Desain Interior Japandi, Perpaduan Budaya Timur dan Barat

0
7949
Gambar desain interior japandi

Desain ruangan ala budaya Timur dan Barat memang berbeda. Namun, siapa yang menyangka jika keduanya digabungkan akan menghasilkan suatu gaya desain interior yang harmonis? Salah satu contohnya adalah Japandi Style. Gaya ini adalah perpaduan antara desain Japanese dan Scandinavian. Kehadirannya dapat menjadi inspirasi bagi Anda para penggemar desain ruangan minimalis nan menarik!

Apa itu “Japandi”?

Japandi Style merupakan gaya desain interior yang mulai muncul sejak tahun 2017 silam. Gaya ini sendiri adalah peranakan dari desain ruangan Japanese dan Scandinavian. Maka dari itu, keduanya disingkat menjadi “Japandi“.

Seperti yang banyak kita ketahui, kedua gaya tersebut memiliki sentuhan yang berbeda, bahkan cukup kontras. Tetapi, keduanya sama-sama menonjolkan sisi minimalis yang estetis, lho. Maka dari itu, ketika dijadikan dalam satu ruangan, kedua gaya ini dapat saling melengkapi sehingga menghasilkan perpaduan yang sempurna.

Apa Saja Elemen dalam Style ini?

Elemen pertama tentunya desain khas Japanese Style. Gaya desain interior yang satu ini terkenal dengan unsur tradiosionalnya yang elegan. Konsep desain Japanese mengusung gaya “wasabi-sabi“, atau yang berarti ‘terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaan’.

Konsep tersebutlah yang dalam Japandi Style akan bercampur dengan desain modern-rustic ala Scandinavian yang dikenal dengan istilah “hygge” (dibaca: hoo-ga). Konsep ini lebih mengusung sisi cozyness dan homeyness pada desain ruangan. Kedua elemen tersebutlah yang pada akhirnya menghasilkan perpaduan harmonis dalam Japandi Style.

Inspirasi Ruangan Ala Japandi

Setelah mengetahui filosofi dibalik desain ruangan yang satu ini, beberapa dari Anda mungkin mulai tertarik untuk menghadirkan konsep ini dalam rumah. Inspirasi-inspirasi berikut ini dapat Anda terapkan untuk hunian yang lebih mengagumkan!

1. Ruang Tamu

Hadirkan elemen natural dalam ruangan. Seperti furnitur yang terbuat dari kayu, tembok pembatas kayu atau bambu, maupun menghadirkan tanaman. Hal tersebut merupakan salah satu ciri khas dari gaya ini.

2. Ruang Makan

Gambar ruang makan
Sumber : dontcallmepenny.com.au

Pilih furnitur dan dekorasi ruangan dengan desain minimalis. Juga, jangan meletakkan ornamen yang terlalu banyak pada ruangan karena akan mengurangi nilai estetik dari gaya tersebut.

3. Kamar Tidur

Gambar kamar tidur japandi
Sumber : planete-deco.fr

Gaya desain interior dalam Japanese dan Scandinavian memang memiliki perbedaan warna yang mencolok. Japanese Style sendiri lebih mengutamakan tone warna yang gelap, sedangkan Scandinavian Style sebaliknya. Namun, jangan ragu untuk menggabungkan keduanya dalam pemilihan furnitur dan aksesoris ruangan. Karena, inilah salah satu unsur yang dapat ditonjolkan.

4. Kamar Mandi

Perhatikan peletakan furnitur ruangan. Salah satu ciri khas gaya ini adalah adanya jarak antara furnitur satu dengan yang lain, sehingga konsep minimalis dalam ruangan tersebut dapat terlihat.

5. Dapur

Gambar dapur
Sumber : trendesignbook.com

Selain memadukan warna, Anda juga dapat memadukan kedua gaya furnitur, baik ala Japanese maupun Scandinavian. Keduanya dapat menghadirkan variasi yang sempurna dalam ruangan Anda.

Panduan Memilih Furnitur dan Dekorasi Japandi Style

Nah, bagaimana Ruppers? Tertarik untuk memiliki sentuhan Japandi di rumah Anda? Yuk, coba cek panduan memilih furnitur serta dekorasi berikut ini untuk menghadirkan konsep gaya JapaneseScandinavian!

1. Pilih Sofa Ruang Tamu Warna Gelap

Gambar sofa ruang tamu

Sofa dengan warna seperti ini dapat mewakili gaya Japanese dalam ruangan. Anda tinggal memadukannya dengan furnitur lain bewarna terang atau pastel yang dapat menghadirkan gaya Scandinavian.

2. Hadirkan Tanaman Artifisial

Gambar tanaman artifisial

Ingat! Unsur natural merupakan salah satu elemen penting dalam konsep ruangan ini. Untuk lebih memudahkan, Anda dapat menghadirkan tanaman artifisial dalam ruangan, sehingga membuatnya terlihat lebih elegan dan hidup.

3. Dapatkan Sisi Modern dari Lampu Gantung

Gambar lampu gantung

Sesuai dengan konsep gaya Scandinavian yaitu modern-rustic, lampu gantung dapat menjadi salah satu dekorasi ruangan yang wajib Anda miliki! Lampu jenis ini dapat menghadirkan kesan modern dan melegkapi furnitur ruangan lainnya yang bertema tradisional dari gaya Japanese.

4. Rak Bewarna Terang yang Mewakili Scandinavian Style

Gambar rak TV

Jika Anda ingin menghadirkan sisi Scandinavian pada rak di rumah, Anda dapat memilih rak bewarna terang seperti putih maupun pastel. Tapi pastikan untuk memadukannya dengan furnitur lain bertema Japanese, ya!

5. Miliki Set Meja Makan Minimalis

Gambar set meja makan

Furnitur bertema minimalis merupakan salah satu kunci untuk memiliki gaya ini dalam ruangan. Untuk itu, Anda dapat memilih set meja makan bertema minimalis seperti ini. Walaupun berkonsep minimalis, namun tetap terlihat menarik.

Itu dia beberapa inspirasi furnitur untuk melengkapi desain interior Japandi di rumah Anda. Tertarik memiliki furnitur serupa lainnya? Langsung aja kunjungi Ruparupa.com dan temukan berbagai penawaran menarik di sana!