memilih vacuum cleaner

6 Tips Memilih Vacuum Cleaner yang Bagus dan Terbaik

Menjaga kebersihan rumah tentunya tidak bisa diabaikan. Apalagi, kalau rumah bersih, pasti kamu pun bisa tinggal dengan lebih nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, dalam kesibukan sehari-hari sering kali membersihkan rumah menjadi tantangan yang sulit.


Gak heran kalau kehadiran vacuum cleaner bisa membantu kamu dalam menjangkau kotoran dan yang berserakan hingga pada sudut terpencil di setiap ruang dengan mudah. Bahkan, alat ini juga dapat digunakan buat mengepel lantai yang kotor, lho. Soalnya, semakin banyak jenis vacuum cleaner yang menawarkan fitur dan teknologi canggih

Nah, buat kamu yang berencana membeli alat kebersihan, yuk simak tips dan memilih vacuum cleaner berikut ini.

1. Pilih alat penghisap debu yang ringan dan mudah disimpan


Tips pertama yang harus diperhatikan saat memilih vacuum cleaner adalah berat dan ukurannya. Pilihlah vacuum cleaner yang cukup ringan agar lebih mudah saat menggunakannya, terutama bila kamu harus membersihkan banyak ruangan di rumah.


alat penghisap debu yang ringan

Biasanya, berat standar vacuum cleaner berkisar sekitar 3 kilogram. Jika kamu dapat menemukan yang lebih ringan, tentu kamu akan lebih mudah memakainya.

Selain itu, pastikan model vacuum cleaner dengan desain yang ringkas dan praktis agar mudah disimpan setelah kamu menggunakannya. Kalau kamu memiliki keterbatasan ruang di rumah, kamu bisa memilih vacuum cleaner portable atau tanpa kabel, seperti berikut ini.

2. Perhatikan kapasitas penyimpanan vacuum cleaner


Salah satu aspek penting dari vacuum cleaner adalah ukuran kantong penampung debu. Dengan memilih kapasitas penyimpanan yang besar, kamu dapat dengan leluasa membersihkan seisi rumah, tanpa perlu terlalu sering mengosongkan isinya.


vacuum cleaner besar

Nah, berikut rekomendasi vacuum cleaner dengan kapasitas yang cukup besar.

3. Riset terlebih dahulu setiap jenis vacuum cleaner


Sebelum membeli, pastikan kamu melakukan mempelajarinya terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa mengetahui jenis vacuum cleaner yang paling ideal sesuai dengan kebutuhan rumah.

Misalnya, kamu memiliki ruangan yang cukup besar, maka kamu bisa memakai robot vacuum yang dapat bekerja dengan sendiri untuk membersihkan debu pada permukaan lantai.


robot vacuum cleaner

Lain halnya kalau kamu gak suka ribet, maka kamu bisa memilih model handheld vacuum yang bisa diganti-ganti bagian nozzle. Jenis vacuum cleaner ini dapat bekerja tanpa kabel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Jadi, akan memudahkan kamu saat membersihkan debu di mobil, kaca, ataupun ventilasi

4. Daya listrik rumah


Jangan sampai listrik di rumah jebol gara-gara vacuum cleaner. Soalnya, semakin tinggi watt pada vacuum cleaner, maka akan semakin besar daya hisap dan penggunaan listriknya. Selain itu, penggunaan vacuum cleaner dengan daya tinggi juga dapat meningkatkan biaya tagihan listrik rumah kamu secara signifikan.


banner

5. Perhatikan filter pada alat penghisap debu


Pilihlah vacuum cleaner yang memiliki teknologi filter high efficiency particulate air (HEPA) untuk menyaring debu yang masuk dengan lebih efektif. Apalagi, bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan berbulu di rumah. Dengan fitur ini, maka sisa bulu hewan akan tersedot sempurna. Jadi, sirkulasi udara di rumah pun akan menjadi lebih baik.


6. Pertimbangkan tingkat kebisingan vacuum cleaner


Tips terakhir adalah pilihlah vacuum cleaner dengan tingkat kebisingan rendah atau sekitar kurang dari 70 dB (desibel). Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu semua orang di rumah dengan suara penyedot debu yang sangat bising. Jadi, kamu dapat beraktivitas melakukan dengan tenang tanpa terganggu dengan suara yang dihasilkan.


vacuum cleaner tanpa kabel

Nah, itu dia beberapa tips untuk memilih vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan memilih vacuum cleaner yang tepat, kamu dapat bersih-bersih rumah dengan semakin efektif dan cepat.