4 Tips Memilih Lemari Dinding Untuk Rumah Minimalis

0
3889
Lemari dinding

Lemari dinding adalah bidang horizontal datar yang digunakan untuk menyimpan barang-barang, baik untuk disimpan maupun sebagai tempat pajangan. Biasanya, lemari ini menempel pada dinding rumah. Jadinya, ruangan terlihat lebih luas. 

Tidak heran bila tempat penyimpanan ini kerap menjadi solusi untuk rumah mungil, yang tidak memiliki banyak ruang. Nah, lemari dinding kerap digunakan pada area gudang rumah, loteng, serta pada ruang apartemen studio. 

Ruparupa Banner

Selain menghemat tempat, rak dinidng juga bisa menciptakan kesan estetik dalam sebuah hunian, lho. Namun, Anda perlu memilih model lemari dinding yang tepat. Bagaimana caranya? Anda bisa menjawab empat pertanyaan ini.

Cara Jitu Pilih Lemari Dinding yang Estetik

Lemari dinding

1. Apakah Anda mencari lemari yang multifungsi atau sebagai dekorasi saja? 

Cara paling mudah menemukan lemari dinding yang tepat adalah dengan mengetahui kebutuhan kita. Nah, untuk memudahkannya, Anda bisa menjawab pertanyaan pertama ini.

Tenang, Anda bisa saja memakai lemari dinding, yang juga dapat Anda buka menjadi meja, lho. Model lemari seperti ini sering digunakan pada ruangan yang sempit karena serbaguna dan tidak makan tempat. 

Sedangkan jika Anda hanya ingin membuat ruangan terlihat lebih menarik dan menjadikan lemari dinding sebagai tempat untuk meletakan figura, tanaman kecil, vas, atau buku, Anda bisa memilih model dengan banyak sekat.

2. Apa saja benda yang ingin Anda simpan di dalam lemari?

Meskipun banyak jenis rak cocok untuk berbagai keperluan, tetapi penting untuk mengetahui benda apa yang paling ingin Anda letakkan.

Baca Juga:   10 Tipe Pohon Natal Terbaik yang Dapat Anda Beli

Jika Anda akan memakainya sebagai tempat hiasan, seperti memajang tanaman artificial dan foto keluarga, maka Anda bisa memilih rak dinding dengan model ambalan.

Namun, bila Anda akan menyimpan barang yang cukup berat, layaknya buku dan peralatan makan, sebaiknya gunakan lemari dinding yang memiliki banyak sekat dan lebih kokoh. 

3. Apakah dinding rumah cukup kokoh?

Tidak semua jenis dinding dapat Anda gunakan sebagai tempat meletakkan lemari tempel. Apalagi, bila dinding rumah terbuat dari bahan kayu dan bahan tripleks, bisa jadi dinding tersebut mudah rapuh sehingga tidak cocok dengan rak dinding.

Berbeda bila Anda memiliki dinding dari material bata merah, batako, dan hebel, yang tentu akan leibh kuat. Jadinya, Anda bisa lebih aman memasang lemari dinding tempel.

Selain itu, pastikan Anda memasang lemari dinding dengan tiang dan braket rak secara benar agar lebih kuat. Bila Anda tidak yakin memasangnya sendiri, jangan ragu meminta bantuan dari para ahli untuk memasangkan lemari tersebut pada dinding Anda. 

4. Berapa luas ruangan yang Anda miliki?

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah mengetahui luas ruangan. Cara ini akan memudahkan Anda dalam menemukan ukuran rak yang sesuai.

Bila luas ruangan tidak terlalu besar, maka rak dinding dengan satu sekat dan tanpa pintu bisa jadi pilihan yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa memakai rak dinding dengan model ambalan.

Sedangkan jika ruangan cukup luas, rak dinding dengan model banyak sekat, baik secara vertikal dan horizontal, dapat Anda gunakan. Namun, pertimbangkan juga tema ruangan dan hindari meletakkan lemari terlalu besar, yang justru dapat membuat sempit. 

Baca Juga:   Cara Mempercantik Desain Rak Buku untuk Rumah Baru

Rekomendasi Lemari Dinding Terbaik

Tidak perlu bingung jika Anda sedang mencari tempat penyimpanan yang berkualitas, karena kami punya beberapa rekomendasi produk yang dapat Anda gunakan di rumah, seperti berikut ini.

Kabinet Pintu Kaca Dengan Dua Sekat

Lemari tempel dinding
Scott Kabinet Dinding Metal 1 Pintu – Putih. Dimensi produk 40 x 30 x 60 cm, dengan tinggi 60 cm dan 2 rak

Beli di sini

Bila Anda mencari kabinet dengan pintu kaca dan memiliki dua sekat, Anda bisa menggunakan lemari satu ini.

Lemari dinding berwarna putih dari Scott Kabinet dapat menciptakan ruangan yang lebih estetik dan tampak luas.

Lemari Dinding Pintu Ke Atas

lemari dinding dapur
Daroll Kabinet Dinding 60x35x40 Cm – Putih. Dimensi produk 60 x 35 x 40 cm dengan finishing high glossy

Beli di sini

Untuk menciptakan kesan yang lebih luas, Anda bisa memilih lemari dengan model pintu dibuka ke atas, seperti produk satu ini. 

Lemari ini punya dua sekat, yang bisa Anda gunakan di dapur. Jadi, Anda bisa menyimpan berbagai bahan makanan di dalam kabinet dinding tersebut. Agar terlihat lebih rapi, Anda bisa menggunakan kotak penyimpanan dan memberikan label.

Kabinet Dinding Kayu Dua Pintu

Lemari dinding minimalis
Finishing paper, PVC dengan dimensi produk :80 x 40 x 75 cm

Beli di sini

Jika Anda mencari kabinet dinding untuk dapur di rumah, Anda bisa memilih kabinet satu ini. 

Anda dapat menyimpan berbagai peralatan masak di dapur dengan lebih rapi dan bebas dari debu, lho. Tidak hanya itu, kabinet kayu ini juga bisa mempercantik area dapur di rumah. 

Itu dia beberapa rekomendasi rak dinding yang bisa jadi pilihan buat rumah Anda. Nah, Anda bisa menemukan berbagai model lemari dan loker, perlengkapan rumah tangga, serta box organizer hanya di Ruparupa.com

Situs belanja satu ini menyediakan perabot dan produk home living terbaik dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE dan Informa. Dapatkan juga promo dan penawaran online spesial khusus untuk Anda.