7 Jenis Lampu untuk Pencahayaan Rumah Kamu

0
1156
Sumber: Ruparupa.com

Lampu adalah sumber pencahayaan di kala keadaan gelap, yang biasanya diletakkan di rumah, kantor, dan juga jalanan. Tentunya, setiap jenis lampu yang tersedia memiliki fungsi yang berbeda, sesuai dengan tata letaknya.

Lampu sendiri diciptakan oleh Thomas Alfa Edison, yang berfungsi sebagai penerangan. Awalnya, lampu berbentuk lampu pijar, yang bisa menerangi kita saat gelap gulita di malam hari dan ketika berada di ruang tertutup pada siang hari.

Ruparupa Banner

Seiring perkembangan zaman, lampu pun mulai berkembang. Tidak heran bila saat ini kita bisa menemukan banyak jenis lampu yang diciptakan dengan keunggulannya masing-masing, baik itu hemat energi maupun ramah lingkungan.

Model lampu di setiap ruangan pun memiliki intesitas cahaya yang berbeda-beda. Misalnya, untuk ruang kerja, tentu kita membutuhkan cahaya yang lebih terang dibandingkan dengan ruang keluarga.

Apa Saja Jenis Lampu Wajib Ada Di Rumah?

Meskipun terdapat banyak jenis dan model lampu, tidak semuanya harus kita gunakan di rumah. Kita tetap perlu memilih warna, model, dan ukuran lampu, sesuai dengan kebutuhan kita.

Nah, untuk mengetahui berbagai perbedaan antar jenis lampu, berikut ini kami telah klasifikasikan jenis-jenis lampu yang ada di rumah sesuai penempatan dan kegunaannya.

1. Lampu meja

Lampu meja adalah jenis lampu yang memiliki kaki penyanggah agar bisa berdiri di atas meja.  Biasanya, ukuran lampu meja tidak terlalu besar dan  tidak mampu memberikan pencahayaan maksimal untuk seluruh ruangan.

Baca Juga:   5 Langkah Mudah Menanam Cabai di Rumah

Namun, lampu meja bisa menyorot meja kerja secara penuh untuk memudahkan kita agar lebih fokus bekerja di bawah pencahayaan yang kurang memadai.

2. Lampu tidur

Lampu tidur sengaja didesain dengan tingkat pencahayaan rendah agar seseorang mampu tidur lebih nyenyak.

Selain itu, lampu tidur beguna untuk menemani mereka yang kurang nyaman berada di dalam ruangan tanpa adanya sumber penerangan sedikit pun.

Warna lampu tidur yang banyak orang gunakan adalah dengan cahaya kuning karena mampu memberikan kesan hangat, seperti produk berikut ini.

lampu tidur
Jam Weker Digital Penguin Dengan Lampu Tidur – Putih

Beli di sini

3. Lampu lantai

Lampu lantai biasanya orang gunakan sebagai bagian dari rekomendasi rumah, terutama yang memiliki ruangan yang luas.

Dengan peletakkan lampu jenis ini, rumah pun tidak akan tampak kosong, bahkan cenderung lebih menarik dan estetik.

Kami memiliki rekomendasi lampu lantai estetik yang bisa menambahkan kualitas ruangan di rumah kamu, seperti produk berikut ini.

lampu lantai
Kasia Lampu Lantai – Gold

Beli di sini

4. Lampu gantung

Dengan penggunaan lampu gantung, tampilan rumah kamu pasti akan lebih menarik, bahkan cenderung mewah.

Memiliki desain yang beragam, lampu gantung hadir untuk melengkapi berbagai konsep hunian, mulai dari minimalis, klasik, bahkan industrialis.

Kamu bisa memberikan aksen lampu gantung pada area makan untuk memberikan tampilan desain ala cafe yang estetik, seperti produk di bawah ini.

lampu gantung
Eglare Khola Lampu Gantung Hias 24×24 Cm- Hitam

Beli di sini

5. Lampu taman

Sesuai dengan namanya, lampu taman adalah jenis lampu yang penempatannya berada di area outdoor atau di luar ruangan, seperti taman dan halaman rumah.

Baca Juga:   6 Cara Jitu Buat Ruang Tamu Sederhana Tampak Mewah

Sebenarnya, penggunaan jenis lampu ini untuk memberikan penerangan pada taman,  terutama di malam hari agar terasa lebih aman.

Nah, kami punya rekomendasi beberapa model lampu taman, seperti berikut ini.

lampu taman
Eglo Laterna-5 Lampu Taman 3l – Putih

Beli di sini

lampu taman
Eglare Fuji Lampu Taman Midway – Hitam

Beli di sini

6. Lampu sorot

Sama halnya dengan lampu taman, lampu sorot juga bisa kamu gunakan sebagai alat keamanan di malam hari.

Sebenarnya, tujuan awal pembuatan lampu sorot adalah untuk dekorasi murah yang bisa memberikan kesan berkilau pada rumah, bahkan tidak jarang tampak lebih mewah.

Namun, kini lampu sorot banyak diletakkan di taman untuk memberikan nuansa dekorasi yang lebih romantis. Nah, kami punya rekomendasi lampu sorot berkualitas untuk mempercantik rumah kamu, seperti produk berikut.

lampu sorot
Krisbow Lampu Sorot Solar 10w 1375lm

Beli di sini

lampu sorot
Eglo Lampu Sorot Travale2 3×3.3 Watt Gu10

Beli di sini

7. Lampu emergency

Lampu emergency merupakan jenis lampu rechargeable yang bisa kamu gunakan saat terjadi keadaan darurat, seperti pemadaman lampu.

Kamu cukup mengisikan daya sesuai kapasitas lampu emergency, lalu bisa kamu nyalakan tanpa harus menggunakan listrik atau baterai, seperti produk berikut.

lampu emergency
Krisbow Lampu Darurat Rechargeable 160 Led

Beli di sini

Itu tadi beberapa jenis lampu yang harus ada di dalam rumah kamu, baik sebagai dekorasi alat keamanan, hingga alternatif di kala keadaan darurat.

Kamu bisa menemukan berbagai model lampu terbaik untuk dekorasi rumah hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyediakan berbagai kebutuhan home living dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan kamu memiliki lampu yang terang di dalam rumah.