Catat! 8 Kombinasi Warna Cat Dinding untuk Rumah Mungil

0
3352

Dalam menata rumah mungil, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan. Mulai dari memilih ukuran perabot yang tepat, merencanakan susunan ruang, dan penggunaan material yang tepat. Hal ini harus dipersiapkan dengan matang agar rumah mungil tidak terasa sempit dan sesak sehingga nyaman untuk dihuni.

Salah satu faktor yang menunjang kenyamanan ruang adalah warna cat dinding. Pasalnya, ruangan akan sangat menonjol dengan dominasi dari sebuah warna tertentu. Setiap warna membawa nuansa yang berbeda, oleh karena itu penting untuk kamu memilih warna dan konsep ruangan yang tepat. 

Ruparupa Banner

Namun, warna apa saja ya yang sekiranya cocok digunakan untuk rumah mungil? Simak selengkapnya dalam rekomendasi warna cat rumah minimalis berikut ini, ya!

1. Terasa Lebih Luas dengan Warna Putih dan Abu-abu

Warna putih seringkali digunakan ketika mendekorasi rumah mungil. Pasalnya, warna putih yang bersih akan memberikan ilusi seakan ruangan tersebut lebih luas. Penggunaan warna putih ini cocok diterapkan pada ruangan-ruangan sempit sehingga kelihatan lebih lega dan tidak sempit.

Putih juga merupakan warna netral, sehingga kamu dapat menggabungkannya dengan dekorasi dari segala macam tema dan warna. Mulai dari tema skandinavia, minimalis, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan, warna putih sangat rentan dengan kotoran. Oleh karena itu, kamu harus lebih berhati-hati ketika sedang beraktivitas pada ruangan yang didominasi oleh warna putih dan rutin membersihkan ruangan karena sedikit kotoran saja sudah dapat membuat warna putih menjadi kusam.

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

2. Kombinasi Alami Krem dan Coklat

Salah satu warna cat dinding yang cocok untuk rumah mungil adalah perpaduan krem dan coklat yang harmonis dan alami. Penggunaan warna-warna earth tone akan membuat ruangan tampak lebih kalem dan memberikan nuansa yang tenang. Dijamin kamu akan nyaman untuk duduk berlama-lama di ruangan ini.

Kamu dapat memadukan warna-warna kalem, seperti beige, krem, dan cokelat muda, dengan perabot dari material kayu untuk memberikan sentuhan alami. Selain itu, penggunaan parkit kayu pada lantai juga dapat menunjang keindahan ruang dengan memberi sentuhan kayu yang natural.

Baca Juga:   Small Act, Big Impact: For Home

Agar tampak lebih segar, kamu juga dapat memberikan tanaman dalam pot seperti monstera sebagai dekorasi untuk mengisi dead space.

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

3. Lebih Modern dengan Warna Abu-abu

Wujudkan rumah mungil berkonsep modern dan kekinian dengan menggunakan warna abu-abu. Salah satu alasan mengapa abu-abu sering dipilih sebagai warna ruangan adalah warnanya yang sederhana dan cenderung netral sehingga dapat dikombinasikan dengan berbagai macam gaya dekorasi.

Ruangan abu-abu juga memberikan kesan yang minimalis dan modern, cocok untuk rumah mungil. Kamu dapat memadukan abu-abu dengan dekorasi monokrom seperti abu-abu tua, putih, dan abu-abu terang.

Kamu juga dapat membuat ilusi seakan-akan ruangan menggunakan material semen ekspos jika menyukai konsep ruangan yang alami dan industrial.

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

4. Si Hijau yang Menyegarkan

Rumah mungil jika tidak memiliki warna cat dinding tepat, maka akan terasa sumpek dan sempit. Hindari hal ini dengan menggunakan warna hijau yang menyegarkan. Penggunaan warna hijau ini akan membuat rumah menjadi lebih kalem, segar, dan teduh.

Agar tidak terlalu mencolok, kamu dapat menggunakan warna hijau yang kalem seperti warna sage atau hijau pastel. Selain itu, kamu juga dapat mengkombinasikan warna hijau ini dengan warna-warna tua seperti abu-abu, hijau tua, dan hitam untuk memberi permainan kontras yang harmonis.

