Saat pandemi seperti ini oximeter menjadi salah satu alat wajib dari organisasi kesehatan dunia who, terutama bagi mereka yang terpapar virus covid 19 dan harus melakukan isolasi mandiri.

Dengan satu alat ini akan memberikan banyak fungsi yang mampu mengecek kadar oksigen dengan mudah tanpa harus pergi ke rumah sakit. serta menghindari terjadinya Happy hypoksia yaitu kurangnya oksigen dalam darah, yang mana dapat berakibat fatal seperti meninggal dunia tanpa memiliki gejala.

Namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui informasi di atas, dan memahami fungsinya secara lengkap. Bahkan banyak pertanyaan tentang alat kesehatan yang satu ini. Untuk itu kami akan menjawabnya melalui pertanyaan yang sering diajukan mengenai finger pulse oximeter

Pertanyaan Seputar Oximeter

Simak selengkapnya agak kamu dapat memahami lebih jauh sebelum membelinya. Semua data ini memiliki sumber terpercaya dari web kesehatan luar negeri healthline.com

Q1: Apa itu pulse oximeter?

A1: Pulse oximeter adalah alat untuk mengukur tingkat saturasi oksigen dalam darah. Merupakan alat tes non-invasif yang tidak memberikan rasa sakit, dan memiliki bentuk seperti klip yang dapat menempel pada bagian tubuh tertentu.

Q2: Apa kegunaan pulse oximeter?

A2: Dengan alat ini kamu dapat mendeteksi dengan cepat kadar saturasi oksigen yang masuk pada jantung, lengang dan kaki. Bentuk oksimeter pulse seperti perangkat kecil seperti klip yang menempel pada bagian tubuh, seperti jari kaki atau daun telinga.

Q3: Fungsi Oximeter?

A3: Pada point sebelumnya sempat ada pembahasan mengenai tujuan alat kesehatan ini sendiri seperti mengukur kadar oksigen ke seluruh tubuh terutama bagi pasien covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Akan tetapi ternyata banyak sekali manfaat lainnya yaitu

  • Asma
  • Penyakit chronic obstructive pulmonary disease (COPD) atau paru pru obstruktif
  • Kanker paru-paru
  • Anemia atau kekurangan darah merah
  • Radang paru-paru
  • Kelainan jantung bawaan
  • Serangan jantung

Selain fungsinya yang baru saja disebutkan memiliki produk ini di rumah juga dapat berfungsi untuk mengukur denyut nadi seperti:

  • Menilai seberapa obat bekerja pada paru-paru
  • Membantu evaluasi seberapa besar seseorang membutuhkan ventilator atau bantuan pernapasan
  • Memantau kadar oksigen setelah proses operasi yang menggunakan obat tidur atau sedasi
  • Melihat seberapa efektif terapi oksigen dalam tubuh pasien saat menerima pengobatan tertentu
  • Menilai kemampuan saat melakukan aktivitas fisik
  • Membantu pasien yang memiliki kasus sleep apnea atau gangguan tidur yang pernapasan seseorang berhenti beberapa kali saat sedang tidur. 

Q 4: Cara menggunakan oximeter?

A4: Ada beberapa cara untuk menggunakan alat kesehatan oximeter

  1. Cuci tangan hingga bersih, dan jangan menggunakan cat kuku
  2. Kemudian letakan pada jari tangan, nantinya kamu akan merasakan sedikit tekanan tanpa rasa sakit.
  3. Untuk penggunaan pasien covid 19 kamu bisa menyalakan mesin dan letakan pada jari. Kemudian secara otomatis akan memantu denyut nadi dan okisgen dalam darah.
  4. Setelah tes selesai, klip atau probe dapat kamu lepaskan.
  5. Jangan lupa bersihkan dengan alkohol untuk mencegah penyebaran kuman

Q5: Cara membaca oximeter?

A5: Cara membaca pulse oximeter yang benar cukup mudah, karena merujuk pada dua angka berbeda yang tertera pada finger pulse oximeter. Pertama %SpO2 yang menunjukan kadar oksigen dalam darah, sedangkan HR atau heart rate menunjukan denyut nadi.

Q6: Berapa kadar saturasi oksigen yang normal?

A 6: Menurut lama kesehatan Alodokter, Pulse Oximeter normal atau Saturasi oksigen normal sendiri ada pada angka 98 – 100% untuk (%SpO2). Sedangkan jika mengalami happy hypoxia atau kekurangan oksigen berada di bawah angka 94% maka kamu perlu segera mendapatkan penanganan dokter.

Q 7: Harga Oximeter?

A 7: Tentunya sangat beragam, namun ada baiknya untuk tidak membeli produk dengan harga yang relatif murah jika kamu ingin menggunakannya untuk jangka yang panjang. Umumnya harga alat kesehatan ini berkisar Rp.200.000 hingga Rp. 400.000 rupiah saja.

Q 8: Merk oximeter yang bagus?

A 8: Sowell merupakan salah satu merk oximeter terbaik saat ini, yang dimana kualitas barangnya terjamin, tingkat akurasi informasinya juga bisa dibilang lebih tinggi jika di bandingkan dengan brand lain yang di jual di pasar saat ini. selain itu produk dari Sowell juga memiliki garansi selama satu tahun sehingga anda tidak perlu khawatir apa bila terjadi kerusakan.

Q 9: Rekomendasi Oximeter terbaik?

Sowell Oximeter Fingertip Sdo-720 bisa kamu dapatkan di Ruparupa.com

A 9: Salah satu rekomendasi kami untuk alat oximeter terbaik adalah Oximeter Fingertip Sdo-720 & Fingertip Pulse Sdo-721. Kedua alat ini masuk dalam kategori rekomendasi alat pengukur kadar oksigen dalam darah terbaik karena lengkap dengan SPO2 dan sensor pengukur detak jantung yang bisa memberi respons dalam waktu 3 detik dengan sangat akurat. Produk dari Sowell ini ini juga akan mati secara otomatis jika dibiarkan diamkan selama 8 detik.

 

3 KOMENTAR