Di antara perawatan chiropractic, minuman energi, dan krim otot, ada banyak perawatan dan produk dengan target pembeli untuk atlet dan orang yang aktif berolahraga. Produk-produk ini mengklaim menawarkan solusi untuk cedera kronis dan tingkat energi yang rendah. Salah satunya adalah produk air minum oksigen.

Air minum oksigen adalah produk air yang dengan tambahan oksigen selama proses pengalengan atau pembotolan. Perusahaan mengklaim bahwa oksigen tambahan dapat memberikan manfaat kesehatan. Contohnya seperti membantu pemulihan olahraga, membuang racun dari tubuh, dan meningkatkan metabolisme alkohol. Namun, bukti untuk mendukung manfaat ini masih terbatas.

Studi Air Minum Oksigen Tidak Menemukan Manfaat untuk Berolahraga

air minum oksigen

American Council on Exercise tidak menemukan manfaat apa pun pada produk ini untuk detak jantung dan tekanan darah.

Menurut para peneliti, hanya ada dua cara untuk membawa oksigen dalam darah, baik terikat pada hemoglobin atau terlarut dalam plasma. Pada kebanyakan orang, hemoglobin sudah 97 hingga 98 persen tersaturasi dengan oksigen.

Selain itu, menurut sebuah studi tahun 2006 di British Journal of Sports Medicine, air beroksigen gagal menunjukkan manfaat tambahan dalam kinerja dan pemulihan olahraga, dan penulis mencatat bahwa klaim semacam itu tidak serius.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa minum air beroksigen dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam aliran darah. Peneliti olahraga John Porcari, Ph.D., mengaitkan manfaat apa pun yang pengguna rasakan dengan efek plasebo, serta manfaat sebenarnya dari tetap terhidrasi dengan baik sebelum, selama dan setelah berolahraga. Hasilnya, minum air biasa akan memiliki manfaat yang sama.

Potensi Manfaat dari Air Minum Oksigen

Studi tentang air beroksigen masih terbatas, namun terdapat penelitian bahwa mungkin air tersebut memiliki beberapa manfaat.

Dapat meningkatkan pembersihan laktat

exercise
sumber: piqsels.com

Selama latihan intensitas sedang hingga tinggi yang berkelanjutan selama lebih dari 10 detik, tubuh Anda menghasilkan laktat sebagai produk sampingan dari produksi energi.

Jika Anda berolahraga dengan intensitas tinggi selama lebih dari 10 detik, maka tubuh akan menghasilkan laktat. Saat laktat mulai menumpuk, otot akan mengalami peningkatan asam dan menyebabkan otot Lelah. Oleh karena itu, untuk menjalani latihan yang lebih lama, maka pembersihan laktat dan keasaman otot menjadi faktor penting.

Sebuah penelitian dari Journal of The International Society of Sports Nutrition menemukan 25 pelari yang minum air oksigen selama olahraga mengalami peningkatan pembersihan laktat. Namun, tidak ada peningkatan lainnya dalam kinerja olahraga yang tercatat.

Mengingat ini hanya studi tunggal, masih perluk lebih banyak penelitian lagi dalam hal ini. Namun demikian, tidak ada salahnya mencoba air beroksigen.

Dapat meningkatkan metabolisme alkohol

Manfaat lain dari minum air beroksigen adalah kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme alkohol.

Saat Anda mengonsumsi alkohol, perut dan usus kecil Anda menyerap alcohol. Alcohol. Kemudian alcohol menuju ke organ hati, di mana alkohol mengalami metabolisme melalui serangkaian reaksi yang membutuhkan oksigen dalam jumlah besar.

Oleh karena itu, salah satu efek samping metabolisme alkohol dapat berupa defisit oksigen di hati.

Jurnal Clinics in Liver Disease menemukan pada 15 pria sehat bahwa oksigen yang terlarut dalam minuman mampu mempercepat penurunan kadar alkohol dalam darah setelah minum banyak alkohol.

Namun, tetap memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengamati kemampuan air oksigen dalam meningkatkan metabolisme alkohol.

Berdasarkan artikel di atas, masih sedikit sekali penelitian yang menyatakan bahwa air beroksigen memberikan dampak positif kepada tubuh. Tidak ada salahnya untuk mencoba air minum oksigen, namun jangan mengandalkan minuman dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga, Anda bisa mendapatkan produk-produk kesehatan dari Sowell hanya di Ruparupa. Sowell menyediakan varian alat kesehatan lengkap mulai dari oximeter, termometer, dan alat untuk cek kadar gula serta tekanan darah. Yuk, hidup sehat bersama Sowell dan Ruparupa!