Ini Dia Hal yang Harus Diketahui Sebelum Olahraga Bersepeda

0
566
olahraga bersepeda
Sumber: Pixabay/Farishamza007

Ada berbagai jenis olahraga yang bisa kita pilih buat menurunkan berat badan dengan cepat seperti bersepeda. Selain mengurangi kalori, bersepeda juga bisa meningkatkan detak jantung, meningkatkan kekuatan sendi dan tulang, serta baik untuk daya imun.

Namun, kalau kamu baru saja ingin rutin bersepeda, ada beberapa hal dulu yang perlu diketahui, termasuk  waktu dan jarak ideal. Yap! Kalau hanya asal bersepeda saat belum berpengalaman, bisa-bisa badan dan kaki malah jadi keram seketika.

Ruparupa Banner

Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, kita akan membahas berbagai hal tentang olahraga bersepeda, seperti berikut.

Berapa Lama Waktu Terbaik Buat Olahraga Bersepeda?

olahraga bersepeda
Sumber: Pixabay/Jess Foami

Selain menyenangkan, olahraga bersepeda juga termasuk ke bentuk latihan aerobik yang bisa memberikan hasil maksimal. Buat mendapatkan berbagai manfaatnya, kamu bisa mulai rutin bersepeda setidaknya selama 30-45 menit dalam sehari.

Jadinya, tubuh pun akan terasa lebih bugar dan berenergi dalam menjalani berbagai aktivitas. Selain itu, waktu 30 menit selama mengayuh sepeda juga bisa memperkuat otot kaki kita.

Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bersepeda

olahraga bersepeda
Sumber: Pexels/Brett Sayles

Jumlah kalori yang terbakar saat kita olahraga bersepeda tergantung dari beberapa hal, antara lain seberapa lama waktunya, kecepatan saat mengayuh, dan seberapa berat intensitas latihannya.

Baca Juga:   12 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik, Solusi Tepat untuk Hidup Sehat

Semakin cepat kita mengayuh sepeda, maka jumlah kalori yang terbakar pun akan semakin banyak. Misalnya, kalau kamu bersepeda dengan kecepatan 20 km/jam selama 30 menit, maka ada 298 jumlah kalori yang terbakar.

Sedangkan buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, maka bisa meningkatkan kecepatan selama 25 km/jam. Dengan begitu, kamu bisa membakar sekitar 372 kalori.

Jarak Tempuh yang Ideal Saat Olahraga Bersepeda

olahraga bersepeda
Sumber: Pixabay/Renategranade0

Kalau kamu seorang pemula yang ingin mulai olahraga bersepeda, sebenarnya tidak ada jarak ideal yang harus ditempuh. Kamu hanya perlu menerapkan kebiasaan bersepeda dan perlahan-lahan meningkatkan intensitasnya.

Misalnya, hari ini kamu mulai bersepeda sekitar 3 km, lalu tambahkan menjadi 5 km di esok hari, dan seterusnya.

Umumnya, jarak ideal atau maksimal bersepeda adalah 16 km dengan kecepatan 20 km/jam. Kalau kondisi tubuh sudah mulai terbiasa, barulah kamu bisa menempuh jarak di kisaran 24-30 km.

Apa Saja Perlengkapan Bersepeda yang Wajib Dibawa?

Ada perlengkapan bersepeda yang wajib kamu siapkan supaya olahraga ini bisa terasa lebih menyenangkan, seperti berikut.

1. Celana Bersepeda

Penggunaan celana khusus bersepeda bisa meningkatkan kenyamanan kita selama mengayuh. Soalnya, celana ini sudah dilengkapi dengan bantalan dan kain yang bisa mengurangi risiko gesekan, seperti rekomendasi berikut ini.

olahraga bersepeda
Alph Celana Panjang Sepeda Pria Ukuran L – Hitam

Cek di sini

2. Helm

Ketika kita terjatuh dari sepeda, maka bagian kepala akan berisiko terluka. Untuk itulah, kita perlu memakai helm. Pilih helm sepeda yang ukurannya tepat supaya bisa melindungi kepala dan otak dari kerusakan eksternal dan internal, seperti berikut ini.

3. Sarung Tangan 

Sama dengan pengendara motor, pesepeda juga perlu memakai sarung tangan buat melindungi telapak tangan, memperkuat cengkeraman di setang, dan meredam getaran dari jalanan. Ini dia beberapa pilihan sarung tangan yang bisa kamu gunakan.

olahraga bersepeda
Landstro Sarung Tangan Sepeda Elite Hf 19 Ukuran Xl

Cek di sini

olahraga bersepeda
Dahon Sarung Tangan Sepeda Ukuran Xl – Merah hitam

Cek di sini

4. Kacamata

Saat bersepeda, kita akan melewati jalanan yang dipenuhi polusi dari pengendara motor dan mobil lainnya. Untuk itulah, sebaiknya gunakan kacamata khusus pesepeda.

Jadinya, kamu tidak akan membahayakan diri sendiri dan orang lain kalau tiba-tiba terjadi iritasi dan kehilangan kendali saat mengayuh. Berikut ini rekomendasi kacamata pesepeda terbaik.

olahraga bersepeda
Tempero Kacamata Sepeda Sporty – Putih

Cek di sini

olahraga bersepeda
Arma Kacamata Sepeda Sporty – Hitam

Cek di sini

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai rutin olahraga bersepeda.

dapatkan perlengkapan sepeda
hemat hingga 60% klik di sini

Kamu juga bisa menemukan berbagai perlengkapan rumah tangga dan perabot berkualitas dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, dari ACE, Informa, Selma, Krisbow, dan lain-lain.

Nah, kami juga memiliki beberapa rekomendasi sepeda terbaik yang cocok buat pemula atau ahli, seperti di bawah ini.

olahraga bersepeda
Fingard Sepeda Mtb Xc 80d – Biru

Cek di sini

olahraga bersepeda
Fingard Sepeda Mtb X 80d – Merah

Cek di sini

olahraga bersepeda
Airwalk Expresso Sepeda Lipat 20 Inci 6-speed – Hitam

Cek di sini

olahraga bersepeda
Dahon Sepeda Lipat 19 Boardwalk D8 – Biru

Cek di sini