Sebagai pelengkap, kamu juga dapat menghias ruangan dengan meja kecil, karpet, dan tanaman dalam ruangan. Ruangan ini dijamin akan membuat kamu rileks dan santai.

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

5. Orange Buat Suasana Makin Ceria

Hadirkan keceriaan dalam rumah dengan menggunakan cat dinding warna orange. Secara psikologis, orange melambangkan keceriaan, energi positif, serta kehangatan yang dapat meningkatkan mood seseorang yang terkena paparannya. Rumah mungil yang sempit cocok menggunakan warna orange agar tampak lebih hidup dan cozy.

Jika kamu tidak suka warna orange yang terlalu mendominasi, kamu dapat mewarnai salah satu bagian dinding yang ingin ditonjolkan. Kombinasi orange dengan putih juga sering digunakan dalam banyak desain ruang tamu minimalis.

Kamu dapat mengkombinasikan perabot yang senada dengan warna orange seperti cokelat, abu-abu, dan warna lainnya sesuai dengan preferensi. 

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

6. Cerah dan Energik dengan Warna Kuning

Hidupkan semangat dengan menggunakan warna kuning yang cerah dalam menata rumah mungil kamu. Warna kuning melambangkan matahari yang sering diasosiasikan dengan perasaan bahagia, positif, optimis, dan energik. Ruangan kamu dijamin akan terasa lebih hidup dan berwarna.

Baca Juga:   10 Trik Bangun Interior Minimalis untuk Hunian Impian Anda

Kamu dapat mengkombinasikan warna kuning dengan perabot warna earth tone yang kalem seperti cokelat muda dan beige agar saling menetralkan energi satu sama lain. Hal ini akan menciptakan keseimbangan sehingga kamu akan merasa nyaman ketika berada dalam ruangan yang berwarna kuning.

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

7. Biru Gelap Berikan Nuansa Kalem dan Elegan

Tampil modern namun tetap kalem dan elegan dengan menggunakan warna biru gelap di rumah mungil kamu. Warna biru melambangkan ketenangan, kepercayaan diri, serta rasa aman. Ruangan warna biru akan membuat kamu dan siapa pun yang ada di dalamnya merasa teduh, tenang, dan rileks.

Perpaduan biru dan warna-warna gelap seperti biru dongker atau hitam dapat menonjolkan sisi maskulin. Namun, kamu juga dapat bermain kontras warna dengan menggabungkannya dengan dekorasi berwarna terang seperti putih atau warna metalik yang modern.

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

8. Off-White si Netral

Mirip dengan warna putih pada umumnya, off-white sebenarnya merupakan warna putih yang tidak terlalu bersih, masih ada beberapa nada warna gelap dan kusam yang justru populer dan banyak dicari. Penggunaan warna off-white juga dapat memberikan kesan alami dan minimalis pada ruangan ketika dipadukan dengan material berbahan kulit dan kayu.

Warna off-white dapat membuat ruangan lebih lebar dan tidak sesak. Selain itu, kamu dapat menggabungkan banyak warna dan konsep karena sifat warna putih yang netral dan mudah dipadupadankan dengan komponen lainnya. Jadi, kamu bebas berkreasi untuk mewujudkan ruangan impian, deh!

kombinasi warna cat dinding
Sumber: Shutterstock

Nah, itulah beberapa rekomendasi warna ruangan yang bisa diterapkan ketika mendesain rumah mungil. Semoga dapat menjadi referensi untuk kamu dalam menciptakan lingkungan rumah idaman kamu, ya!

Milki hunian idaman di Pinhome dengan Promo Gelegar! Kamu bisa mendapatkan promo DP 0%, bunga KPR rendah mulai dari 3%, bebas biaya admin hingga Rp50 juta, dan garansi anti bocor selama setahun! Selain itu, calon buyer juga bisa memenangkan hadiah langsung berupa voucher Ruparupa senilai Rp250 ribu dan emas.

Promo berlangsung dari 1 Juli hingga 30 September 2022, jangan sampai ketinggalan! Cek selengkapnya di sini.

kombinasi warna cat dinding