaved Concrete Blocks)

batako ringan aerasi
sumber: dreamstime.com

Banyak orang yang seringkali menyamakan batako ini sebagai batu bata beton. Aerated Autoclaved Concrete Blocks terdiri dari agregat yang sama dengan batu bata, tetapi komposisi atau campurannya bervariasi, menghasilkan versi yang lebih besar namun lebih ringan. Kualitas ini memungkinkan pengurangan biaya yang signifikan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa daya tahannya yang tinggi telah menyebabkan penurunan konsumsi baja secara keseluruhan sebesar 15% dan beton sebesar 10%. Aerated Autoclaved Concrete Blocks tidak hanya mengalahkan batu bata dalam hal biaya tetapi juga dalam hal waktu konstruksi, ketahanan api, dan kemampuan permukaan yang adaptif.

Hollow Concrete Blocks

batako SNI berlobang
sumber: commons.wikimedia.org

Batako jenis ini adalah balok beton yang memiliki area kosong sebanyak 25% lebih besar dari luas bruto, dan luas area padat harus lebih besar dari 50%. Pemasangan batako mudah karena balok-baloknya terbuat dari agregat yang ringan. Bergantung pada aplikasi blok, area berlubang dapat diubah, seperti membaginya menjadi beberapa komponen atau membuat sedikit penyesuaian pada bentuk area kosong.

Batako Partisi

batako SNI partisi
sumber: commons.wikimedia.org

Partisi balok beton sama dengan balok pilar beton hanya saja balok tersebut memiliki tinggi yang lebih besar dari lebarnya. Bagian berlubang umunya terbagi menjadi dua hingga tiga komponen. Blok ini ideal untuk konstruksi dinding partisi.

Berikut adalah spesifikasi ukuran batako SNI:

Tabel Ukuran Batako SNI
Tabel Ukuran Batako SNI

Untuk memudahkan pengerjaan dan pemotongan batako, berikut beberapa rekomendasi produk yang bisa kalian gunakan:

Pahat batu bata

Pahat batu bata
Pahat Batu Bata

Pahatan batu bata milik Krisbow ini memudahkan kalian untuk membelah batu bata yang keras. Alat ini juga dapat membersihkan batu bata.

Bor Listrik Beton

Bor listrik beton
Krisbow Bor Listrik Beton 13 Mm 850w

Bor listrik milik Krisbow ini mampu memotong permukaan besi, kayu, hingga sekeras beton sekalipun. Alat ini tidak mudah rusak karena terbuat dari bahan yang berkualitas.

Palu

Palu batu
Krisbow Palu Batu dengan Pegangan Fiberglass

Krisbow menghadirkan palu yang ringan tetapi kokoh sehingga batu dapat pecah dalam beberapa kali pukulan. Alat ini juga dapat memotong beton atau membuat lubang pada dinding.

Itulah produk-produk yang dapat memudahkan pengerjaan dan pemotongan pada batako. Dapatkan barang-barang berkualitas ini hanya di Ruparupa. Yuk beli sebelum kehabisan!